megakamera005Avatar border
TS
megakamera005
Memahami ISO


Halo gan,, mau ngikut lanjutin bikin thread nih. Ini thread ana yang ke-2

ISO Dalam Photography



ISO adalah salah satu dari tiga elemen fotografi ( dua lainnya adalah Aperture dan Shutter Speed ) dan setiap fotografer harus benar-benar memahami hal itu , untuk mendapatkan hasil maksimal dari photography . Karena thread ini adalah untuk pemula dalam fotografi , ane akan mencoba untuk menjelaskan ISO sesederhana mungkin.

1 ) Apa itu ISO ?
Dalam istilah yang sangat dasar , ISO adalah tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya . Semakin tinggi angka ISO maka akan semakin sensitiv sensor terhadap cahaya . Dengan meningkatnya sensitivitas , sensor kamera dapat menangkap gambar dalam lingkungan rendah cahaya tanpa harus menggunakan flash . Namun sensitivitas yang tinggi akan menimbulkan efek “ Noise” (bintik-bintik)pada gambar.

Perhatikan gambar tersebut

Perbandingan ISO 100 dan 3200


Perbedaannya sangat jelas, gambar di sisi kanan pada ISO 3200, noisenya terlihat jelas, daripada yang di sebelah kiri di ISO 200.
Biasanya , angka ISO mulai 100-200 (Base ISO ) . Urutan ISO adalah : 100 , 200 , 400 , 800 , 1600 , 3200 , 6400 dan seterusnya. Setiap angka ISO memiliki tingkat kesensitifannya masing-masing. Jadi , ISO 200 dua kali lebih sensitif daripada ISO 100 , sedangkan ISO 400 dua kali lebih sensitif dibandingkan ISO 200 . Hal ini membuat ISO 400 empat kali lebih sensitif terhadap cahaya dari ISO 100 , dan ISO 1600 enam belas kali lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan ISO 100 dan seterusnya.

2 ) Kapan menggunakan ISO rendah ?
Seperti yang sudah dibahas diatas, Agan harus selalu mencoba untuk tetap pada ISO terendah ( ISO dasar ) dari kamera Agan , ISO 100 atau 200 , bila memungkinkan . Ketika ada banyak cahaya , Agan harus selalu menggunakan ISO terendah , untuk mempertahankan detail dan kualitas gambar terbaik.

3 ) Kapan meningkatkan ISO ?
Agan harus meningkatkan ISO ketika ruangan kurang cahaya, agar kamera dapat mengambil foto .Agan juga bisa menaikan ISO saat agan perlu untuk mengambil foto yang bergerak, terutama objek yang bergerak cepat,, seperti dibawah ini



Sekian dulu thread ane,, ane buat menurut pengetahuan yang ane tau.. maaf gan kalau ada kata yang salah dan kurang dimengerti

Yang berkenan boleh kasih ane emoticon-Blue Guy Cendol (L). inget gan jangan emoticon-Blue Guy Bata (L) . Ane terima komeng gan.
0
5.3K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan