kanca.blunderAvatar border
TS
kanca.blunder
kecanduan merokok 99% psikis 1% fisik
permisi momod numpang bikin trit.
maaf klo repost.

ini hasil pengamatan sederhana dan beberapa bacaan yg penah saya baca, tentunya apa yg saya rasakan sendiri. saya coba berbagi sebagai mantan perokok.

semoga ada manfaatnya.

Anda perokok yang menghabiskan satu bungkus atau lebih rokok dalam sehari? Anda juga sulit untuk tidak merokok walau ditempat yang dilarang merokok atau bahkan ketika anda sedang sakit? Merasa kesulitan untuk berhenti merokok?

ingin berhenti merokok tapi terasa sulit? saya katakan kecanduan merokok adalah efek dari psikis (jiwa) dan bukan pengaruh fisik. mari kita buktikan.

Ada beberapa hal yang umum kita rasakan ketika tidak merokok:

1. Terasa ada yang kurang jika tidak merokok

2. Mulut terasa tidak enak (asam)

3. Emosi tidak terkendali (cenderung sering marah)

4. Terasa pusing.

Baiklah, kita akan bahas satu-persatu.

1. Terasa ada yang kurang jika tidak merokok
Secara umum perokok bisa menghabiskan satu bungkus rokok dalam satu hari, Ada 16 batang dalam setiap bungkus. Satu hari ada 24 jam, di potong waktu tidur 8 jam, makan 2 jam dan mandi 1 jam, sisanya 13 jam kegiatan kita tentunya ditemani rokok. 13 jam dibagi 16 batang rokok hasilnya lebih kurang setiap 50 menit sekali kita merokok. Jadi apakah ada kebiasaan lain selain merokok yang kita lakukan sesering itu.

2. Mulut terasa tidak enak (asam)
Dari perhitungan di atas, kita dapat bayangkan seberapa seringnya mulut kita merasakan asap rokok. Kita ambil contoh dari makanan yang umumnya kita konsumsi 3 kali sehari, orang jawa yang biasa makan makanan jawa akan terasa kurang pas dimulut ketika makan makanan padang. Begitu juga dengan merokok.

3. Emosi tidak terkendali (cenderung sering marah)
Hal ini sudah sangat jelas menunjukkan efek psikis. Karena emosi yang tidak terkendali/marah adalah ekspresi jiwa kita ketika ada pemicunya yang biasanya dari faktor internal dan eksternal, dalam hal ini, internalnya adalah keinginan untuk merokok tidak terpenuhi, eksternalnya ya hal-hal yang dijadikan alasan untuk marah.

4. Terasa pusing
Rasa pusing di kepala ketika tidak merokok bukanlah karena faktor fisik, karena dengan anda tidak merokok justru oksigen dalam darah anda akan mulai tercukupi dimana akan dialirkan ke kepala. Jadi rasa pusing tersebut bukanlah disebabkan oleh fisik melainkan karena emosi tak terkendali seperti yang telah dibahas pada nomor tiga.

Terbukti kan bahwa kecanduan itu hanyalah faktor psikis bukanlah faktor fisik.

Yang kita butuhkan untuk berhenti merokok adalah niat dan komitmen yang kuat. Jika terasa berat, lakukan bertahap dengan tidak merokok dalam hitungan jam, hari, minggu, bulan dan kemudian anda bukan lagi seorang perokok. Tidak ada lagi alasan untuk tidak berhenti merokok.



terimakasih sudah mampir di trit ini.
silahkan tinggalin komeng (sukur2 dpt cendol) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.9K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan