Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ryodepokAvatar border
TS
ryodepok
Menjelajahi 5 pantai indah di Pantai Selatan

Di selatan Jawa, menghadap Samudera Hindia, banyak sekali pantai indah yang masih harus dijelajahi. Kali ini, Wego ingin memilih lima pantai yang menurut Wego eksotis banget, tetapi masih jarang dilirik. Mari simak!

Pantai Papuma

Kependekan dari Pasir Putih Malikan, Papuma adalah pantai indah berjarak 38 kilometer dari Kota Jember, Jawa Timur. Laut biru yang jernih dan hamparan pasir putihnya yang bersih bisa ‘membuat adem’ mata. Saat paling eksotis dari Papuma adalah pagi hari, sebelum jarum jam menunjukkan pukul 10.00. Sebab biasanya kabut pagi turun ke balik karang dan Pantai Papuma pun tampak bercahaya tertimpa sinar mentari pagi.

Perjalanan menuju Papuma bisa ditempuh dari jalur selatan Surabaya ke arah Jember. Jaraknya berkisar 200 kilometer atau 6 jam dengan mobil, agak lama sebab jalur darat umumnya tersendat di antara Pasuruan dan Probolinggo. Jalur ini juga dilalui angkutan umum. Kamu bisa naik bis sampai Terminal Tawang Alun Jember dan melanjutkan perkalanan ke Kecamatan Ambulu dengan angkutan desa. Ada ojek di Ambulu yang bisa membawa kamu sampai Pantai Papuma dengan tarif sekitar Rp10.000.

Untuk masuk ke kawasan pantai, wisatawan perlu membeli tiket yang dibanderol seharga Rp 7.000 per orang.
Pantai Papuma



Pantai Srau

Di balik deret perbukitan, 25 kilometer di barat Kota Pacitan, Jawa Timur, terdapat pantai yang biasa menjadi tempat meneropong posisi hilal. Namanya Pantai Srau. Walaupun terletak agak jauh dari kota, tetapi akses jalan menuju tempat ini sudah lumayan baik. Bisa dilewati kendaraan roda empat.

Pantai Srau lebih terkenal di kalangan peselancar, karena lepas pantainya menyuguhkan ombak reef break yang merupakan sumber kenikmatan mereka. Walaupun kamu gak bisa berselancar, Pantai Srau tetap mengundang decak kagum dari siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Dari sebuah bukit kecil di belakang pantai, kamu bisa memandang sebebas-bebasnya ke pantai dan lautan indah di Pantai Srau. Wuih, bagus banget.
Pantai Srau



Pantai Wediombo

Masyarakat setempat menamakan pantai ini Wediombo, yang berarti hamparan pasir yang luas. Pemilihan namanya agak keliru, sebab sesungguhnya pasir di Pantai Wediombo tidak seluas hamparan pasir di Parangtritis atau Kuta.

Bukit karang mengapit sisi barat dan timur pantai yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, tersebut. Sehingga sepintas pantai ini agak menyerupai teluk.

Toh, perkara nama yang kurang pas tidak mengurangi keindahan Pantai Wediombo. Air lautnya yang belum tercemar, suasana pantai yang tenang, dan lalu lalang warga yang pergi atau pulang dari kebun menambah indah suasana pantai tersebut. Menghadap ke barat, Pantai Wediombo juga spot yang cocok untuk menunggu matahari tenggelam.




Pantai Sawarna

Pantai ini terletak di Kampung Gendol, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Sawarna yang indah memiliki alam yang komplit, tetapi akses yang kurang bersahabat membuat kawasan ini jarang dilirik. Pesisir berpasir putih ini dikelilingi oleh lautan berair jernih, pegunungan, dan sawah. Sementara itu, ombaknya menjadi daya tarik tersendiri bagi para peselancar mancanegara.

Dekat Sawarna, ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus. Antara lain Tanjung Layar, Karang Taraje yang menyerupai air terjun di laut, dan Gua Lalay.
Pantai Sawarna



Pantai Klayar

Pantai Klayar berjarak 45 kilometer di barat Pacitan, Jawa Timur. Laguna jelita yang diapit bukit karang tersebut memiliki batu karang yang berbentuk seperti sphinx di Mesir. Wisatawan bisa naik ke atasnya untuk menikmati lanskap sekitar.

Ombak Klayar juga menarik. Ombak yang datang bergulung-gulung ke bibir pantai akan menimbulkan bunyi seperti siulan dan sesekali menyembur ke udara dengan ketinggian 10 meter. Inilah yang disebut sebagai air mancur Pantai Klayar yang diyakini masyarakat sebagai obat awet muda.
Pantai Klayar







0
3.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan