ken neroAvatar border
TS
ken nero
BEDANYA PENDAKI GUNUNG AMATIR N PROFESIONAL
Membaca thread yg lagi heboh soal tewasnya pendaki gunung gede jadi ingat jaman sekolah dulu.ingat dengan kekonyolan n kebodohan yg kita lakukan .terutama kelompok yg ngaku pendaki gunung , pecinta alam.ternyata sampai sekarang kekonyolan n kebodohannya masih di lakukan .terbukti di berita media masih banyak pendaki gunung yg mati sia-sia , tersesat sampai meninggal.

kenapa gw bisa bilang konyol n bodoh.gw coba jelaskan .dari penjelasan ini kita bisa bedakan antara pendaki amatir n profesinal :

1.GA ADA PERSIAPAN! emoticon-Bingung (S)
ga ada !.kenapa ?.karena mereka berpikir mendaki gunung seperti jalan2 ke puncak.emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d....pergi pagi bisa pulang sore.emangnya ke gunung naik helikopter ?

2.GA BAWA BEKAL MAKANAN!emoticon-Bingung (S)
Yg di bawa cuma 5 bungkus mi instan, biskuit, roti, air minum botol 600ml.emoticon-Cape d... (S).segitu cukup buat berapa hari ???.emang di gunung ada warteg/rumah makan ?.sampai gunung bingung gimana masaknya .lupa bawa korek api, kalaupun bawa kadang ga bisa bakar ranting2 karena pada basah.emoticon-Cape d... (S).

3.GA BAWA KOMPAS/GA TAU CARI ARAH!emoticon-Bingung (S)
Udah ga bawa kompas, + ga tau cari arah berdasarkan posisi matahari .emoticon-Bingung (S)/bintang.emang di gunung ada petunjuk arah ?.

4.GA BAWA TENDA!emoticon-Bingung (S)
karena berpikir pergi pagi pulang sore jadi ga ada yg mau repot bawa tenda

5.GA BAWA PERALATAN!.emoticon-Bingung (S)
makanan aja bawa seadanya apalagi peralatan.ga bawa senter, tali, obat2, korek api, garam, pisau, palu kecil , sepatu mendaki gunung dll.biasanya nih saling lempar siapa yg mau bawa.harusnya masing2 bawa.akhirnya pada ga bawa semua.kenapa ?.males , berat.yg di bawa cuma hp buat foto2.emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d...

6.GA TAU MUSIM!.emoticon-Bingung (S)
mereka pikir mendaki gunung seperti camping di puncak.kalau kehujanan bisa numpang berteduh di rumah warga.
kesalahan fatal!.pergi mendaki waktu musim hujan, pergi ke kutub waktu musim dingin.gimana kalau gn everest ?.belum apa2 udah mati.

7.GA SIAP DENGAN KEADAAN TERBURUKemoticon-Bingung (S)
karena mereka berpikir "naik gunung itu mudah" makanya ga ada yg siap dengan keadaan terburuk seperti : tersesat, dehidrasi, kedinginan, kelaparan.

8.GA PERNAH LATIHAN MENDAKI GUNUNGemoticon-Bingung (S)
Karena berpikir mendaki gunung itu mudah ga ada latihan dulu.mau naik gunung langsung naik aja.lebih parah lagi ga lapor, ga bawa penunjuk jalan.di kota aja bisa tersesat , apalagi di gunung .emoticon-Hammer2 emoticon-Cape d...

9.GA TAU CARA SURVIVE DI HUTANemoticon-Bingung (S)
Inilah inti dari semuanya di atas.masa pendaki gunung ga tau cara survive di alam liar, hutan?.

10.GA BAWA RADIO HTemoticon-Bingung (S)
kacau!.masa ke hutan cuma bawa hp, bb?.di hutan susah sinyal/ga ada sinyal. ga ada antena bts.makanya perlu bawa ht untuk komunikasi sesama pendaki/minta bantuan.:capedeh

beda bangetlah kalau kita nonton film2 dokumenter pendaki2 alam prof.untuk persiapan saja butuh berbulan2/setahun sebelumnya.mereka mempelajari rute terbaik/alternatif, cuaca, musim, peta, latihan fisik berbulan2, belajar survive di alam, belajar gimana caranya memberi pertolongan kalau terjadi kecelakaan/sakit dll.

pernah nonton film film pendaki gunung spt cliffhanger , mount everest?.mereka semua pendaki prof n punya pengalaman bertahun2 malah ada yg sampe tua (ga sok senior ).masih bisa sakit, jatuh, kecelakaan, tersesat, meninggal karena terjebak badai salju.

coba nonton acara petualangan/survivor di tv.pengetahuannya bagus untuk pendaki gunung.

pengetahuan n keahlian yg harus di miliki pendaki gunung :
1.bisa baca kompas, bisa mencari arah berdasarkan posisi matahari di siang hari, bedasarkan posisi rasi bintang di malam hari

2.harus tau gimana caranya membuat api dari batu n kayu

3.harus tau gimana caranya membuat tenda darurat dari daun

4.harus tau gimana cara nangkep ikan/binatang,

5.harus tau daun n buah apa aja yg bisa di makan,

6.harus tau gimana caranya mengumpulkan embun,

7.harus tau gimana melepaskan lintah, menghadapi binatang buas

8.harus tau buah/pohon apa yg byk airnya,

9.harus tau membuat simpul tali

10.harus punya keahlian medis pertolongan pertama

inti dari semua, pendaki gunung bukan asal-asalan naik gunung.latihan dulu, belajar survive dulu, belajar teknik mendaki gunung dulu gimana mau nolong orang lain kalau ga tau apa2 ?.yg terjadi saling menyalahkan kalau sudah jatuh korban .semua karena ga ada persiapan dari awal,

yg harus di ingat juga : jangan ngaku pecinta alam kalau nyampah!.sampah bekas bungkus mi instan, botol2 air, dll di bawa pulang.kalau di tinggal siapa yg mau bersihkan ?.kebiasaan manja di rumah jangan di bawa ke hutan.kalau setiap pendaki gunung ninggalin sampah lama2 gunungnya jadi tempat sampah.

semoga ga terulang lagi kekonyolan n kebodohan yg di lakukan pendaki gunung.be smart!
Diubah oleh ken nero 28-12-2013 03:19
0
25.9K
246
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan