firlyfauziAvatar border
TS
firlyfauzi
"BOS BODOH" Rahasia Kepemimpinan Dahlan Iskan Majukan BUMN
"BOS BODOH" Rahasia Kepemimpinan Dahlan Iskan Majukan BUMN





Keberhasilan Dahlan Iskan menggerakkan lebih dari 600 badan usaha milik negara selama 2 tahun kepemimpinannya di Kementerian BUMN memang sungguh menarik perhatian pejabat Universiti Malaysia Perlis (UniMAP). Raja Muda Perlis, Tuanku Syed Faizuddin Putra Jamalullaul memberikan gelar tersebut dalam satu acara di Jakarta, Jumat (13/9), yang dihadiri Rektor UniMAP Prof. Dr. Kamaluddin Hussin dan sejumlah petinggi BUMN.

“Membangun perusahaan media sebanyak 207 koran dan 37 stasiun televisi lokal, buat kami sudah luar biasa. Sekarang malah menangani Kementerian BUMN yang membawahi lebih dari 600 perusahaan. Inilah yang membuat kami meminta kesediaan Pak Dahlan menerima gelar Profesor Tamu di UniMAP agar bisa membagi ilmu kepada mahasiswa kami di Malaysia,” jelas Faizuddin.

“Apa rahasia Dahlan bisa mendongkrak kinerja sedemikian banyak BUMN yang sebagian bahkan sudah mati suri bertahun-tahun lamanya? Sedangkan kami memajukan satu universiti ini saja susahnya bukan main,” sambung Raja Muda Perlis itu, saat memberi sambutan resmi.

Menjawab pertanyaan itu, Dahlan dalam pidato tanpa teks, menjawab dengan blak-blakan rahasianya kepempinannya. “Semua orang menjadi sangat kreatif pada saat kepepet. Semua BUMN maju sangat cepat justru karena tidak saya apa-apakan. Sebab, semua pimpinan sudah merasa kepepet,” jelas Dahlan yang disambut tawa hadirin.

“Karena sudah kepepet, Direksi BUMN mencoba segala teori. Dari teori yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal. Semua kemungkinan dicoba karena sudah kepepet. Siapa tahu, ada hasilnya,” terang Dahlan.

“Ternyata, gara-gara kepepet, Direksi BUMN menemukan jalan keluar untuk mengatasi persoalannya masing-masing. Karena pada dasarnya Direksi BUMN adalah orang-orang pilihan yang memiliki integritas dan antusiasme dengan tanggung jawab yang diembannya,” pungkas Dahlan yang disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Gaya kepemimpinan Dahlan memang unik. Selama 22 tahun bekerja di Jawa Pos Group, saya tidak melihat Dahlan menerapkan gaya “bos pintar” yang suka sok tahu dan mengintervensi pimpinan perusahaan. Dahlan justru menerapkan gaya “bos bodoh” dengan memotivasi semua pimpinan perusahaan bisa mencari jalan keluar atas persoalan perusahaannya dengan selalu merasa kepepet.
oleh : Joko Intarto

http://thedahlaniskanway.wordpress.c...-dahlan-iskan/

Ane cuma ngeshare aja gan, siapa tau jadi hiburan ataupun inspirasi untuk agan agan..
kalau berkenan ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya ya gan, tp pls ane jangan di emoticon-Bata (S) yaa emoticon-Peace emoticon-Peace emoticon-Peace
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
11.3K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan