Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jakjokAvatar border
TS
jakjok
Tidak Sehat Itu Mahal
Makasih gan dah mampir di thread ane..
Spoiler for no repost:


(tidak) SEHAT ITU MAHAL
Spoiler for buka gan:

Hhhmmmm..... Berawal dari keprihatinan orang2 terdekat yang mulai sering sakit, akhirnya saya memutuskan menulis artikel ini. Kebanyakan orang (masyarakat Indonesia) sangat sering menganggap sehat itu mahal, kemudian menyalahkan cuaca. Padahal, yang mahal itu biaya untuk menjadi tidak sehat. Nah, untuk coba memahaminya mari kita bahas dulu tentang mahalnya biaya untuk menjadi tidak sehat. Jika Anda ingin menjadi tidak sehat ada beberapa faktor Anda perlukan dan siap-siap merogoh kocek lebih dalam(MAHAL), diantaranya :

1. DIRIMU ADALAH APA YANG MASUK DALAM MULUTMU
Ya, makanan dan beberapa hal yang disebutkan dibawah ini sangat membuat Anda terlena. Secara tidak sadar Anda rela mengeluarkan uang sangat banyak hanya untuk biaya konsumsi Anda. Padahal makanan itulah yang menggerogoti kesehatan dan keuangan Anda. Apa saja makanan makanan itu :
Junk food

Ini sih sudah tidak diragukaan lagi jelas pasti bakal menggerogoti kesehatan dan kantong anda. Seporsi Junkfood aja kisaran Rp. 15.000 sampai Rp. 75.000an tapi berobat ke klinik Rp. 75.000 sampai Rp. 150.000 langsung ngeluh Sehat itu mahal. Padahal puskesmas cm Rp. 2.500 atau pake KJS GRATIS.

Terlalu Banyak dan Sering Makan Daging


Boleh aja makan daging, tapi jangan terlalu banyak dan sering yaaa... Dampak buruk bagi kesehatan yang ditimbulkan banyak sekali seperti memicu kanker, jantung, kolesterol, pokoknya ngeri dehh..
Soal biayanya hitung aja deh, sepotong daging rendang(contoh karena paling banyak dan mudah didapat) aja sudah Rp. 8.000 sampai Rp. 15.000 daging mentah bisa sampai Rp. 100.000/kg kalau yang steak aduuuhhh jadi pusing deh ngitungnya... hehehe... ^_^

Soft Drink


Siang hari saat panas menyengat begitu segaarrr minum soft drink dingin... hhhhhmmmm..... Hati-hatilah terhadap dampak buruk yang ditimbulkannya karena terlalu tinggi kandungan gulanya. Belum lagi kandungan negatif lain yang begitu mengerikan jika masuk dalam tubuh kita.

Rokok


Wah ini sih bener-bener paling racun nih... Bahasan soal kesehatan sudah sangat banyak, bahkan sampai banyak sekali gambar-gambar mengerikan yang dipublish sebagai dampak buruk yang disebabkan rokok. Kita hitung-hitungan aja deh yaaa... Misalnya sehari seseorang merokok sebanyak 1bungkus (kebanyakan perokok aktif sekitar 1bungkus/hari), 1bungkus = Rp. 12.000/hari x 365hari = Rp. 4.380.000/tahun. Begitu kena TBC aja nangis deehhh... Ngeluh, biaya pengobatan mahal, nyusahin orang, dah gitu nular juga lagi ke orang. Padahal kalau dihitung berapa tahun dia jadi perokok aktif 10tahun(sample random) sudah Rp. 43.800.000 uang yang dia keluarkan buat merokok, bahkan sangat bisa jadi lebih besar lagi.
Ayolah pake akal sehat kita...

2. AKTIFITAS
Bagaimana aktifitas kita jadi bisa berbahaya juga bagi kesehatan dan keuangan kita? Meskipun dampaknya tidak seekstrim bahasan di atas, saya pikir aktifitas ini termasuk juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami gaya hidup sehat. Apa saja aktifitas yang secara tidak sadar bisa mempengaruhi kesehatan kita? Berikut bahasannya

Terlalu bergantung pada kendaraan pribadi

Gaya hidup masa kini dan tuntutan pekerjaan memaksa kita untuk selalu cepat, karenanya jelas terutama masyarakat perkotaan sangat bergantung dan sulit untuk bisa lepas dari kendaraan pribadi. Mau berangkat kerja, sekolah, kuliah, naik motor/mobil. Mau makan siang, bawa motor/mobil. Mau ke warung depan komplek aja naek motor. Dari keluar rumah sampai balik lagi ke rumah seharian bergantung sama kendaraan pribadi. Kapan tubuh kita melakukan aktifitas fisik yang cukup?
Coba benar-benar hitung berapa biaya yang kita keluarkan... pertama ya kita harus memiliki kendaraan tersebut. Motor saja sudah belasan juta, kalau kredit angsuran bulanan, belum lagi untuk operasionalnya untuk Bahan Bakar, Service rutin, Service Besar, Asesoris kendaraan, dll deh. Banyak juga kan biaya yang kita keluarkan?
Jadi terlalu bergantung dengan kendaraan pribadi jelas menggerogoti kesehatan dan keuangan kita...

Begadang dan bangun siang

Begadang ini jelas membuat pengeluaran kita bertambah besar. Lebih banyak menggunakan listrik, seperti lampu, laptop, televisi, radio, dan alat elektronik lainnya. Belum lagi cemilannya seperti kopi, kacang, waaahhhh boroos deh pokoknya...
Penyakit akibat sering begadang seperti : Konsentrasi menurun, Gairah seks menurun, Depresi, mempengaruhi kesehatan kulit, Pelupa, Tubuh lebih melar, bahkan dalam tahap kronis bisa membawa kita pada resiko penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, detak jantung tidak teratur, hypertensi, stroke, diabetes.
(Sumber : http://kesehatan96.blogspot.com/2013...-begadang.html

Ga terasa sudah panjang juga yaaa.... Segitu dulu aja deh ya tentang TIDAK SEHAT ITU JAUH LEBIH MAHAL hehehe... ^_^

Nah sekarang kita bahas tentang SEHAT ITU MURAAAAHHH...
1. DIRIMU ADALAH APA YANG MASUK DALAM MULUTMU
Seperti bahasan diatas, hanya saja kali ini yang membuat kita sehat. Diantaranya :

Puasa

Ya, tidak memasukkan apa-apa ke dalam mulut kita. Berpuasa ini sangat menyehatkan. Puasa sudah tidak asing lagi bagi umat ISLAM, bahkan ada 1bulan yang wajib bagi umat Islam untuk berpuasa. Sudah sangat banyak bahasan secara ilmiah yang membahas tentang kelebihan berpuasa bagi kesehatan. Bahkan selebritas Dedy Corbuzier memasukkan nilai-nilai puasa dalam konsep OCDnya. Jadi jelas puasa ini menyehatkan.

Sayuran dan buah

Banyak sekali manfaat yang didapat dari sayuran dan buah seperti vitamin, serat, melancarkan percernaan, dll. Jika khawatir dengan penggunaan pestisida, Anda bisa menggunakan sayuran dan buah organik atau Anda juga bisa menanam sendiri buah dan sayuran untuk konsumsi sehari-hari. Di perkotaan yang minim lahan jangan khawatir, seperti pepatah bilang "Banyak jalan menuju Mekkah" Anda bisa mencoba urbanfarming dengan berbagai macam teknik seperti Hidroponik, vertikal garden, dll.
Di malam hari, menu utama makan malam Rasulullah adalah sayur- sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi yang sama, yaitu menguatkan daya tahan tubuh dan melindunginya dari serangan penyakit.
Setelah makan malam Rasulullah tidak langsung tidur. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan mudah dicerna. (mengutip dari buku Panduan Diet Ala Rasulullah yang ditulis oleh Indra Kusumah SKL, S.Psi.)

Madu dan Kurma

Rasulullah saw membuka menu sarapannya dengan air dingin yang dicampur dengan madu. Dalam Al Qur'an, madu merupakan syifaa (obat) yang diungkapkan dengan isim nakiroh, menunjukkan arti umum dan menyeluruh. Pada dasarnya madu bisa menjadi obat atas berbagai penyakit. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus, dan menyembuhkan sembelit, wasir, luka bakar, dan peradangan.
Tujuh butir kurma ajwa (matang) menjadi kebiasaan Rasulullah saw menjelang siang. Beliau pernah bersabda, "Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun." Hal ini terbukti ketika seorang wanita Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada sebuah percobaan pembunuhan di perang Khaibar, racun yang tertelan oleh beliau kemudian bisa inetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sementara itu Bisyir ibu al Barra', salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut akhirnya meninggal, tetapi Rasulullah saw selamat dari racun tersebut. Rahasianya adalah tujuh butir kurma yang biasa dikonsumsi Rasulullah saw. (mengutip dari buku Panduan Diet Ala Rasulullah yang ditulis oleh Indra Kusumah SKL, S.Psi.)

2. AKTIFITAS
Menghirup udara segar

Udara segar sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia. Sehari-hari kita bisa mendapatkan udara segar terutama dari pepohonan yang mengeluarkan oksigen. Sedangkan waktu yang paling tepat untuk mendapatkan udara segar adalah pada pagi hari. Sedangkan dalam Islam juga diajarkan untuk menjalankan Qiyamulail dimana waktu yang paling utama adalah pada sepertiga malam yang terakhir (sekitar jam3) yang kemudian dilanjutkan dengan Shalat Subuh. Karena sudah beraktifitas sejak pagi begitu tentu saja kita akan mendapatkan udara segar.. ^_^ Sesekai bagus juga berlibur ke pegunungan atau ke taman kota.

Gemar berjalan kaki

Banyak sekali manfaat dari berjalan kaki, mudah dilakukan dan tidak perlu alat khusus. Selain itu baik untuk kesehatan, seperti mencegah penyakit jantung, mencegah osteoporosis, dll. Masyarakat negara-negara maju di dunia juga sangat gemar berjalan kaki, bahkan Rasulullah SAW juga sangat gemar berjalan kaki. Beliau Rasulullah SAW sehari-hari berjalan kaki menuju masjid, ke pasar, medan jihad, atau juga mengunjungi sahabat padahal kalau mau bisa saja Rasulullah SAW naik kuda atau kendaraan lainnya.

(Bersambung)
Spoiler for sumber:


Sekian dulu gan thread dari ane

Spoiler for Kaskuser baik hati:

jangan di emoticon-Bata (S) ya gan
0
2.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan