tourgrosirchinaAvatar border
TS
tourgrosirchina
[Share] Mengunjungi Pusat Perbelanjaan Grosir Tanpa Ujung di Yiwu China
Mungkin sebagian besar dari kita merasa asing ketika membaca nama kota "Yiwu" di China apalagi kalau disebut pusat grosir. Mungkin sebagian besar orang lebih mengenal Guangzhou, Shenzhen, maupun Hongkong sebagai tempat belanja grosir atau kulakan. Kali ini kita akan membahas mengenai kota Yiwu di China yang terkenal dengan International Trade City.

Yiwu adalah sebuah kota kecil di China yang berjarak hampir 300KM dari kota Shanghai. Sekitar 20 tahun yang lalu, Yiwu hanyalah sebuah kota kecil di pinggiran dengan masyarakat yang mayoritas adalah petani dan pedagang. Namun sekarang Yiwu sudah berubah menjadi sebuah kota perdagangan internasional tempat membeli grosir barang China. Setiap harinya,banyak orang dari seluruh dunia datang ke Yiwu setiap hari untuk mencari barang-barang untuk usaha mereka di negara asal.

Yiwu dapat ditempuh dengan mudah dengan menggunakan transportasi umum kereta api cepat (bullet train) maupun bus dari kota-kota besar terdekat seperti Shanghai, Beijing, Hangzhou.

Dimulai pada pembangunan district 1 pada 2001, Yiwu Market district 1 dibuka pada 22 Oktober 2002. Sekarang Yiwu Market sudah berkembang menjadi 5 district dan sedang dalam pembangunan district 6. Total luas area pertokoan dari 5 district tersebut adalah hampir 400 hektar yang terbagi dalam 4 lantai. Dengan lebih dari 80.000 toko yang buka setiap harinya, diperkirakan pengunjung Yiwu Market adalah sekitar 200.000 orang setiap harinya.

Spoiler for Yiwu Market:


Berdasarkan data statistik, pada Tahun 2012, Yiwu Market berhasil mencatatkan omzet lebih dari 8Miliar USD. Maka tidak heran jika wajah kota Yiwu jauh berbeda dengan 20 tahun yang lalu. Jika 20 tahun yang lalu yang ada adalah kota kecil kotor, dengan ternak dimana-mana, Yiwu sekarang sudah menjadi sebuah kota maju yang ditata dengan baik dan mobil mewah ada di jalan-jalan Yiwu. Sebut saja Porsche, Ferrari, Mercedes, BMW, Volvo, Subaru, dll dapat dengan mudah anda jumpai di jalanan kota Yiwu.

Seberapa besarkah Yiwu Market dari district 1-5 ini??
Mungkin pertanyaan inilah yang terlintas dalam pikiran anda setelah membaca artikel “Perkenalan dengan Yiwu Market” sebelumnya. Yiwu market ini terdiri dari 5 bangunan (5 district) dengan total luas area pertokoan dari 5 district tersebut adalah hampir 400 hektar yang terbagi dalam 4 lantai. Jika anda tahu pusat pebelanjaan Mangga Dua di Jakarta, ya boleh dikatakan 1 district di Yiwu market ini sama dengan 2x Mangga Dua Jakarta. Jadi bisa dikatakan 5 district ini setara dengan 10x Mangga Dua Jakarta.

Ada lebih dari 80.000 toko di Yiwu Market ini. Jika diasumsikan anda memasuki setiap toko 5 menit saja dan melakukan perjalanan dari awal Yiwu Market buka sampai tutup, berarti anda membutuhkan waktu 2 tahun lebih untuk berhasil mengelilingi Yiwu Market secara keseluruhan. Tapi kabar baiknya, jika anda sudah memiliki gambaran tentang barang yang ingin dicari, anda tidak memerlukan waktu sampai 2 tahun untuk berkeliling.

Spoiler for Foto lorong dan isi toko Yiwu Market:


Toko-toko di Yiwu Market rata2 berukuran 3x4 meter dan hanya memajang sample produk mereka, anda akan terkagum akan kerapihan mereka dalam menyusun sample produk mereka karena stand yang kecil tersebut penuh dengan sample produk dari bawah sampai ke atas. Jika anda ingin memesan barang, mereka baru akan mengambilkannya dari gudang dan anda harus menunggu sebentar.

Walaupun tempat ini merupakan tempat grosir, kita tidak perlu kuatir harus memesan sampai 1 kontainer karena minimal order di Yiwu Market ada bermacam-macam tergantung jenis barangnya. Ada yang minimal order 1pcs, tapi ada juga yang minimal order hingga ribuan pcs. Untuk barang-barang dengan ukuran cukup besar atau dengan harga yang cukup mahal (diatas 100CNY), misalkan untuk pesawat RC, handphone, tablet PC, koper, anda bisa membeli mulai dari 1pcs. Sedangkan untuk barang yang berukuran sedang atau dengan harga yang cukup murah (dibawah 10CNY), misalkan jepit rambut, bolpoin, notes, mainan kecil, minimal ordernya mulai dari 1pack isi 12pcs hingga 1 pack isi 100pcs.

Karena banyaknya jenis barang yang ditawarkan dalam Yiwu Market, banyak yang berkata "kalau anda mempunyai barang yg bertuliskan Made In China, kemungkinan besar barang tersebut ada di Yiwu Market ini". Yiwu Market ini memang layak disebut pusat perbelanjaan tanpa ujung.

Sekian share dari saya, informasi lainnya mengenai Yiwu Market dapat diakses ke website di sini
Diubah oleh tourgrosirchina 10-03-2014 06:49
0
23.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan