hadifatayaAvatar border
TS
hadifataya
Gan, Akhirnya Gunung Padang Dibahas pada forum Internasional
Gunung Padang Akhirnya Dibahas Pada Forum Internasional


Penelitian tentang Situs Megalitikum Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan dibahas dalam Pertemuan Internasional Kebudayaan “Gotrasawala” yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi Jabar pada tanggal 5 hingga 7 Desember 2013.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, di Bandung, Selasa (3/12), mengatakan situs Gunung Padang merupakan situs kontroversial yang saat ini tengah ramai diperbincangkan oleh sejumlah pihak di dalam negeri.

Oleh karena itu, kata Wagub Jabar, tidak ada salahnya jika situs tersebut diangkat dalam sebuah seminar yang menjadi rangkaian acara Gotraswala dan dibahas melalui berbagai persepsi.

“Dalam penelitian Gunung Padang ini, kita tidak hanya mengundang para peneliti dari dalam negeri. Beberapa peneliti lain seperti Graham Hancock (Belanda), Robert Schoch (Boston University) dan Richard Hansen (Idaho State) turut hadir untuk ikut memberikan pandangan terkait situs Gunung Padang yang belakangan ini ramai diperbincangkan,” kata dia usai press conference Gotrasawala di Hotel Savoy Homann Bandung.

Menurut dia, pembahasan situs Gunung Padang merupakan isu seksi yang mendunia sehingga momentum ini menjadi ajang berbagai disiplin ilmu baik arkeolog, geolog, sejarawan, dan lain-lain untuk menguak ada apa di balik situs ini.

Akan tetapi, lanjut dia, dengan adanya seminar terkait Gunung Padang dalam rangkaian Gotraswala ini bukan berarti untuk menyamakan persepsi terkait situs megalitikum tersebut.

“Tapi melalui pembahasan yang menyeluruh dari berbagai sudut pandang, maka bukan tidak mungkin akan membantu penelitian Gunung Padang yang saat ini masih terus digali,” katanya.

Pihaknya menyakini nantinya akan banyak persepsi namun Situs Gunung Padang ini tidak boleh dibiarkan.

“Hal ini menandakan peradaban manusia yang pernah ada dan harus diteliti. Seandainya ini lebih tua dari Mesir, seperti yang ramai diperbincangkan maka seluruh teori kebudayaan dunia akan berubah. Ini salah satu kekayaan yang harus dibahas secara menyeluruh,” katanya.

Pihaknya berharap, melalui gelaran Gotrasawala ini potensi dan gaung seni budaya Jabar bisa diketahui oleh masyarakat dunia internasional sehingga ekonomi kreatif dari budaya di Jawa Barat bisa terangkat dengan sendirinya.

“Selain itu, melalui Gotrasawala diharapkan kesenian tradisional yang ditampilkan mampu mewakili keanekaragaman kesenian tradisional Jawa Barat yang akan mendunia,” katanya. (Antara)

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Gunung Padang Akhirnya Dibahas Pada Forum Internasional
Diubah oleh hadifataya 05-12-2013 06:46
0
4K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan