jackybossAvatar border
TS
jackyboss
Lagu genjer genjer indektik dengan pki?
http://www.youtube.com/watch?v=h-5Re...eature=related

http://www.youtube.com/watch?v=Kt23k...eature=related

Gan pada inget ga lagu yg dinyanyikan oleh Gerwani pada saat menyiksa para jenderal di lubang buaya versi Film G 30 S/PKI???

Dulu sya waktu duduk dibangku sekolah SD sering diberi tahu klo genjer genjer adalah lagu pki, dan begitulah kesimpulannya.

Klo dilihat dari sudut karya seni, genjer2 adalah karya musik yg luar biasa, baik kualitas maupun kekuatan lagunya sendiri. Bagi yg bsa mengartikan dalam bahasa indonesia, tidak ada satu baitpun liric lagu yang menyiratkan tentang PKI atau propaganda PKI. Nada dan liricnya begitu abadi mewakili kaum marjinal atau kaum melarat yg mengais rizky utk menghidupi kluarganya baik pada saat itu maupun sampai saat ini, begitulah kemiskinan yg abadi dinegeri ini.

Begitu populernya karya tersebut baik yang dipopulerkan oleh lilis maupun oleh bing slamet hingga sering disenandungkan kaum cilik diberbagai kesempatan, jikalah kemudian PKI memnfaatkan sebagai alat propaganda untuk meraih simpati wong cilik yaa itu adalah RANAH POLITIK dan hal yang biasa.

So agan2 yg terhormat, jika dahulunya lagu tersebut pernah dilarang untuk diperdengarkan, Apakah sampai sekarang masih dilarang jika misalnya diperdengarkan kembali???? Ini namanya karya seni yang dikerangkeng oleh keputusan politik.

Monggo silahkan masukannya.
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
6.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan