Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

karatehkosongAvatar border
TS
karatehkosong
Duh! Proyek Galian di Jalanan Jakarta Ada yang Ilegal, Ini Ciri-cirinya
Jakarta - Bolak-balik menggali jalan bahkan membongkar trotoar membuat warga risih. Trotoar tak bisa indah seperti sedia kala. Dan mengapa pula proses penggalian itu tak bisa dilakukan serentak? Ternyata beberapa galian kabel itu ilegal. Bagaimana cara membedakannya?

"Gampang sekali (membedakannya). Nggak ada rambu-rambu, galinya cuma 20 cm. Ini kok galinya cuma pendek misalnya, padahal prosedurnya kan 1,3 meter (kedalamannya). Kalau masyarakat menemukan yang galiannya dangkal, itu pasti tanpa izin," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Rui Manggas Siahaan saat dihubungi detikcom, Senin (27/1/2014).

Aturan penggalian kabel ini, imbuh dia, sudah tercantum dalam Pergub. Seharusnya setiap galian itu di kedalaman 1,3 meter jadi dia tidak mengganggu saluran yang ada.

"Faktanya memang tidak seperti itu, ada yang hanya 50 cm ada yang bahkan 20 cm atau justru telanjang mata yang menghambat saluran," tuturnya.

Rudi menambahkan, satu lagi gejalanya adalah proses penggaliannya dikerjakan di akhir pekan, bukan di hari kerja.

"Biasanya yang tanpa izin ini kerjanya di Sabtu dan Minggu," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan penggalian jalan ini dikeluhkan warga, salah satunya penggalian trotoar di Jalan Warung Buncit. Tidak masalah bila pihak penggali kabel utilitas itu mengembalikan trotoar cantik seperti sedia kala. Namun, faktanya, galian kabel itu seperti dibiarkan begitu saja, tak dirapikan seperti semula. Hal ini yang membuat warga sebal dan risih.
Spoiler for nih contohnya gan:


sumber : www.detik.com

tolong jangan di bata gan, ane masih nubitol
0
2.7K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan