f.2121.maAvatar border
TS
f.2121.ma
ASK : Mana yang harus di hormati, Suami atau Ibu ??

Buat agan dan aganwati ane mau curhat nih.

Saya memiliki kakak perempuan yang baru menikah di pertengahan 2013. sebelum menikah kakak perempuan saya sangat dekat sekali dengan Ibu saya (kebetulan kami sudah tidak memiliki ayah tahun 1993). selama ini kakak perempuan saya ini satu-satunya anak dari Ibu kami yg masih tinggal dengan ibu sampai menjelang menikah. Ibu saya saat ini usianya 68 th.

Setelah menikah tampak terlihat perubahan dari kakak saya. Awalnya kami para saudaranya menganggap ini perubahan yang sangat aneh

1. kakak saya sudah di berikan rumah untuk tinggal oleh ibu saya, beberapa bulan setelah nikah meninggalkan rumah karena diajak suaminya.

2. kalau memang keputusan mereka meninggalkan ibu saya dan tidak mau tinggal lagi dengan ibu saya karena pengen hidup mandiri, kami masih memaklumi. Ini pindahnya karena si suami pengen tinggal di rumah orangtuanya (masih lengkap bapak dan ibunya). kemana orangtuanya pergi, kakak saya, suaminya dan anak mereka yg masih batita pasti ikut juga. orangtua kakak ipar saya punya 2 ruamah yang satu di tangera, yang satu lagi di tanjung priok.

3. Yang tampak perubahan adalah saat ibu saya terserang stroke dan masuk UGD, dari saat di UGD sampai di rawat di rumah, kakak saya dan suaminya tidak datang menengok ibu.

4. Setiap ibu saya nelp kakak saya sepertinya kakak saya itu enggan berlama-lama bertelponnya. Dan setiap di suruh pulang ke bogor (ke rumah ibu) selalu aja alasannya tanya si suaminya dulu.

5. Pernah suatu saat mereka tinggal di bogor di rumah ibu dan tinggal dengan ibu. Baru sehari dirumah mereka langsung kembali lagi dengan alasan Bapaknya si suami masuk rumah sakit.
(kalau menurut saya itu sangat tidak adil, disaat ibu saya masuk UGD karena stroke, si suamin tidak ada niat datang menengok ibu yg sedang sakit, tapi disaat bapaknya sakit saat itu juga langsung memutuskan kembali ke rumah orang tuanya si suami).

6. Semenjak di tinggal kakak saya itu, ibu saya hidup sendirian dirumah. saya dan kakak yang lain mengajak ibu untuk tinggal bersama salah satu dari kami tidak mau karena ini adalah rumah kenangan dan sempat bilang hidup dan matinya tetap di rumah ini.

7. Jujur aja saya khawatir karena ibu tinggal sendiri dan pernah stroke dan tidak hanya sekali mengalami kejang strokenya. Yang saya khawatirkan kalau kejadian yang menimpa ibu pas di malam hari siapa yang akan tau? siapa yang akan perhatikan Ibu?

Yang jadi pertanyaan saya...... memang benar saat anak perempuan belum menikah wajib patuh dan tidak boleh durhaka pada Ibu, tapi setelah menikah harus patuh dan tidak boleh durhaka pada suami.

Apakah seorang istri yang dikatakan sholehah harus patuh 100% pada suami dan boleh membantah atau menelantarkan Ibunya? Lebih besar kedudukan sang Ibu atau Sang Suami ?

Apakah masih berlaku Ridha ALLAH terdapat pada ridha orang tua dan Murkanya ALLAH karena murkanya orang tua?

Terima Kasih atas masukan dan sarannya.

Sory klo salah room. Mohon di komeng yang bermanfaat dan TS harap jgn nge Junk ya.

TS ga bisa kasih apa2. Maklum masih newbee
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
19.8K
170
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan