rivermaya.Avatar border
TS
rivermaya.
MENGENAL PROPAGANDA DAN FAULTY LOGIC UNTUK 21TH ++ SMA ++
Teknik Propaganda dan Kesalahan Faulty Logic

Teknik propaganda

harap dibaca dulu semuanya baru comeng emoticon-Kiss

Apa Teknik Propaganda ? metode dan pendekatan yang digunakan untuk menyebarkan ide-ide yang lebih lanjut dalam kasus - politik , komersial , agama atau perdata
Mengapa mereka mengunakanya ? Untuk memanipulasi alasan dan emosi pembaca atau pemirsa , untuk membujuk agan untuk percaya pada sesuatu atau seseorang , membeli item atau product , atau memilih dengan cara "tertentu".

Apa saja teknik propaganda yang paling umum digunakan ? mari kita lihat dari sepuluh type yang paling umum dari teknik propaganda yang mungkin agan sudah tahu

type :

Name Calling:
Cara atau teknik ini ditempuh dengan menyematkan dan mempublikasikan label, simbol, nama panggilan, sebutan istilah, atau kata-kata tertentu.
àcontoh : USA Champion of Democracy, the Iron Lady, The Smilling General, Ratu Ngebor, kestaria bergitar , dll



Glittering Generality :

“Glittering” artinya bersinar/berkilau/cemerlang dan “generality” berarti hal yg bersifat umum.Glittering Generality artinya generalitas yg menimbulkan sinar,menimbulkan kesan hebat, cemerlang, dan “wah”. Hal ini menyangkut teknik untuk mengemukakan gagasan yg membuat suatu bangsa atau suatu produk terkesan hebat dan cemerlang sehingga menjadi lebih tinggi kedudukannya.
àContoh : Slogan “Aku Indonesia”,“Lanjutkan!,dll



Transfer :

Dalam teknik ini , dilakukan usaha untuk mentransfer prestise simbol positif terhadap seseorang atau ide . Misalnya, dengan menggunakan bendera negara tertentu sebagai latar belakang untuk acara politik membuat implikasi bahwa acara ini patriotik dalam kepentingan terbaik bangsa itu .bisa juga melalui musik dll


Plain Folks

Plain Folks adalah teknik propaganda dengan cara berusaha mengidentikkan dirinya dengan penduduk setempat dengan budaya atau adat istiadat setempat sehingga tidak terkesan asing.
àContoh : KIA “mobil Indonesia”,tokoh politik memakai baju daerah

Testimonial (Kesaksian)
Salah satu teknik propaganda yang paling umum digunakan, dimana ditampilkan seseorang (biasanya memiliki reputasi tertentu) untuk bersaksi dengan tujuan mendukung atau tidak mendukung suatu Konsep, Ide, Gagasan atau Produk.

Terkadang Propagandis juga menggunakan lembaga yang dapat dipercaya untuk mendukung atau mengkritik sebuah gagasan atau kesatuan politik, variasi dari propaganda ini adalah mengkaitkan
sesuatunya dengan “kekuasaan” agar sasaran mempercayainya karena “otoritas” yang mengatakan hal itu.

contoh : dulu ts jomblo seteleah berobat ke klinik ton neng ts langsung pacaran sama raisa no hoax

Selection
Pemilihan adalah teknik propaganda yg dilakukan dengan cara memilih pernyataan-pernyataan berdasar peristiwa tertentu atau dengan menggunakan fakta-fakta secara selektif untuk menyokong kepentingannya atau untuk membuktikan pernyataan-pernyataan sebelumnya.
àcontoh : bahaya laten “militerisme” Jepang bagi negara Asia


Band Wagon

Teknik ini digunakan dalam rangka meyakinkan kepada sasaran bahwa semua anggota suatu kelompok (di mana sasaran menjadi anggotanya) menerima programnya, dan oleh karena itu sasaran harus mengikuti kelompok dan segera menggabungkan diri pada kelompok. Dengan kata lain Bandwagon adalah usaha komunikasi persuasif untuk membujuk sasaran mengambil tindakan yang “everyone else is taking, why dont you?”

Contoh: 1. Fruit Tea, Minumannya anak muda
 
Frustation Scapegoat

Yaitu teknik propaganda dengan cara melimpahkan kesalahan kepada pihak lain atau menunjuk pihak lain sebagai sumber masalah, sehingga citra dirinya tetap bersih dan terpelihara


Black and White Fallacy
Memperkenalkan hanya dua pilihan, dengan produk atau ide yang di sebarkan sebagai pilihan yang terbaik.
Contoh : Silahkan pilih, mesin yang tidak sehat atau menggunakan oli merek X.

Euphoria

Penggunaan dari suatu peristiwa yang menghasilkan euforia atau kebahagiaan berlebihan sebagai pengganti penyebaran kesedihan berlebihan, atau penggunaan suatu peristiwa yang baik untuk mencoba menutupi yang lain. Atau menciptakan suatu peristiwa perayaan dengan harapan dapat mendorong moril. Euforia dapat digunakan untuk mengambil pikiran seseorang dari suatu perasaan lebih buruk. contohnya suatu liburan atau pawai.dangdutan dsb

Errors of Faulty Logic

kontradiksi :

Informasi yang disajikan yang bertentangan secara langsung dengan informasi lain dalam argumen yang sama .
Contoh: Jika seseorang menyatakan bahwa pabrik kelebihan pegawai , kemudian berpendapat untuk perlunya lebih banyak staff, orang itu salah berdasarkan kontradiksi .contoh lain pertumbuhan ekonomi meningkat padahal banyak penganguran ..masih gak ngerti ??

kecelakaan :

Seseorang gagal untuk mengenali ( atau menyembunyikan fakta ) bahwa argumen didasarkan pada pengecualian dari aturan .
Contoh: Dengan menggunakan dipilih pengusaha - jabatan sebagai tujuan, orang dapat berargumentasi bahwa program kemakmuran besar untuk negara yang terpenting adalah mengatasi bencana,no ofense emoticon-Cape d... (S)

Salah Penyebab :

Sebuah urutan temporal peristiwa bingung dengan kausalitas , atau , seseorang menyederhanakan jaringan kausal yang kompleks .
Contoh: Menyatakan bahwa kinerja yang buruk di sekolah disebabkan oleh kemiskinan , kemiskinan pasti memberikan kontribusi untuk performa akademis yang buruk tapi itu bukan satu-satunya faktor .
 
Mengemis Pertanyaan :

Seseorang membuat klaim kemudian berpendapat untuk itu dengan memajukan alasan yang maknanya hanya setara bahwa klaim asli . Hal ini juga disebut " penalaran melingkar . "
Contoh: Seseorang berpendapat bahwa sekolah harus terus memiliki buku teks yang dibaca dari depan ke belakang karena , jika tidak, siswa tidak akan terdidik . Ketika diminta untuk mendefinisikan apa yang " terdidik " berarti , orang itu berkata , " mengetahui apa yang ada dalam buku teks .

Menghindari Isu :

Seseorang mengalihkan masalah dengan mengubah topik .
Contoh: Ketika diminta untuk mengatakan apakah lumpur lapindo teratasi, pembicara menyajikan contoh program-program pemberdayan emoticon-Ngakak

Berdebat dari Ketidaktahuan :

Seseorang berpendapat bahwa klaim dibenarkan hanya karena lawannya tidak dapat dibuktikan .
Contoh: Seseorang berpendapat bahwa program voucher tidak akan merugikan sekolah , karena tak seorang pun pernah membuktikan bahwa voucher telah merugikan sekolah .

Komposisi dan Divisi :

Komposisi melibatkan sebuah pernyataan tentang keseluruhan itu benar bagian-bagiannya . Divisi adalah sebaliknya : sebuah pernyataan tentang semua bagian-bagian yang benar tentang keseluruhan .
Contoh: Ketika sebuah sistem sekolah memegang nilai di atas rata-rata dan mengklaim bahwa mahasiswa lebih unggul , itu melakukan kesalahan dari divisi . Secara keseluruhan skor mungkin lebih tinggi tapi itu tidak membuktikan semua siswa tampil di tingkat itu ...

terimaksih semoga bermanfat

sumber :

disadur dari buku The Fine Art of Prapaganda, Alfred McClung Lee & Alizabeth Briant Lee, 1939

Nurudin, Komunikasi Propaganda, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002


Diubah oleh rivermaya. 18-01-2014 04:22
0
5.4K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan