Third.ReichAvatar border
TS
Third.Reich 
Waspada Penyakit ini Pada Musim Hujan





WOW ! HT #5 ane emoticon-Matabelo. THANX KASKUS ! emoticon-Salaman



Silahkan disimak dengan santai gan emoticon-Big Grin, dan jangan lupa kalo berkenan bisa agan tinggalkan komeng dan emoticon-Rate 5 Star




Spoiler for med cad:


Spoiler for outbreak:


Spoiler for leptospirosis:

Leptospira sp

Bakteri ini termasuk dalam jenis bakteri aerob (memerlukan oksigen untuk hidup), jenis gram negatif, tidak tahan asam, dengan bentuk spiral. Panjang 6-2 mikrometer dengan diameter 0,1 – 0,2 mikrometer. Untuk pembanding : Eritrosit kita (sel darah merah) memiliki ukuran 7 mikrometer, so, bakteri ini jauh lebih kecil daripada eritrosit kita. Sulit melihatnya jika kita menggunakan Mikroskop Cahaya, untuk melihatnya biasanya menggunakan mikroskop khusus dengan teknik kontras, atau dengan mikroskop elektron untuk lebih detailnya.


Spoiler for Leptospira:


INFEKSI


Leptospirosis bisa terjadi dimana saja, di kota / desa bisa terjadi, negara dengan iklim tropis atau sub tropis juga bisa terjadi infeksi. Namun resiko terbesar orang yg terjangkit penyakit ini adalah orang2 yg bekerja di luar ruangan terlebih bersama hewan, misal : petani, peternak hewan dll. Air yg terkontaminasi adalah media distribusi utama penyakit ini. Di daerah endemis, puncak infeksi leptospirosis terjadi pada saat musim hujan terutama saat banjir.


Spoiler for banjir:


Angka penyebaran penyakit ini di negara2 beriklim tropis mencapai 5-20/100.000 penduduk per tahunnya. WHO mencatat daerah beriklim sub tropis memiliki penderita leptospirosis 0.1-1 per 100.000 penduduk per tahun sedangkan di daerah tropis meningkat drastis lebih dari 10 per 100.000 penduduk per tahun.


Spoiler for outbreak:


Di indonesia sendiri, distribusi penyakit ini meliputi : Jawa Barat, Jawa Tengah, D,I Yogyakarta Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan daerah lain yg hampir meliputi seluruh wilayah kepulauan indonesia. Menyebabkan kematian kah ? Tentu saja bisa, malah angka kematian akibat Leptospirosis di indonesia termasuk tinggi, mencapai 3,5 – 15,45 persen. Tapi itu juga tergantung organ yg terinfeksi dan usia penderita.


Spoiler for outbreak:


OUTBREAK


Urin tikus adalah sumber dari penyebaran / penularan penyakit ini, karena penyakit ini adalah“water borne disease”, maka air kencing individu yg terinfeksi merupakan vektor utama penularan baik pada manusia atau hewan. Bakteri Leptospira memiliki ability bergerak yg cepat, khususnya dalam air, sehingga memungkinkan untuk cepat menyebabkan infeksi pada host baru.bakteri Leptospira juga bisa bergerak cepat dalam aliran darah sehingga infeksi pun semakin cepat terjadi. Nah musim hujan seperti ini sangat membantu penyebaran bakteri ini terutama di daerah rawan banjir gan.

Spoiler for flood:


Kondisi hujan, dan banjir menyebabkan terjadinya perubahan signifikan pada lingkungan, misalnya terjadi banyak genangan dan kubangan air, jalan berlumpur, timbunan sampah yg mendukung bakteri ini semakin subur. Air kencing tikus yg terbawa air hujan dan banjir masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit yg terluka, selaput lendir mata, hidung. Hewan2 seperti anjing, sapi, kambing, domba, juga berpotensi menularkan penyakit ini tetapi potensinya tidak sebesar tikus yg merupakan Hospes Reservoir utama dan memiliki daya reproduksi yg tinggi emoticon-Cape d... (S).


Spoiler for leptospirosis:


Kejadian Leptospirosis pada manusia banyak ditemukan pada pekerja pembersih selokan karena selokan banyak tercemar bakteri Leptospira. Umumnya penularan lewat mulut dan tenggorokan sedikit ditemukan karena bakteri tidak tahan dengan lingkungan asam.


Spoiler for selokan:


INFEKSI DALAM TUBUH


Sesaat setelah bakteri memasuki tubuh melalui mulut atau selaput lendir, maka segera dia akan melakukan replikasi dalam darah dan jaringan, sehingga terjadi yg dinamakan “leptospiremia” yaitu penumpukan akumulasi jumlah bakteri leptospira dalam darah yang kemudian bakteri akan menyebar ke berbagai jaringan tubuh dan organ terutama hati dan ginjal.


Spoiler for leptospirosis:


GEJALA KLINIS


Inkubasi bakteri ini pada manusia sekitar 3-28 hari, seperti yg udah ane bilang diatas, infeksi leptospira sering tidak menunjukkan gejala, akhirnya sering terjadi salah diagnosa medis. Karena gejalanya mirip dengan gejala flu biasa dari ringan sampai yg berat. Ada 2 fase dalam infeksi penyakit ini, yakni Fase Septisemik dan fase imun, bentuk infeksi berat Leptospirosis adalah Sindrom Weil.


Spoiler for sindrom weil:


CURE & SHIELD


Leptospirosis ringan bisa diobati dengan antibiotik, manusia sangat rentan terinfeksi Leptospira, waspadai pencemaran oleh urin dari semua hewan, khususnya Tikus. Hidup bersih dan sehat adalah perisai utama dan cara yg paling murah dan mudah dalam menghindari wabah penyakit ini. Yang punya hewan peliharaan, harap segera membersihkan diri dengan antiseptik jika selesai melakukan kontak dengan hewan peliharaan, kandang atau dimanapun lingkungan tempat hewan itu berada.


Spoiler for leptospirosis:


Tikus adalah the Real Motherfucker dalam penyebaran penyakit ini emoticon-Ngakak (S), selain carier utama, tikus juga carier natural / alami untuk leptospirosis. Yang memiliki peternakan diharap membuat saluran khusus mengarahkan feses ternak ke suatu tempat sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar terutama sumber air.


Spoiler for rats:



BEBERAPA TIPS DARI ANE UNTUK ANTISIPASI :


Spoiler for tips dari ane:


Spoiler for end:











KESAKSIAN KASKUSER YANG ANGGOTA KELUARGANYA PERNAH MENDERITA LEPTOSPIROSIS.


Quote:





BONUS :

STAY HEALTHY GAN ! emoticon-Genit

Spoiler for bonus:


PENGALAMAN KASKUSER YANG LAIN


Quote:


Quote:

Diubah oleh Third.Reich 14-02-2014 02:50
0
81.6K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan