xanlienAvatar border
TS
xanlien
Encyclopedia Penghuni Samudra ( WorldPedia Series )
WELCOME TO MY PRIVATE ENCYCLOPEDIA GUYS


Hi agan dan aganwati semua, selamat datang di thread ane.

Encyclopedia yang lain gan
SERI LABA-LABA
Encyclopedia Burung

PENDAHULUAN


Dari waktu ane masih sekolah dulu, ane suka banget sama yang namanya encyclopedia bergambar gan. Waktu di SMP ane di Bangka Belitung dulu, di perpustakaannya hanya ada satu encyclopedia bergambar, yaitu encyclopedia tentang dinosaurus. Trus, encyclopedianya ane colong gan saking sukanya emoticon-Hammer2. Nah, sekarang ane mau buat encyclopedia bergambar ane sendiri di thread ini, semoga agan dan aganwati pada suka yah. Untuk edisi sekarang tentang penghuni samudra dulu yah. Enjoy


Thanks Yah Buat Mimin, Momod, dan Segenap Penghuni Kaskus, Tret pertama ane ini jadi HT, hehehe (ane ndeso banget yah), tapi baca juga yah encyclopedia ane yg laen, ada tntang burung, laba2, yg laen nyusul..biar agan2 pada pinter..ntar ditanya pak guru tau jawabnya burung apa yg ga bisa terbang..gitu..

Spoiler for bukti HT:

Spoiler for Jangan Lupa:


Spoiler for hmmm:




PENGHUNI SAMUDRA


1. ANEMONE
Spoiler for anemone:

Anemone adalah kelompok hewan menyerupai tumbuhan yang hidup di air asin atau terumbu karang di daerah shore(tepi pantai). Mereka berasal dari keluarga Actiniaria, filus Cnidaria dan kelas Anthozoa. Anemone memiliki tabung besar sebagai alat pencernaan mangsa, sebagian memiliki racun dan sengat untuk menangkap ikan-ikan kecil, tetapi diketahui bahwa clown fish memiliki kekebalan terhadap racun anemone dan memilih anemone sebagai rumah mereka.

2. ANGELFISH KING
Spoiler for angelfish king:

Ikan ini adalah ikan dari Samudra Pasifik dan ditemui juga di teluk California. Ikan ini didesain untuk melakukan manuver renang yang sangat cepat. tubuhnya tinggi tetapi langsing emoticon-Kiss (S)memudahkan mereka untuk menyelip ke dalam batu karang (agak penakut juga neh kayaknya). Matanya juga terletak di jidatnya gan, ini supaya penglihatannya lebih baik.

3. AHI
Spoiler for yellowfin tuna:

Spoiler for bluefin tuna:

Lah, apaan tuh Ahi? Ahi itu adalah bahasa hawai untuk Tuna, Yellowfin Tuna ataupun Bigeye Tuna. Yellowfin tuna ini memiliki berat sekitar 180kg, tetapi untuk bluefin tuna bisa mencapai 450 - 500kg. Habitat mereka berada di laut lepas dengan kedalaman 75meter, tetapi radar sonic pernah mencatat mereka berada pada kedalaman 1000meter. Harga ikan ini mahal juga loh gan (Coba nonton di NatGeo). Makanan mereka adalah udang ataupun cumi-cumi, mereka merupakan predator, tetapi mereka bukan puncak rantai makanan. Puncak rantai makanannya adalah :
Spoiler for predator:


4. BUAYA

Spoiler for alligator:

Buaya ada juga loh di laut. Peliharaannya Nyai Loro Ki...(becanda ajah)emoticon-Cape d... (S). Buaya air asin ini biasa disebut buaya Indo Pasifik emoticon-Cool Buaya ini biasa ditemukan di Utara Australia hingga Ke Asia Tenggara. Makanannya adalah ikan, udang, cumi-cumi dan kalau mereka beruntung kadang-kadang mereka makan manusia juga gan, dan ingat, mereka adalah spesies buaya terbesar loh!

5. ANCHOVY
Spoiler for anchovy:

Anchovy alias ikan teri. Ikan ini biasa dijadiin tebak-tebakan. Ikan apa yang matanya seribu? Ikan teri sekarung. emoticon-Cape d... (S). Ikan teri ini nama ilmiahnya Engraulidae, mereka masuk ke dalam keluarga Clupeiformes. Ukuran tubuhnya sangat kecil. Ada 114 spesies ikan teri yang bisa ditemukan di Samudra Atlantik, Pasifik dan Hindia.

6. BALLOONFISH
Spoiler for balloonfish:

Nama ilmiahnya adalah Tetraodontidae, mereka merupakan ikan air asin yang unik karena bisa menggelembungkan tubuh mereka sehingga mirip balon, makanya dinamakan balloonfish. Hal ini untuk mencegah mereka ditelan oleh pemangsa mereka seperti belut laut. Kalo yang nelan ikan paus percuma juga sih kayaknya, gak bakalan bisa melawan. Ikan ini juga beracun dan tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan oleh manusia, di Jepang aja untuk mengolah ikan ini harus oleh koki yang bersertifikat.

7. BARRACUDA
Spoiler for barracuda:

Barracuda merupakan ikan predator yang hidup di Samudra Hindia dan Atlantik. Tubuhnya panjang dan memiliki gigi mentereng gan. Barracuda merupakan satu-satunya genus Sphyraena dari keluarga Sphyraenidae.

8. BASS
Spoiler for bass:

Bass ini bukan alat musik yah, yang hobi game memancing pasti sering nangkepin ikan ini. Nama ilmiah ikan ini adalah Macquaria novemaculeata, sebenarnya ini untuk Australian Bass, ikan Bass memiliki banyak jenis dari rumpun keluarga Percichthyidae.

9. BLUE WHALE
Spoiler for blue whale:

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Panjangnya mencapai lebih dari 33 meter dan memiliki massa 181 ton metrik atau lebih. Binatang ini dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada. Paus biru merupakan rorqual (famili Balaenopteridae), famili yang termasuk di dalamnya Paus bungkuk, Paus sirip, Paus Bryde, Paus Sei dan Paus Minke. . Paus biru makan hampir secara khusus adalah krill, krill ini kalo kita nonton film Finding Nemo adalah sejenis udang kecil yang berenangnya kenceng sambil teriak Lariiiiiii.

10. CLOWN FISH
Spoiler for nemo:

Ikan giru atau lebih dikenal dengan sebutan ikan badut adalah ikan dari anak suku Amphiprioninae dalam suku Pomacentridae. Ada dua puluh delapan spesies yang biasa dikenali, salah satunya adalah genus Premnas, sementara sisanya termasuk dalam genus Amphiprion. Mereka tersebar di lautan Pasifik, Laut Merah, lautan India, dan Australia Greet Reef. Ikan Badut yang paling terkenal adalah Nemo.

11. COD
Spoiler for cod:

Waktu search gambar ikan cod, yang muncul malah call of duty...emoticon-Hammer2. Ikan Kod ialah salah satu jenis ikan yang hidup di samudera. Terdapat berbagai jenis kod. Kod merupakan spesies yang penting untuk pemancingan profesional. Ikan kod merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dimakan. Hati ikan kod diproses untuk memproduksi minyak hati kod. Bersama dengan ikan haddock dan plaice, kod merupakan salah satu ikan yang umum dijadikan fish and chips. Ikan kod telah diperdagangkan semenjak masa bangsa Viking. Dalam sekali bertelur, induk betina bisa menghasilkan jutaan telur. Hal ini menyebapkan populasi ikan ini melimpah di lautan.

12. CRAB
Spoiler for mr. crab:

Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai "ekor" yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), atau yang perutnya (abdomen) sama sekali tersembunyi di bawah dada (thorax). Tubuh kepiting dilindungi oleh kerangka luar yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting.
Kepiting terdapat di semua samudra dunia, dan ada satu di bikini bottom, punya rumah makan lagi.


LANJUTAN DI POST BAWAH


Spoiler for baca:
Diubah oleh xanlien 22-02-2013 08:58
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
64.3K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan