fujiharnantoAvatar border
TS
fujiharnanto
Kapolri Sutarman Mulai Naik Mobil Kijang Innova
Jakarta - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Sutarman sudah membuktikan janjinya untuk memarkir mobil dinas mewah “peninggalan” Kapolri Timur Pradopo. Sutarman mulai menggunakan Toyota Kijang Innova sebagai mobil dinasnya saat datang ke Mako Polisi Udara di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (2/12).

“Ayo, mau ikut Mas?,” ajak Sutarman kepada Beritasatu.com sambil tersenyum. Mobil warna hitam yang masih mengilap itu dipasangi nomor dinas Kapolri 1-00 lengkap dengan empat bintang. Mobil Kapolri ini tentu kalah kelas dibanding dengan mobil dinas milik Wakapolri Komjen Oegroseno, yakni Toyota Camry.

Bukankah mobil Kapolri bisa membuat jenderal lain jadi sungkan? Kapolri menjawab,”Enggak usah sungkan-sungkan karena itu sudah dibeli oleh uang negara. Nanti kalau sudah lama dan mobilnya harus diganti, gantinya yang seperti ini (Innova) saja.”

Sedangkan mobil peninggalan Timur, Sutarman melanjutkan, tidak akan dibiarkan menganggur. Rencananya akan digunakan untuk patroli.

“Land Cruiser-nya untuk patroli saja. Nanti (mobil dinas) paling tinggi Innova-lah jangan pakai mobil-mobil yang mewah. Enggak elok [mengendarai mobil mewah] karena masyarakat kita lagi susah. Keteladanan. Yang sudah telanjur ya gunakan saja, karena itu sudah dibeli oleh negara. Begitupun mobil pribadinya, yang wajar-wajar saja. Rakyat lagi susah sekarang,”imbuhnya.

Selama menjabat Kabareskrim, Sutarman juga lebih suka menggunakan Kijang Innova dan memarkir Nissan Teana yang menjadi jatahnya.

Sebelumnya Sutarman juga diketahui "memarkir" enam orang walpri yang selama ini bertugas mendampingi Kapolri saat melakukan perjalanan ataupun berkegiatan di luar markas besar.

Saat itu Sutarman beralasan tidak ingin iring-iringan Kapolri mengganggu masyarakat. Walpri dapat ditugaskan untuk melayani masyarakat, dan efisiensi serta efektivitas kerja karena Polri selama ini kekurangan personel untuk melayani masyarakat.

Selama ini, dalam prosedur perjalanan dan kegiatan di Jakarta dan sekitarnya, Kapolri berhak menggunakan mobil dinas resmi. Di dalam mobil itu dia didampingi seorang sopir, ajudan, dan kadang sekretaris pribadi.

Di depan mobil itu biasanya terdapat pengawal pembuka jalan dengan motor (voorrijder). Lalu di belakang mobil dinas Kapolri -Toyota Camry atau Toyota Land Cruiser- terdapat sebuah mobil Nissan Terrano yang ditumpangi walpri.

http://m.beritasatu.com/hukum/153084...ng-innova.html

______________________________

Alasan Kapolri Gunakan Mobil Kijang Innova


Jakarta - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Sutarman tak henti membuat kebijakan populer. Setelah tidak mau memakai jasa pengawal pribadi (walpri), pengganti Jenderal Timur Pradopo itu juga akan memarkir mobil dinas mewah yang merupakan “peninggalan” Timur.

“Anggaran kita kan selalu dibilang kurang, sehingga anggaran-anggaran yang diperuntukkan untuk kendaran bisa kita alihkan ke operasional di lapangan. Kijang (Innova) yang paling murah, bulan depan akan mulai pakai,” kata Sutarman di Mabes Polri Jumat (29/11).

Selama menjabat Kabareskrim, mantan Kapolda Metro Jaya itu juga lebih suka menggunakan Kijang Innova dan memarkir Nissan Teana yang menjadi jatahnya.

Namun kebijakan Kapolri ini malah mendapatkan pertanyaan dari beberapa jenderal lain di lingkungan Polri. “Lah kalau kita pakai lebih bagus dari Kapolri, kita merasa rikuh, tapi kalau beli lagi apa tidak malah menambah anggaran? Sementara mobil dinas (Nissan Teana) yang sekarang ada masih layak,” tanya beberapa jenderal yang ditemui secara terpisah namun meminta tak disebutkan namanya.

Saat ditanyakan hal ini, Sutarman menjawab, ”Yang masih bisa dipakai ya jangan diganti. Kalau nanti sudah rusak baru diganti.”

Sebelumnya Sutarman diketahui 'memarkir' enam orang walpri yang selama ini bertugas mendampingi Kapolri tatkala melakukan perjalanan ataupun berkegiatan di luar markas besar.

Saat itu Sutarman beralasan iring-iringan Kapolri jangan mengganggu masyarakat. Walpri dapat ditugaskan untuk melayani masyarakat, dan efisiensi serta efektifitas kerja karena Polri selama ini kekurangan personel untuk melayani masyarakat.

Selama ini, dalam prosedur perjalanan dan kegiatan Kapolri di Jakarta dan sekitarnya, maka seorang Kapolri berhak menggunakan mobil dinas resmi. Di dalam mobil itu dia didampingi seorang sopir, ajudan, dan kadang sekretaris pribadi.

Di depan mobil itu biasanya terdapat pengawal pembuka jalan dengan motor (voorijder). Lalu di belakang mobil dinas Kapolri - Toyota Camry atau Toyota Land Cruiser - terdapat sebuah mobil Nissan Terano yang ditumpangi walpri.



sumber;http://m.beritasatu.com/nasional/152781-alasan-kapolri-gunakan-mobil-kijang-innova.html



__________________________
salut. patut dicontoh pejabat lain yang minim prestasi tapi sarat fasilitas,,,wakapolrinya juga tuh emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan