juriglaguAvatar border
TS
juriglagu
Tidak Ada Palu Pemecah Kaca di KRL Commuter Line?
Berkaca dari kecelakaan KRL di Bintaro beberapa hari lalu, banyak yang menyayangkan tidak tersedianya palu dan pemecah kaca di dalam kereta tersebut. Pada kenyataannya Kereta Rel Listrik (KRL) eks jepang tidak mengenal sistem palu pemecah kaca sebagai alat keselamatan. Mereka menggunakan katup angin untuk membuka kunci semua pintu agar pintu dapat dibuka dengan mudah oleh tangan.

Nah, di mana Agan bisa menemukan katup angin ini? Umumnya katup-katup ini tersebar di dua posisi yakni di bawah bangku dan di antara sambungan antar gerbong. Untuk menandai katup angin ini, biasanya mereka menandai dengan border penutup berwarna merah untuk memudahkan pencarian.



Selain di bagian dalam, di bagian luar kereta pun terdapat katup. Posisinya berbeda-beda, tergantung tipe KRL. Namun, pada umumnya keran tersebut berwarna merah. Misalnya pada gambar di atas merupakan katup yang berada di KRL seri 8000 dan 8500. Lokasinya di bagian dalam kereta tepat di pojok bawah kedua kursi yang berhadapan langsung dengan pintu keluar.

Bagaimana caranya menggunakan katup ini? Pertama, yang akan Agan lakukan adalah mencari di mana posisi katup berada. Jika sudah menemukan, buka penutup kerannya. Lalu tarik tuas keran sepenuhnya hingga terdengar suara angin yang terlepas. Dengan demikian pintu dapat dibuka dengan oleh tangan dengan mudah.

Penting untuk diketahui seluruh penumpang agar tidak sembarangan menggunakan katup ini. Pergunakanlah dalam keadaan darurat saja.

Sumber: Divisi Humas Mabes Polri

Ya walau info/sosialisasinya agak telat, tapi semoga bermanfaat emoticon-2 Jempol
0
2.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan