jajang100Avatar border
TS
jajang100
Tarif Resmi SIM Murah, Kenapa Masih Saja Ada Masyarakat Pilih Calo?
Jakarta - Sudah sejak 2010 pemerintah mengeluarkan aturan resmi tarif harga pembuatan SIM. Harga resminya tergolong murah. Tapi, sudah menjadi rahasia umum kalau masyarakat lebih memilih lewat 'jalur belakang' alias calo. Lewat calo ini memang lebih mahal harganya, tapi dijamin lulus. Kok bisa?

"Habis sudah tes tiga kali nggak lulus-lulus," terang Ega pembaca detikcom, Minggu (8/12/2013).

Ega mengaku tak tahu alasan kegagalannya. Padahal, sebagai pekerja kantoran dia tak punya waktu untuk mengulang ikut tes lagi. Apalagi dia sudah terbiasa pakai motor dan mobil. Tes uji SIM ada uji teori dan praktik.

Akhirnya mau tak mau, dia ikut tes lewat oknum. "Ada yang nawarin, mau dibantu nggak," terang Ega yang tes di salah satu Polres ini.

Ongkos yang dirogohnya terbilang mahal. Ditarif resmi pembuatan SIM Rp 120 ribu, lewat oknum uang yang dikeluarkannya bisa sampai tiga kali lipat.

"Nggak apa-apa deh yang penting langsung foto, punya SIM," terangnya.

Apa yang dilakukan Ega, dilakukan juga masyarakat yang lain. Sebut saja Kiki, dia mengaku lewat calo semua bisa cepat. Dia sudah ikut tes tapi gagal, akhirnya jalan pintas diambil.

"Tesnya susah lulus, mending lewat calo aja gampang," jelas dia.

Jalan pintas itu mungkin karena masyarakat tak ada pilihan lain. Akhirnya terbuka kesempatan praktik percaloan, ya karena masyarakat memang butuh. Jadi ada faktor permintaan yang tinggi.

Soal calo ini Polri sudah memberi penegasan, tak ada toleransi. NTMC Polri juga sudah menyampaikan silakan dilaporkan Propam atau Provost Polda setempat yang ditempatkan sebagai pengawas di Satpas dan atau Samsat.

Tapi kembali ke masyarakat, apakah mau melaporkan calo karena mereka butuh cepat? Lalu bagaimana bila calo ini diduga menjadi sindikat yang dipelihara oknum?

Semoga saja di bawah Kapolri baru Jenderal Sutarman pembuatan SIM bisa lebih mudah, sehingga mencegah praktik percaloan. Bukan tanpa alasan, salah satu pelayanan publik yang disorot juga soal pembuatan SIM.

[url]http://news.detik..com/read/2013/12/08/112243/2435545/10/tarif-resmi-sim-murah-kenapa-masih-saja-ada-masyarakat-pilih-calo?n991102605[/url]
[url]http://news.detik..com/read/2013/12/08/112243/2435545/10/2/tarif-resmi-sim-murah-kenapa-masih-saja-ada-masyarakat-pilih-calo[/url]

murah tapi ga dilulusin terus, makanya org lebih milih pakai calo...
0
6.8K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan