creatipAvatar border
TS
creatip
[Artikel]Foto bagus? Ahhhh....asal punya gear bagus pasti fotonya bagus....
Permisi, insomnia attack, jadi kepikiran bikin thread baru....emoticon-Smilie

Artikel ini sebenarnya sudah terpikir lama, tapi baru bisa ditulis/realisasi sekarang.

Berasal dari pengalaman pribadi diskusi dengan beberapa orang, dan juga diskusi dengan beberapa rekan fotografer. Beberapa kali saya dan rekan2 fotografer bertemu dengan beberapa orang yang beranggapan bahwa 'Untuk dapat foto bagus, yang penting punya gear bagus. Asal punya gear bagus, otomatis hasil fotonya bakal bagus....'

Saya pribadi berpendapat, tidak salah juga kalau dibilang kualitas gear mendukung kualitas hasil foto (secara teknis ya, bukan sisi art nya), tetapi itu hanya 40%-50% nya saja. Apakah pendapat pribadi saya benar, ataukah salah?

Kebetulan hari ini habis motret model di studio, dan iseng2 sekalian minta tolong modelnya untuk merealisasikan artikel ini:


Modelnya saya pinjamkan kamera yang biasa saya pakai. Saya motretnya pakai kamera dan lensa cadangan


Modelnya saya minta memotret produk berupa jam tangan.

Posisinya disini adalah si model sebagai pemula di bidang fotografi, dibandingkan dengan saya yang sedikit lebih tahu tentang fotografi, dibanding modelnya.

Logika 'eksperimen' saya: kalau memang benar anggapan awal bahwa 'asal gear bagus, sudah pasti hasil fotonya bagus', maka hasil foto si model juga pasti akan sama atau beti (beda tipis) dengan hasil saya.



Hasil foto si model.

Setting: full auto (kotak hijau)
Flash: 580EXII ETTL

Dengan posisi sebagai 'pemula', maka setting di atas adalah setting yang paling besar kemungkinan dipakai.


Hasil foto saya

Setting: manual
Flash: studio strobe

Karena sedikit lebih tahu tentang fotografi dibanding si model, maka saya menggunakan settingan manual, dengan lampu studio/studio strobe

* kamera, lensa, dan produk yang digunakan di kedua contoh foto di atas adalah sama persis. Bahkan tempat meletakkan produknya pun sama (meja akrilik). Yang berbeda hanya flashnya saja.
* kedua foto di atas tidak diedit macam2. Dari camera raw, semua setting flat/default, masuk photoshop untuk resize + kasih signature saja.
* saya tidak bilang hasil foto saya 'luar biasa bagus', banyak yang hasil fotonya lebih bagus dari saya pastinya. Saya hanya ingin memperlihatkan perbedaannya saja.
* Si model posisinya pemula kalau di belakang kamera/lensa. Kalau di depan lensa, ya jelas saya kalah jauh dibanding si model....emoticon-Big Grin

Mungkin ada teman2 yang protes, 'Curang dong, yang satu pakai flash on-shoe, yang satu lagi pakai flash studio/studio strobe....'

Percaya deh, anda tidak akan mau memakai mode 'full-auto' ditambah dengan flash studio/studio strobe.....emoticon-Big Grin

Artikel ini tentu tidak berarti apa2 bagi rekan2 fotografer disini. Tujuan artikel ini hanya sebagai referensi bagi para pemula, khususnya yang beranggapan 'asal gear bagus, otomatis hasil fotonya bagus'. Jadi sekalian sebagai sumber referensi saja, mungkin bagi rekan2 yang menemui tipe orang seperti itu, dan ingin memberikan contoh referensinya.

Semoga sedikit berguna....emoticon-Smilie
Diubah oleh creatip 23-11-2013 23:38
0
16.5K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan