badcopsAvatar border
TS
badcops
4 Permintaan Ratu Atut setelah rasakan sel Pondok Bambu


Merdeka.com - Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sengketa Pilkada Lebak dan proyek alat kesehatan di Tangerang Selatan. Atut langsung dibawa ke Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur dengan menggunakan mobil tahanan.

Mobil tahanan Atut dikawal dengan menggunakan mobil Barracuda. Selain itu, polisi bersenjata lengkap juga ikut mengawal mobil tahanan yang membawa orang nomor satu di Banten itu.

Namun tak ada perlawanan dari ribuan pendukung Atut yang sebelumnya berdemonstrasi di depan KPK. Massa yang diketahui sejumlah besar adalah orang bayaran, bahkan tak bereaksi apa pun saat Atut ditahan.

Atut ditahan di sel perkenalan. Pihak lembaga pemasyarakatan mengklaim Atut tak diistimewakan. Dia ditempatkan di blok perkenalan bersama 16 tahanan lain.

Atut yang biasa hidup mewah pun tak menerima. Lewat kuasa hukumnya, penguasa Banten ini meminta dipindahkan.

Berikut permintaan Atut setelah merasakan dinginnya lantai Rutan Pondok Bambu.

1. Minta sel khusus

Merdeka.com - Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah mulai menjalani paginya di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur sebagai seorang pesakitan. Tak mau hidup seperti tahanan lainnya, Atut lewat pengacaranya meminta sel spesial di Rutan khusus wanita tersebut.

"Kita sedang mengupayakan untuk posisi beliau bagaimana langkah-langkah untuk penempatan di lapas," kata pengacara Atut, Firman Wijaya di Rutan Pondok Bambu, Jakarta, Sabtu (21/12).

Pengkhususan ini dilakukan agar kesehatan Atut membaik.

"Pada prinsipnya beliau terima di tempatkan di mana saja tetapi beliau perlu tempat sel yang bisa diawasi secara medis. Kita berharap ada perawatan paramedis."

2. Minta tak dicampur dengan tahanan narkoba

Merdeka.com - Meski dicampur dengan napi kasus pidana lainnya, kuasa hukum Ratu Atut, Teuku Nasrullah mengatakan, kliennya enggan dicampur dengan napi kasus narkoba.

"Permintaan ibu, ibu tidak mau satu sel dengan tahanan narkoba," ujar Nasrullah di depan Rutan Pondok Bambu, Jumat (20/12).

Ratu Atut yang masuk ke dalam salah satu blok di Rutan Pondok Bambu pada pukul 20.45 WIB ditahan setelah menjalani pemeriksaan sekitar tujuh jam di KPK.

Pemeriksaan ini merupakan pertama kalinya sejak Ratu Atut ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengurusan sengketa pemilihan kepala daerah Lebak Banten di Mahkamah Konstitusi pada 17 Desember 2013.

3. Minta rakyat tak hakimi Atut

Merdeka.com - Penahanan yang dilakukan KPK terhadap Ratu Atut Chosiyah membuat kaget keluarga besar gubernur Banten itu. Pihak keluarga meminta publik tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah terhadap Atut sampai ada putusan pengadilan.

"Kondisi keluarga saat ini trauma, dan anak-anak dalam kondisi psikologis tertekan," ujar juru bicara Atut, Ahmad Jajuli di kediaman Atut, Jl Bhayangkara No 51, Serang, Jumat (20/12) malam.

Meski Atut ditahan, Jajuli juga meminta masyarakat tidak menghakimi Atut bersalah. "Sampai ada keputusan tetap pengadilan," ujarnya.

4. Minta KPK dengarkan pembelaan Atut

Merdeka.com - Pengacara Atut Firman Wijaya protes penahanan kliennya. Menurutnya, KPK tidak memberikan kesempatan kepada Atut untuk menjelaskan masalahnya. Padahal, ini pertama kali Ratu Atut diperiksa sebagai tersangka.

"Saya pikir sebagai kuasa hukum ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama kondisi objektif ibu (Atut) yang mengeluh dadanya sakit. Ini persoalan serius. Seseorang diperiksa kan harus sehat," jelas Firman di Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat (20/12).

Sedangkan yang kedua, lanjut Firman, ini hari pertama Atut diperiksa. Kliennya seharusnya diberikan waktu menjelaskan, namun KPK tidak memberikan kesempatan itu. "Ini yang dalam logika kami sulit dimengerti," cetusnya.

Bahkan, Firman menyebut kalau lembaga antirasuah tersebut hanya memaksakan untuk menahan tersangka kasus suap Pilkada Lebak di Mahkamah Konstitusi (MK). "Semangat menahannya (KPK) lebih tinggi," pungkasnya.

sumber:
http://www.merdeka.com/peristiwa/4-p...laan-atut.html
0
24.6K
440
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan