TanpaKomaAvatar border
TS
TanpaKoma
[WAJIB TAHU] Alat Pengaman Pada Kereta Rel Listrik (KRL) Di Indonesia
Salam Semboyan 35 agan-agan sekalian.

Agan-agan tentu masih ingat tragedi Bintaro 2 tanggal 9 Desember 2013 yang lalu, yang merenggut 3 nyawa kru KRL. Tragedi tersebut merenggut 3 nyawa kru KRL yang sedang bertugas saat itu, sedangkan penumpang KRL alhamdulillah tidak ada yang menjadi korban. Meskipun demikian, setelah kejadian tersebut banyak pihak yang mempertanyakan kenapa KRL tidak dilengkapi pengaman seperti pemecah kaca untuk keadaan darurat? Karena saat kejadian, banyak penumpang yang kesulitan keluar dari KRL karena pintu masih tertutup dan tidak ada pemecah kaca di dalam KRL. Begitu juga dengan penduduk sekitar yang ingin memberikan pertolongan, mengalami kesulitan memecahkan kaca KRL dari luar.

Untuk kita ketahui bersama, KRL-KRL yang beroperasi di kawasan Jabodetabek sebagian besar memang impor KRL bekas dari Jepang. Tentunya kereta-kereta tersebut sudah dilengkapi dengan sistem pengaman darurat, yang tentu saja standarnya berbeda dengan yang ada di negara kita. Oleh karena itu, WAJIB hukumnya bagi kita untuk mengetahui, apa saja sistem pengaman untuk keadaan darurat di kereta-kereta tersebut?

berikut adalah artikel yang ditulis oleh rekan saya Andi Ardiansyah, railfans Daop 1 Jakarta.

Quote:


Berikut adalah tambahan beberapa gambar letak katub-katub yang HANYA DIPERGUNAKAN SAAT KEADAAN DARURAT. katub-katub tersebut berfungsi untuk melepaskan tekanan udara yang akan membuka pintu-pintu KRL. katub-katub darurat tersebut terletak di dalam dan di luar rangkaian KRL. Pada gambar ditandai dengan kotak berwarna merah.

Spoiler for katub darurat:

Spoiler for katub darurat:

Spoiler for katub darurat:

Spoiler for katub darurat:

Spoiler for katub darurat:

Spoiler for katub darurat:


dan ini video cara mempergunakan katub darurat tersebut dengan benar




Semoga apa yang ane sampaikan di atas membawa banyak manfaat untuk kita semua. Dan sekali lagi ingat gan, katub-katub darurat tersebut HANYA BOLEH DIPERGUNAKAN DALAM KEADAAN DARURAT, bukan untuk main-main ya gan. Ini demi kesalamatan kita bersama emoticon-Smilie

Semua artikel,gambar, dan video di atas adalah copyright milik rekan saya Andi Ardiansyah. Diposting atas ijin dari beliau.

Sayangi diri kita dan sayangi orang lain
Salam Semboyan 35

UPDATE
sudah dipasang stiker seperti ini di KRL
Spoiler for stiker:
Diubah oleh TanpaKoma 31-01-2014 22:35
0
9.1K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan