Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mondelesputAvatar border
TS
mondelesput
Museum Louvre, keindahan yang terpendam!
Halo agan, ini thread pertama ane gan. Mohon maaf kalo masih berantakan, dll emoticon-Sorry masih butuh bimbingan dari para sesepuh nih emoticon-Request
Dijamin gak emoticon-Blue Repost kok gan.
Spoiler for check:

Langsung aja deh gan, ane disini mau bahas tentangMuseum l'ouvre


Museum adalah tempat di mana orang-orang bisa melihat dunia ujar Sophie Makariou, Kepala Departemen Seni Budaya Islam Museum Louvre. Makanya, ane bikin trit ini, ngajakin ente jalan-jalan keliling dunia emoticon-Cool

Museum L'ouvre (Perancis : Musée du L'ouvre, Inggris : The L'ouvre Museum) adalah bekas istana Raja Louis IX dan kini menjadi salah satu sebuah museum terbesar dan terkenal di dunia. Museum ini terletak di Rive Droite Seine, Paris, Perancis (jangan nanya lengkapnya gan, suer ane blm pernah kesana emoticon-Sorry ) emoticon-Ngakak
Pada tahun 1682, Louis XIV memilih Istana Versailles sebagai kediaman pribadi dan meninggalkan L'ouvre. Kemudian L'ouvre dijadikan tempat untuk menampilkan koleksi-koleksi kerajaan. Ane pernah diceritain sama dosen native ane gan, katanya dulu Louis IX itu tiap hari selalu ngadain jamuan makan dan ngundang golongan borjuis untuk pesta bareng2. Pajak ditinggiin buat kesenangan pribadi dan rakyat dibiarkan sengsara gan emoticon-Berduka (S)

Lanjutin ye? (iyelah emoticon-Ngakak ) Kemudian pada tahun 1692, gedung ini ditempati oleh Académie des Inscriptions et Belles Lettres dan Académie Royale de Peinture et de Sculpture. Akademi ini menempati L'ouvre selama 100 tahun dan selanjutnya Majelis Nasional Perancis menetapkan bahwa L'ouvre harus digunakan sebagai museum untuk menampilkan karya-karya bangsa emoticon-Matabelo

Nah pada 10 Agustus 1793, L'ouvre resmi dibuka sebagai museum dengan memamerkan 537 lukisan emoticon-Matabelo termasuk lukisan MonaLisa karya Leonardo da Vinci.

Dan masih kata dosen ane gan, lukisan ini mempunyai ukuran yang kecil gan (ane pikir gede lho emoticon-Bingung (S) ) Pas ane search ternyata ukurannya 77 cm x 53 cm gan dan udah gitu, kita gak bisa mengamati terlalu dekat karena ada semacam police line (halah emoticon-Bingung (S)emoticon-Bingung (S) ) Udah kecil gan, liatnya dari jauh lagi, jadi gak bisa membelai rambutnya dong emoticon-Ngakak
Spoiler for Check:


Pada tahun 2008, museum ini dibagi menjadi 8 departemen dan memamerkan lebih dari 35rb karya seni emoticon-Matabelo (sanggup gan bikin karya sebanyak itu? bikin trit satu aja ane gak sempurna bikinnye emoticon-Ngakak )
8 departemen itu adalah :
1. Egyptian Antiquities atau Mesir Kuno
Spoiler for Check:

Departemen ini memiliki koleksi berjumlah lebih dari 50.000 buah, termasuk diantaranya artefak dari peradaban Sungai Nil yang memiliki penanggalan dari 4.000 tahun SM hingga abad ke-4 Masehi.

2. Near Eastern Antiquitiesatau Koleksi Purbakala Timur dekat
Spoiler for Check:

Koleksi Purbakala Timur Dekat, merupakan departemen kedua yang terbaru, berasal dari tahun 1881 dan memberikan gambaran mengenai peradaban Timur Dekat dan pemukiman pertama di daerah tersebut, sebelum kedatangan Islam. Departemen ini terbagi menjadi tiga daerah geografis: Levant, Mesopotamia (Siria, Irak), dan Kerajaan Persia (Iran).

3. Greek, Etruscan and Roman Antiquities atau Yunani, Etruskan, dan Romawi
Spoiler for Check:

Departemen Yunani, Etruskan dan Romawi memajang koleksi yang berasal dari Mediterania dengan penanggalan dari masa Neolitik hingga abad ke-6 Masehi. Departemen ini merupakan salah satu yang tertua di Museum Louvre, dan koleksinya dimulai dengan pengumpulan koleksi oleh kerajaan, beberapa bahkan telah dikumpulkan sejak masa Francis I.

4. Islamic Artatau Seni Islam
Spoiler for Check:

Benda yang dipamerkan oleh departemen ini adalah keramik, kaca, benda logam, kayu, gading, karpet, tekstil dan miniatur, termasuk diantaranya 5.000 karya dan 1.000 tembikar. Departemen ini diresmikan pada 22 September 2013 lalu karena sebelumnya termasuk dari departemen seni dekorasi.

Lanjut gan, masih 4 lagi. Tapi ane emoticon-Cape d...sabar gan emoticon-Ngakak

yuk cekibrot!

5. Sculpture atau seni pahat
Spoiler for Check:

Museum Louvre merupakan tempat penyimpanan material pahatan sejak lokasi museum tersebut masih berfungsi sebagai istana.

6. Decorative Art atau Seni dekoratif
Spoiler for Check:

Departemen Seni Dekoratif (bahasa Perancis: 'Objets d'art' memiliki cakupan koleksi sejak abad pertengahan Eropa, hingga pertengahan abad ke-19 Masehi. Departemen ini pada awalnya merupakan bagian dari departemen seni pahat.

7. Paintingsatau Lukisan
Koleksi lukisan Museum Louvre berjumlah lebih dari 7.500 buah yang berasal dari abad ke-13 Masehi hingga tahun 1848.

8. Prints and Drawing atau Cetakan dan Seni Gambar
Spoiler for Check:

Departemen Cetakan dan Seni Gambar lebih memusatkan terhadap karya yang dilakukan di atas kertas. Asal dari koleksi museum in merupakan karya yang terdapat di koleksi kerajaan (Cabinet du Roi) yang berjumlah 8.600 buah.



NAH! udah 8 nih (alhamdulillah emoticon-Cendol (S)) tp beloman kelar gan. Ane mau ceritain tentang Piramida terbalik yang berada dilantai dasar dari museum louvre. Jadi pintu masuk utama museum l'ouvre adalah sebuah piramida yang terbuat dari kaca yang dinamakan Pyramid Louvre nah, kemudian dibangunlah sebuah piramida terbalik atau inverted Pyramid yang bertujuan agar cahaya dapat masuk ke lantai bawah museum ini.

Spoiler for Check:

Keren gak gan? emoticon-Matabelo

Nih yang pengen berkunjung kesana, ane kasih jadwalnya gan


Bonus deh
Spoiler for Bonus:


Sekian dari Ane, mohon maaf apabila banyak kesalahan emoticon-Sorry

Ane minta emoticon-Blue Guy Cendol (L)dan minta emoticon-Rate 5 Star

No emoticon-Blue Guy Bata (L)

Sumber kelupaan haha
Sumber1
Sumber2
Sumber3

UPDATE

Ini jepretan dosen ane gan, langsung di museum louvre nya. Ini diambil kira2 tahun 2008 (maaf agak burem gan)
Spoiler for check:


Tambahan dari sista
Quote:


KUNJUNGI THREAD ANE GAN

Diubah oleh mondelesput 11-12-2013 00:18
0
8K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan