ozombieAvatar border
TS
ozombie
[Demi Parasit Rupanya] Pengerukan Waduk Pluit Dihentikan Demi Keselamatan "Warga"
Pengerukan Waduk Pluit dihentikan demi keselamatan warga
Reporter : Fikri Faqih | Senin, 18 November 2013 14:31


Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghentikan pengerukan Waduk Pluit, Jakarta Utara, demi keselamatan warga. Sebab masih banyak warga menetap di sana, dan tidak mau direlokasi dari tempat itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan penghentian pengerukan sudah sesuai dengan kontrak. Sebab rumah susun untuk relokasi belum siap.

"Bukan dihentikan itu. Cuman kerja 20 persen. Mereka pengerjaannya dan pembayarannya sesuai per buangan kubik. Kalau kontraknya udah selesai, ya udah kelar. Karena kita kontraknya cuman 20 miliar aja," ujarnya di Balaikota, Senin (18/11).

Ahok menambahkan, tidak berani melanjutkan pengerukan lebih dalam karena khawatir rumah di sebelah kanan waduk rubuh. Oleh karena itu Pemprov DKI Jakarta sedang menyiapkan rusun.

"Karena memang kita tidak bisa meneruskan. Kalau mau terusin lagi bisa runtuh rumah. Kalau memang mau dilanjutin saya bisa datangkan kapal isep kok," terangnya.

Mengenai sampai kapan dihentikan, Ahok mengatakan, menunggu keputusan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta. "Kalau DPRD gak setuju nanti kita tunggu sampai April 2014," ujarnya.

http://www.merdeka.com/jakarta/penge...tan-warga.html


Ahok Ungkap Alasan Berhentinya Pengerukan Waduk Pluit
Oleh Andi Muttya Keteng
Posted: 18/11/2013 13:51


Liputan6.com, Jakarta : Proses pengerukan di Waduk Pluit, Jakarta Utara, ternyata telah berhenti sejak 9 November 2013 lalu. Padahal puncak musim penghujan diprediksi terjadi Desember hingga Januari mendatang. Mengapa?

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membantah terhentinya pengerukan karena masalah anggaran. Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, awalnya memang perjanjian kontrak untuk pengerukan hanya 20 persen area waduk atau tidak seluruhnya.

"Bukan dihentikan itu. Cuma kerja 20 persen. Kita sengaja bikin kontrak seperti itu. Pengerjaan dan pembayarannya sesuai pembuangan air per kubik. Kalau kontraknya udah selesai, ya sudah kelar. Karena kita kontraknya cuma Rp 20 miliar saja," jelasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (18/11/2013).

Ahok lalu mengungkapkan, pengerukan yang hanya 20 persen karena masih terdapat pemukiman warga di bantaran waduk. Sebab, jika ingin dikeruk seluruhnya, maka seluruh bantaran harus bersih dari rumah-rumah. Sedangkan, rumah susun untuk relokasi warga belum mencukupi.

Selain itu, menurut mantan Bupati Belitung Timur tersebut, Pemprov DKI tidak dapat meneruskan pengerukan. Apabila diteruskan, maka bisa saja bantaran waduk tergerus, sementara di sana masih banyak rumah warga.

"Kalau kita sikat, bisa matilah mereka. Kita tidak berani keruk lebih dalam, takut robohin rumah yang ada di sebelah kanan waduk. Soalnya rumah susun di sana belum siap. Mereka inginnya tinggal di dekat situ kan," kata Ahok.

Ia mengatakan, pengerukan Waduk Pluit ditunda hingga tahun depan. Selain menunggu pembangunan rusun selesai untuk relokasi warga yang masih di bantaran waduk, juga menunggu APBD 2014 untuk penambahan anggaran pengerukan.

"Ditunda sampai tahun depan. Kalau enggak ada anggaran tahun depan, kita bisa kerja sama dengan swasta. Bukan masalah keruknya sih sebenarnya. Banyak perusahaan swasta yang minta tender keruknya. Cuma masalahnya itu mindahin orang yang masih tinggal di situ," papar Ahok.

Maka, lanjutnya, Pemprov DKI tengah mempercepat pembangunan rusun-rusun untuk tempat hunian baru bagi warga yang direlokasi dari waduk. Salah satunya, pengerjaan 16 blok rusun di Daan Mogot di dekat Muara Baru.

"Kalau mereka masih cari alasan, sudah saya enggak tahu lagi deh," tukas Ahok. (Mut/Sss)

http://news.liputan6.com/read/749141...an-waduk-pluit


Daripada nanti para parasit yg nginap di kantornya Komnas HAM bertambah. emoticon-Big Grin
0
4.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan