Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

letkoloidAvatar border
TS
letkoloid
Mengenal Kabupaten Majalengka
sebelum mengenal lebih kabupaten majalengka, mari kita bahas dulu sejarahnya gan emoticon-Malu (S)
sejarah majalengka

Sejarah merupakan perjalanan hidup yang akan dikenang manusia setelah kita, penuturan sejarah selalu memiliki referensi yang berbeda begitu pula dengan Sejarah Kota Majalengka. Menurut Ceritera ataupun dongeng dari beberapa tokoh yang sudah sepuh, nama Majalengka berasal dari 2 kalimat gabungan yaitu kalimat pertama adalah MAJA yang merupakan salah satu nama pohon yang terkenal saat itu dan paling banyak jumlahnya. Kalimat kedua adalah LANGKA yang berarti tidak ada atau nihil (kosong) entah bagaimana ceritanya setelah 2 kalimat ini digabungkan menjadi MAJALENGKA bukan MAJALANGKA.

Pada zaman dahulu diceritakan ada seorang tokoh yang sangat terkenal bernama Nyi Rambut Kasih seorang ratu yang bijak memimpin suatu tempat bernama SINDANGKASIH sebagai nama wilayah pertamakali muncul sebelum majalengka, sekarang sindangkasih menjadi nama desa di kota majalengka. Di tempat inilah banyak ditemukan pohon maja yang dipercaya berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit demam. Suatu ketika Sunan Gunung Jati sebagai pemimpin Cirebon memerintahkan putranya pangeran Muhamad untuk mencari pohon maja karena banyak sekali rakyatnya yang terserang penyakit demam. Singkat cerita Sang pangeran pun berangkat bersama istrinya bernama Nyi Siti Armilah menuju sindangkasih untuk mendapatkan pohon maja disamping mengemban amanat untuk penyebaran agama islam, di kerajaan hindu tersebut yang dipimpin oleh seorang ratu yang fanatik.

Sang ratu Nyi Rambut Kasih yang sakti mandra guna telah mengetahui perihal kedatangan pangeran muhamad maka ia pun segera merubah rupa hutan yang banyak ditumbuhi pohon maja menjadi pohon jati. Tatkala Pangeran Muahamad tiba ditempat tujuannya ia benar-benar tercengang karena tidak mendapatkan 1 pun pohon maja, yang dilihatnya hanya sekumpulan pohon jati. Lantas ia berucap "MAJA LANGKA" yang berarti pohon maja tidak ada. Nah dari sinilah riwayat penamaan kota Majalengka bermula, mungkin karena yang berucap adalah seorang pangeran (anak raja) sehingga banyak didengar oleh rakyat banyak.


nah setelah agan agan majalengka dari sejarah sekarang kita tengok majalengka berdasarkan mbah sepuh wiki.

Kabupaten Majalengka, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Majalengka. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya di selatan, serta Kabupaten Sumedang di barat.

Kabupaten Majalengka terdiri atas 26 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Majalengka. Kantor Bupati terletak di Pendopo, selatan dari Alun-alun Majalengka berdekatan dengan Masjid Agung Al Imam.
Latar Belakang Masyarakat Majalengka umumnya berasal dari etnis Sunda secara dominan. Karena tata kehidupannya menunjukan kekentalan dengan budaya Sunda, seperti penggunaan bahasa Sunda. Namun untuk wilayah Pekaleran atau Majalengka bagian utara meliputi wilayah kecamatan Jatitujuh, Ligung, dan Sumberjaya mayoritas masyarakatnya berasal dari suku Cirebon dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Cirebon & Dermayon, Sebagai wilayah yang dilalui oleh dua kebudayaan besar yaitu Sunda & Jawa maka Kabupaten Majalengka memiliki keragaman seni budaya yaitu Sampyong, Wayang Golek, Gaok, Jaipong, Sintren, Tarling, Tari topeng, nah untuk tempat wisatanya tengok dibawah ini :
Kawasan Wisata Prabu Siliwangi, Rajagaluh.
Curug Muara Jaya, Argapura
Situ Sangiang , Banjaran.
Talaga Herang, Sindangwangi.
Curug Cipeuteuy, Sindangwangi.
Taman Buana Marga, Lemahsugih.
Perkebunan Teh Cipasung, Lemahsugih.
Area Paralayang Gunung Panten, Sidamukti.
ok gan cukup sekian dongeng dari ane hehehe emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

kebetulan banyak yang minta pictnya nih ane kasih wisata di majalengka dan kota majalengka
Diubah oleh letkoloid 03-01-2014 07:29
0
3.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan