couldjibrilAvatar border
TS
couldjibril
K'tut Tantri, Wanita Barat yang Memperjuangkan Kemerdekaan RI


K'tut Tantri 1945.
Itu hanya masalah waktu


Pada tahun 2010 saya belum pernah mendengar tentang dia . Tapi dia dikenal di Surabaya dan biografi yang muncul diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa , tetapi tidak dalam bahasa Belanda .

K'tut Tantri berarti 'anak keempat ' dalam bahasa Bali . Panggilan akrabnya adalah Sue Surabaya .

Sebagai satu-satunya wanita Barat ia aktif melobi untuk kemerdekaan Indonesia . Pihak berwenang Belanda jelas tidak menyukainya . Bersama dengan pengikut Soetomo( sangat ditakuti dan dibenci oleh Belanda pada waktu itu ) ia berusaha menyulut Perang kemerdekaan yang mulai pada 1945.

Dia menaik perhatian internasional karena menceritakan pengeboman ribuan warga sipil di Surabaya di radio Internasional.

Hidupnya yang indah sangat menarik . Dia lahir di Hollywood dan bepergian 30-an awal sebagai seorang seniman di Bali, yang mana masih sangat sepi dan otentik . Dia dipandu oleh nasib dan melaju ke yang tidak diketahui sampai bahan bakar habis.

Mobilnya mogok di depan istana pangeran Bali . Di sana dia dengan penuh cinta diangkat sebagai anak oleh pangeran dan dipanggil 'K'tut Tantri' / anak keempatnya : . Mereka tinggal di sana selama beberapa tahun dan membangun persahabatan yang erat dengan Pangeran Anak Agung Nura . Dia adalah seorang intelektual , berpendidikan dan berbicara fasih berbahasa Inggris .

Perang Dunia II pecah , dan waktu yang buruk datang : ia ditangkap oleh Jepang dan dimasukkan ke dalam penjara . Dia disiksa , kelaparan dan hampir kehilangan nyawanya .

Ketika dia akhirnya keluar , semua orang menyarankan bahwa dia agar melarikan diri ke Australia. Namun dia menolak dan mengangap Indonesia sebagai takdirnya , dia merasa terlalu terikat dan tidak ingin mengecewakan teman-temannya .

Pada gambar aku ( Marjolein sebagai K'tut Tantri ) memakai ' kebaya ' putih dengan batik ' Jarik . (Terima kasih kepada : Agustina Elisabet ) potret ini dibuat oleh : Prima Kirtti Utomo Yusuf De reenactors from Roode Brug Soerabaia: Gepeng , Ari , Titta , Axel dan Ady .

https://m.facebook.com/photo.php?fbi...ce=46&refid=17

by Marjolein van Pagee

.

Spoiler for Marjolein:


no ripus

temen FB ane ditag fotonya Marjolein ini gan emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh couldjibril 12-01-2014 08:55
0
5.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan