fathulmrdAvatar border
TS
fathulmrd
11 aliran modifikasi motor inspiratif
Selamat datang di thread saya agan-aganwati emoticon-Big Grin
emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati

Spoiler for "Read, Comment & Rate":


Jika berkenan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Jangan di emoticon-Blue Guy Bata (S) emoticon-Blue Guy Bata (S) emoticon-Blue Guy Bata (S)

langsung aja ya emoticon-Big Grin
____________________________________________________________emoticon-Ngacir
_______________________________________________________emoticon-Ngacir



Seiring perkembangan otomotif khususnya dalam perkembangan sepeda motor modifikasi, memunculkan beberapa aliran modifikasi motor yang masing-masing memiliki karakter dan bentuk berbeda. Dengan banyaknya aliran dalam modifikasi ini akan semakin memperkaya kreativitas dalam memberikan sentuhan perubahan modif.

Sebagai saran sebelum melakukan modifikasi motor kesayangan perlu diketahui bagaimana aliran-aliran modifikasi motor tersebut, sebab dalam setiap aliran memiliki perbedaan yang sangat menonjol antara aliran yang satu dengan lainnya. Berikut beberapa aliran modifikasi yang bisa dijadikan pertimbangan sebagai konsep dasar memodifikasi motor.

1. Chopper



Sebagian besar para modifikator lebih menggunakan aliran modifikasi chopper ini untuk sepeda motor gede (moge). Sebab keserasian dengan menonjolkan bentuk mesin besar dari tampilan samping.

 Modifikasi ini merupakan model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan yang cukup panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Kemudian untuk lingkar ban depan cenderung dibuat besar dibanding ban belakang, bentuk stang juga tinggi.




2. Bobber



Aliran modifikasi bobber ini, lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.




3. Flat Track



Aliran modifikasi flat track ini berawal dari suatu ajang balapan yang dilaksanakan di trek tanah. Tampilan motornya memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.

4. Street Tracker



Street Tracker merupakan suatu paduan dari motor tracker  dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail retro seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT.


5. Jap's Style



Aliran Jap's Style bisa terlihat dari perubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang mungil.


6. Cafe Racer



Aliran modifikasi ini mengadopsi gaya balap tempo dulu. Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan yang menggunakan fairing baik full maupun half.

Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan stang jepit, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut tawon.

7. Hotrod



Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang dengan tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih).

8. Street Fighter



Awal terbentuknya dari motor sport yang masih memiliki full fairing, beberapa pengendara muda di Inggris yang tidak mampu untuk menggantikan fairing rusak setelah kecelakaan, untuk itu mereka melepasnya.

Ciri perubahan street fighter itu sendiri adalah penelanjangan body yang hanya menampilkan kegagahan sektor mesin motor, sekaligus penerang jalan dan stang kemudi model flat.

9. Fighter



Minor Fighter merupakan sebuah keluarga perkumpulan motor Indonesia yang bergaya eropa style.  Secara bentuk tidak berbeda jauh dari street fighter, namun yang menjadi ciri perubahannya yakni pada stang terbalik, ekor buntung, single seater dan ditambah dengan ban ekstra lebar.

10. Trail



Untuk memodifikasi trail atau yang biasa disebut dengan motor penggaruk tanah ini, harus merubah total penampilan motornya terutama kaki-kaki. Cirinya adalah suspensi yang panjang, ban model kembang tahu atau pacul dengan ukuran ring besar, stang rata, knalpot undertail, ditambah dengan peningkatan torsi mesin.Untuk sekarang sudah banyak motor trail pabrikan seperti KTM dan sebagainya.

11. Supermoto



Masih satu keturunan dengan trail, tapi jenis ban yang digunakan berbeda, umumnya menggunakan ban khusus aspal dengan diameter pelek berukuran 17 inci yang tampak lebar.


Sumber

Thanks emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh fathulmrd 07-08-2013 00:20
rykenpb
rykenpb memberi reputasi
1
15.7K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan