rare99Avatar border
TS
rare99
Foto dipakai tanpa izin Di Buku Orang, what should I do??
Mau nanya ni agan-agan sekalian, mohon bantuannya ya,

Beberapa hari yang lalu saya ke gramedia liat-liat buku, ternyata ada satu buku yang setelah saya buka memuat 2 foto saya yang saya upload di Flickr, yaitu foto pendopo sasana sewaka keraton surakarta, tanpa izin dari saya dan tanpa ada tulisan kredit foto itu milik siapa.

Nah, saya kemudian telepon penerbitnya, tapi kemudian saya disambungkan dengan Bapak X yang katanya semacam supervisi penerbitnya atau apalah saya kurang paham. Menurut beliau penerbit hanya menerima naskah dan foto dari penulis. Beliau menanyakan
1. bagaimana cara membuktikan foto itu asli punya saya,karena itu ada di tempat umum (keraton)
2. kalau memang itu foto asli saya, yang saya minta apa.

Saya jawab:
1. saya masih punya file aslinya, akun flickr saya pun masih aktif,dan saya setting tiap foto di akun flickr saya "all rights reserved" telrihat jelas di halaman foto, yang kalau menurut ketentuan di flickr, hanya boleh dipakai atas izin fotografernya, cmiiw. Saya jawab kalaupun kebetulan ada 2 orang memfoto dari 2 angle yang sama pasti ada bedanya (bener kan ya ?)Tapi bapaknya masih belum puas dengan jawaban itu.
2. saya jawab minta kompensasi karena tidak mencantumkan kredit foto itu punya siapa, tidak meminta izin, dan menggunakannya untuk tujuan komersial.

Bapaknya kemudian meminta saya memikirkan bagaimana cara membuktikan foto itu punya saya, dan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, serta meminta saya mengajukan surat tertulis kepada bapaknya dengan alamat penerbit.

Nah, berhubung saya ini awam banget masalah fotografi, apalagi yang menyangkut hak cipta seperti ini, saya mau bantuan agan-agan, sebenarnya apa yang harus saya lakukan tepatnya? Isi suratnya seperti apa (apakah harus meminta penulis meminta maaf secara terbuka di media massa, dst), apakah saya berhak dapat kompensasi/honor/royalty dan kalau iya, berapa dan bagaiamana perhitungannya?

makasih banyak ya agan-agan sekalian emoticon-Smilie

tata604
tata604 memberi reputasi
1
5.2K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan