Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

taupiAvatar border
TS
taupi
1 Tahun Berperang Melawan Penyakit Dengan Sugesti

PENGERTIAN SUGESTI
Sugesti adalah rangsangan atau pengaruh atau stimulus.
Rangsangan diberikan seseorang kepada orang lain. Penerima sugesti akan menuruti kehendak pemberi sugesti tanpa berpikir kritis dan rasional. Sugesti bersifat sangat individual. Suatu informasi atau nasihat bisa menjadi suatu sugesti, apabila keyakinan lebih dominan dalam proses penerimaannya.

Suatu informasi atau nasihat tidak akan berubah menjadi sugesti, apabila ada proses berpikir pada orang yang bersangkutan.


Sugesti dapat terjadi antara:

1) Seseorang terhadap orang lain.
Contoh, nasihat yang diberikan seorang ayah kepada anaknya agar belajar lebih giat.

2) Seseorang terhadap sekelompok orang.
Contoh, wali kelas memberikan nasihat kepada semua siswa satu kelas.

3) Sekelompok orang terhadap kelompok lainnya.
Contoh, sekelompok penjual yang mengiklankan produknya kepada masyarakat, serta.

4) Sekelompok orang terhadap individu.
Contoh, seorang pemain bulutangkis tunggal mendapat tepuk tangan dan dukungan dari penonton.

Wujud sugesti dapat berupa sikap, tindakan, dan perkataan. Suatu gambar poster atau kalimat iklan di spanduk juga dapat memberikan sugesti kepada orang. Bahkan, benda-benda tertentu yang merupakan simbol suatu makna tertentu dapat memberikan sugesti kepada seseorang. Orang yang percaya kepada seseorang yang ia anggap memiliki ‘kelebihan’ pada umumnya mudah tersugesti dengan apapun yang di- perintahkan orang tersebut, misalnya seseorang percaya bahwa jimat yang diberikan dukun mengandung kekuatan. Sebenarnya, kekuatan itu berasal dari rasa optimis yang dibangkitkan oleh keyakinan akibat sugesti. Orang yang memiliki optimisme kuat dan berani, pada umumnya banyak memperoleh keberhasilan atas apa yang ia lakukan. Di sinilah sebenarnya kunci rahasia jimat yang dapat membuat orang menjadi pemberani. Sugesti semacam ini sama dengan keyakinan yang memengaruhi kita sewaktu memilih dokter yang kita anggap paling manjur.

Sugesti dapat terjadi karena beberapa alasan berikut ini.
1) Hambatan Berpikir.
Seseorang yang sedang mengalami kelelahan pikiran atau sedang me nanggung beban emosional tertentu akan mudah sekali tersugesti (d pengaruhi).

2) Terpecahnya Pikiran Seseorang.
Seseorang yang kurang konsentrasi akan mudah mengalami sugesti.

3) Otoritas.
Seseorang yang mempunyai kekuasaan akan mudah memberikan suges (pengaruh) kepada orang lain. Misalnya, seorang pemimpin yang kharis matik, anjurannya pasti dipatuhi rakyatnya.

4) Mayoritas.
Orang cenderung akan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang banya (arus umum).

5) Percaya terhadap Sugesti dari Orang Lain
Seseorang akan melakukan apapun yang dikatakan atau dianjurka kepadanya dari orang lain yang dianggap baik dan benar. Misalnya, seoran pasien datang ke dokter untuk periksa. Apabila dalam diri pasien tela tertanam rasa percaya kepada dokter tersebut, maka dia akan menuru segala anjurannya.


Pengelaman Ane sendiri gan, 2012 silam ane terkena penyakit SKABIES atau penyakit cacar, selama satu tahun kurang lebih ane menderita penyakit tersebut ane udah berobat kemana mana dari mulai puskesmas,dokter kulit,rumah sakit.
Tapi upaya ane selama itu tidak membuahkan hasil penyakit ane masih saja bersarang ditubuh ane. Setiap hari ane udah tidak asing dengan yang namanya obat gaenak sih tiap hari harus minum obat terus sampe sampe ane keracunan obat, muka ane jadi bengep bengep kalo istilah anak muda sekarang nih gan chuby katanya emoticon-Matabelo
Setelah selang pertengahan tahun 2012 Dokter menganjurkan ane supaya tidak memakan makanan yg berlemak seperti daging,telur,dan ikan dari situ ane mulai nurut sama dokter lama kelamaan ane stres karna makan susah mau makan ini dilarang mau makan itu dilarang akhirnya ane putusin untuk keluar dari pantangan itu.
Dan akhirnya penyakit ane semakin parah dari ujung kepala sampai ujung kaki banyak bermunculan bentol ada nanahnya lagi dari situ ane saking pusing nya dengan penyakit ane ,ane mutusin berhenti meminum obat gatal gatal tersebut dan menghiraukan semua sugesti bahwa ane kalo makan daging ane bakalan gatal gatal dan bermunculan bentol dan bisul disekujur tubuh.
cukup disini gan ceritanya sebenernya masih banyak ceritanya berhubung waktunya sangat padat ane akhiri sampe sini dulu.
Dan alhamdulilah ditahun 2013 ini ane mulai berangsur sembuh meskipun sesekali kambuh penyakitnya tapi tidak separah tahun lalu.

Inti dari cerita tadi bahwa diri kita segusti kita sangatlah berperan penting bagi kesembuhan penyakit kita dan kita harus yakin bahwa Tuhan akan mengambil kembali penyakitnya.
Sekian dari ane gan wassalam emoticon-Matabelo



0
3.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan