xoarAvatar border
TS
xoar
Indonesia bakal geser BRIC jadi negara kekuatan ekonomi baru


Merdeka.com - Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku dalam perbincangannya dengan Jim O'Neill menyimpulkan Indonesia akan menjadi negara kekuatan ekonomi baru. Jim O'Neill merupakan ekonom Inggris yang juga merupakan mantan eksekutif Goldman Sachs periode 2001.

Dalam kajian Jim teranyar, Indonesia menjadi salah satu negara yang berpotensi jadi kekuatan ekonomi baru bersama 3 negara lain dengan istilah 'MINT'. MINT adalah singkatan dari Meksiko, Indonesia, Nigeria, Turki.

"Dia wawancara saya kemarin, Indonesia bagus di situ. Berarti MINT itu kan bisa menjadi sangat potensial," ucap Chatib di Bappenas, Jakarta, Kamis (9/1) malam.

Jim O'Neill adalah orang yang juga memperkenalkan istilah 'BRIC' yaitu Brazil, Rusia, India dan China. Empat negara ini, di waktu itu, menjadi kekuatan ekonomi baru sekaligus memberi pengaruh bagi perekonomian dunia.

Dalam kajiannya sekarang, Jim O'Neill mengatakan 'MINT' akan menjadi raksasa dunia dalam waktu 30-40 tahun ke depan. Dasar pemikirannya adalah banyaknya populasi muda angkatan kerja dari empat negara tersebut. Kemudian, posisi negara yang sangat strategis serta SDM melimpah.

"Dia (Jim O'Neill) bilang di Asia Tenggara Indonesia paling potensial, Jim bahkan tidak khawatir dengan tappering off. Dia bilang ini jangka pendek," ucap Chatib.

Meski demikian, Chatib tidak senang begitu saja karena masih banyak pekerjaan rumah pemerintah untuk mengejar cita-cita seperti kajian Jim O'Neill. "PR kita infrastruktur lah, harus dibenahi," tutupnya.


http://www.merdeka.com/uang/indonesi...nomi-baru.html
-----------------------------------

jam sepuluh pagi waktu merdeka.com kok masih ngimpi. bangun woy!
0
2.1K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan