Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nawanzidaneAvatar border
TS
nawanzidane
Hujan di Kota Semarang sebabkan 20 rumah rusak akibat longsor

Merdeka.com - Selain mengakibatkan beberapa ruas jalan Kota Semarang banjir, hujan dua hari sejak Rabu (22/1) hingga Kamis (23/1) juga mengakibatkan puluhan rumah di Kawasan Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah rusak akibat longsor.

Sebanyak 20 rumah warga di Perumahan Trangkil Baru RT 6 RW X, Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah mengalami kerusakan yang cukup parah akibat longsor.

Longsor yang terjadi Kamis (23/1) sekitar pukul 04.30 WIB akibat tebing yang berada disekitar rumah rusak parah karena guyuran hujan selama dua hari berturut-turut.

"Sebenarnya sudah seminggu yang lalu tanah mulai gerak. Tapi kejadian parahnya hari ini mulai kira-kira tadi pukul 03.30 Wib. Ada sekitar 20 rumah hancur," kata Surono(45), warga setempat kepada merdeka.com Kamis(23/1).

Penyebab terjadinya longsor diperkirakan karena pembuatan saluran air di Perumahan Trangkil Sejahtera yang belum terencana.

Akibatnya, sistim drainase yang tidak teratur mengakibatkan aliran air hujan yang turun mengikis lapisan tanah disekitar tebing. "Penyebab longsornya ini dari saluran air di perumahan Trangkil Sejahtera belum terencana," tambahnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Sedangkan pemilik rumah kini mengungsi di rumah warga sekitar yang rumahnya tidak terkena longsor, khawatir terjadi longsor susulan yang lebih besar.

merdeka.com
Diubah oleh nawanzidane 23-01-2014 06:37
0
731
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan