klik.co.idAvatar border
TS
klik.co.id
Balasan Hot Trit: Balada Kereta Indonesia
Untuk menanggapi Hot Trit :
http://www.kaskus.co.id/thread/52aaa...reta-indonesia

Kata TS-nya
Quote:


Ane nulis trit ini bukan bermaksud menghakimi atau menyerang TS-nya gan. Ane justru berterima kasih ke TS-nya karena ane jadi tau ada berita seperti itu di sebuah stasiun TV. Maklum gan, ane agak males nonton beberapa stasiun TV yang disponsori parpol tertentu.

Gak tau TV mana yg dimaksud TS tadi.. Mungkin stasiun TV yang biasa ngasih berita provokatif dan yg biasa bikin acara debat yg cenderung kaya nyediain ring tinju. emoticon-Big Grin

Membaca trit HT tadi, ane juga jadi tergerak untuk membela PT KAI dan PT INKA.

Pendapat yang langsung muncul dari kepala ane adalah "Loh, bukannya kereta buatan INKA juga banyak yang dipake KAI ya??"

Beberapa kereta buatan INKA yg dipake KAI:
  1. Sebut saja rangkaian kereta2 baru kaya KA Menoreh, KA Gajahwong dan sejenisnya di dalemnya ada logo INKA gede.
  2. Rangkaian kereta eksekutif macem Argo Bromo Anggrek, Argo Sindoro, Argo Muria, Argo Jati dll diproduksi INKA lho gan...
  3. Rangkaian KA Ekonomi lama juga banyak yg buatan INKA, ambil contoh Tawang Jaya, Matarmaja, Brantas dll..
  4. Rangkaian KRD (kereta lokal) macem Kaligung, Blora Jaya Express, Pramex, Banyubiru, Joglosemar dll juga buatan INKA loh gan!
  5. Rangkaian kereta bandara macem RAILINK di Bandara Kuala Namu (KNIA) Medan juga pake buatan INKA.


Sumbernya: http://jurnalpatrolinews.com/2012/09...ti-ka-menoreh/
Kalo kurang percaya, nih sumber dari Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Industri_Kereta_Api di sana ada uraian dan gambar kereta INKA yg dipake KAI

KAI beli kereta bekas Jepang??
Kalo masalah KRL Jabodetabek make kereta hibah dari Jepang, so what gitu looohh?? Barang gratis kok ditolak! emoticon-Big Grin 900jt itu ongkirnya lho gan! Sebelum dikirim kesini juga udah diperbaiki di Jepang sono, jadi yg dikirim bukan sampah besi tua gan.

Ane justru menyambut baik datangnya 180 rangkaian KRL bekas dari Jepang. Paling tidak kalo armada KRL banyak ya kapasitas penumpangnya bisa lebih besar. Biar penumpang KRL ngga jadi IKAN SARDEN pas jam sibuk di dalem KRL. emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for penampakan KRL pas jam sibuk:


Walaupun PT INKA juga sudah memproduksi KRL (http://www.inka.co.id/en/?page_id=1598) dan sudah dipakai oleh PT KAI juga untuk KRL Jabodetabek.. TAPIsekarang ini Jabodetabek butuh supply moda transportasi massal dalam jumlah besar untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Nah kalo tiba-tiba KAI pesen 180 rangkaian KRL ke INKA yang harus dipenuhi dalam setahun... Agan yakin kapasitas produksi dan modal yang dimiliki INKA sanggup?? Jangan lupa gan.. kalo memproduksi sesuatu itu butuh modal, bahan, tenaga kerja dan waktu yang cukup gan. Kalo salah satunya kurang ya bisa dipastikan proyeknya gagal. Para pengusaha pasti tau dong hal ini..

Jangankan pengusaha, tukang martabak juga tau gan. Kalo tiba2 ada tukang martabak nerima pesanan 180 martabak telor dalam sehari, tapi pegawenya cuma 1 dan toko sembako di kotanya cuma nyediain 100 butir telor ya pasti pesanan martabaknya bakal berantakan.

Nih bukti kalo kapasitas produksi INKA terbatas:
Quote:

INKA belum mampu produksi kereta secara massal

Itu yang bikin pernyataan menteri BUMN lho gan.. pak Dahlan Iskan.

Kasihan para IKAN SARDENyang sudah berharap besar sama PT KCJ (Operator KRL Jabodetabek) gan! Kalo kelamaan disiksa, bisa-bisa mereka (termasuk ane) bakal beralih ke kendaraan pribadi.. Akibatnya, jalanan tambah padat, macet tambah parah, makin banyak BBM yg menguap sia-sia di tengah kemacetan.

Tahun 2016 KAI Stop Impor Kereta Bekas
Ga usah takut gan, suatu saat kereta buatan INKA bakal mendominasi armada KRL:
Quote:

Sumber: Dahlan: INKA pasok KRL mulai 2016

Beli barang luar atau dapet gratisan dari luar negeri bukan berarti ngga bangga sama produk dalam negeri gan.. Toh buktinya KAI juga salah satu user terbesarnya INKA seperti yg ane tulis di atas.

Pesan ane:
Jangan asal menyudutkan KAI, ane yang tiap 2 minggu pulkam naik KAI udah merasakan betul hebatnya kemajuan KAI semenjak era pak Jonan. Perlahan tapi pasti mereka berubah dari dark-age ke new-age. Kalo diri kita sendiri tidak bisa membuat perubahan, ya paling tidak kita jangan menjegal langkah orang2 yang membuat perubahan lebih baik. emoticon-Malu (S)

Jangan sepenuhnya percaya sama berita-berita di TV atau media lain gan.. Coba dulu cari info yang berimbang. Masih inget kan kemarin ada Hot Trit tentang pak Ahok yang mempecundangi siaran live salah satu stasiun TV yg disponsori parpol??? emoticon-Cape d... (S)

emoticon-I Love Indonesia (S)

KOMENTAR KASKUSER
Spoiler for Komeng:
Diubah oleh klik.co.id 18-12-2013 01:25
0
5K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan