apinniAvatar border
TS
apinni
(Sharing Yukk,,) Sensasi Mancing Dengan Light Tackle
Pertama-tama,, ane ingin mohon izin dlu sama momod buat bikin thread ini. Sebelumnya ane udah browse dgn keyword "light tackle", tidak ada pencarian yg ditemukan, makanya ane memberanikan diri membuat thread ini.

Sebenernya ane sendiri masih baru di dunia permancingan, umurnya belum ada setahunan, di forum KFC malah masih anak bawang banget emoticon-Matabelo

Nah, untuk menambahi rame forum mancing kita-kita ini, ane pengen ajak agan" diskusi sekaligus sharing soal light tackle. Ane mulai membuka diskusi & sharing ini dengan pertanyaan (yang berikutnya ane coba jawab dengan pemahaman ane sendiri) :

1. Apa itu light tackle?
2. Kenapa light tackle?
3. Kapan menggunakan light tackle?
4. Dimana menggunakan light tackle?
5. Pirantinya apa saja?

Ane coba jawab sendiri dengan pemahaman ane sendiri (bukan hasil nyontek lho yaa.. emoticon-Big Grin ) :

light tackle itu istilah buat piranti mancing yang digunakan dengan berat seringan mungkin, ukuran sekecil mungkin, standar seminimal mungkin dari standar yang seharusnya. contoh : standar mancing dikolam dengan target ikan patin >4kg adalah rod kelas 10-20lbs, reel size minimal 3000, line rating minimal 15lbs. Nah dengan menggunakan piranti dibawah kelas tersebut, barulah disebut light tackle, misalnya rod kita pakai kelas 7-15lbs, reel size 1000-2000, dan line 10lbs.

Oh iya, kita sempitin dlu diskusinya sebatas freshwater (kolam/air tawar) dulu ya,, jangan saltwater, karena ane jarang mancing saltwater emoticon-Big Grin tp gpp klo ada agan yg nanti mau nambahin untuk mancing di saltwater.

lanjut, kenapa pakai light tackle? nah, ini nih, bukannya ane sok tau, tapi jawaban ane berikut ini juga berdasarkan pengalaman pribadi. Ane cepet belajar bagaimana nanganin/nyeret ikan dengan baik. Selain sensasi yang didapat sangat luar biasa, dengan light tackle 'feeling' ane jadi lebih terasah.

terusin ya, kapan pakai light tackle?? wah ini mesti hati" jawabnya, klo menurut ane pribadi, light tackle bisa dan boleh digunakan ketika kondisinya ane bisa fight ikan dengan bebas. Dengan artian kata, ga terbatas waktu (seperti klo lagi lomba), ga terbatas ruang (ada banyak pemancing di sekitar), ga terbatas target (lagi ga ngomset emoticon-Big Grin), terbatas dengan berat/ukuran lure yang kecil (untuk casting, dengan lure yang ringan/kecil, lebih efektif melempar dengan menggunakan light tackle), Pokoknya kondisi diluar itu, ngga deh, daripada kena makian, atau target ikan lepas.

berikutnya ya,, Dimana menggunakan light tackle?,, nahh, penting nihhh,, dimana gan makenya? klo ane bisa dimana aja, yang penting yah itu, ga ganggu lapak tetangga, ga ganggu pemancing lain. Biasanya sih pas mancing kolam kiloan emoticon-Big Grin kan bebas tuh, wong kita bayar emoticon-Big Grin pokoknya 'Do it for have fun', tanpa ada maksud untuk menyiksa ikan, dengan light tackle membuat sensasi mancing lebih menyenangkan emoticon-Smilie

terakhir nih,, Pirantinya apa saja? apa saja gan, yang penting dibawah standar mancing ikan target kita. bingung? sama gan ane juga bingung (cara sampeinnya). Seperti ane udah tulis diatas, misal kita tau target ikan di kolam itu rata-rata 2-7Kg'an, nah, kita pakai tackle yang ratingnya dibawah standar target tersebut. Seperti ane n the friends pernah mancingin penghuni kolam CnR Godong Ijo yang ada Jengiskhannya, atau RCG yang patin/bawalnya diatas 3kg'an semua, dengan tackle rating 'ga jelas', karena yang kita bawa adalah joran teleskopik panjang 180cm, fast action, line 8lbs dan reel ukuran 1000. Alhasil pas strike patin dan lele jumbo, ketawa" kita gan emoticon-Ngakak jadi intinya pirantinya bisa apa saja yang penting ratingnya dibawah target ikan kita. Yang seharusnya patin 4kg dilawan dengan reel minimal 2000, malah kita lawan dengan reel 500 misalnya emoticon-Big Grin terus line-nya juga pakai yg lbs-nya kecil semisal 8lbs emoticon-Big Grin

Pertanyaan dan jawaban udah ane tulis sendiri ya gan, menurut pemahaman ane sendiri. Nah mohon agan-agan yang lain ikut nambahin, mungkin pemahaman ane salah atau kurang tepat tolong ditambahin gan. Sekaligus di share light tackle yang agan punya, pernah punya, ataupun pengen punya. Nanti komeng-komeng dari agan semua ane masukkin di post / page pertama ini.

Haturnuwun,,

Spoiler for Tambahan Penjabaran / Komeng" dari Agan" ::
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 18 suara
Menurut agan sensasi mancing dengan light tackle gimana gan??
Kesian gan, nyiksa ikan
0%
Mantab gan sensasinya!!
50%
Ane sih biasa aja gan, yang penting judule mancing gan!
22%
Masih belum tau gan light tackle itu apa??ane masih cute gan :D
28%
Diubah oleh apinni 07-05-2013 10:19
0
53.8K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan