jackShakeAvatar border
TS
jackShake
tips membeli smartphone lengkap dgn solusinya (tips for dummy)
WELLCOME TO MY THREAD


بسم الله الرحمن الرحيم


Halo gan..
Iseng – iseng ah bikin thread. Mungkin thread nya basi ya emoticon-Malu (S), ngbahas tips tentang hardware dan informasi lengkap tentang smartphone. Tapi ane bakal ulas lengkap disini untuk agan –agan yang mau beli smartphone. So.. bagi yang udah ngerti mungkin di koreksi bila ada yang salah. Dan yang belum ngerti mudah – mudahan bermanfaat dan bisa dijadikan referensi agan pada saat mau beli smartphone tipe ini. So.. here we go.
Sebelum membeli smartphone tipe ini mungkin sebaiknya kita perlu memperhatikan spesifikasi dari perangkat nya. Hape jaman sekarang udah kaya komputer gan. Procie, ram, storage, display dll. Di karenakan akan sangat berpengaruh pada kepuasaan si pemakai dan dukungan software di kemudian hari. Sebelum mengahmburkan uang dengan cara gonta ganti hape karena ga puas atau kurang informasi mending simak ulasan lengkap tipe hardware smartphone di bawah ini sekaligus sbgai panduan agan2 yang mau beli smartphone baru.
Hal – hal yang mesti diperhatiin :


Display
Ini adalah komponen utama smartphone, display mewakili kenyamanan pada saat menampilkan suatu konten atau gambar. Kebayangkan spek uda dewa misal core i7 + RAM 16GB + VGA spek ultra tapi layarnya Cuma monitor 14 inch nyembung emoticon-Hammer2berikut adalah tipe display yang banyak di pasaran :

Spoiler for HVGA:


Spoiler for WVGA:


Spoiler for HD:


Spoiler for Solusi Display:


Processor
Komponen utama dalam smartphone. hampir semua produsen memakai basis procesor dari ARM, ARM adalah arsitektur procie kalo di dektop mah x86. ya mirip2 gitulah. Bedanya implementasi ARM dikhusukan untuk mobile. Berikut tipe processor yang umum beredar di pasaran

Spoiler for ARM v5:

Spoiler for ARM v6:

Spoiler for ARM v7:

Spoiler for ARM v8:


Fitur

ARM mengembangkan fitur procie yang sagat berpengaruh pada kinerja, berikut beberapa fitur yang agan musti tau. emoticon-Bingung (S)

Spoiler for Cotex A5:

Spoiler for Cortex A7:


Spoiler for Cortex A9:

Spoiler for Cortex A15:


Spoiler for Solusi CPU:


GPU
Merupakan komponen dalam pemrosesan dalam pemgolahan citra, biasany built up dengan CPU. Kayak di PC VGA semakin oke ya semakin ga lag maen Game atau muter film HD.

Spoiler for Solusi GPU:


Jaringan telephone
Jaringan dengan technology GSM 3G HSDPA atau CDMA EVDO Rev-B, akan sangat membantu agan dalam berselancar di dunia maya. Koneksi akan tersa cepat kalo sinyal dapet HSDPA atau EVDO, dan tentunya di dukung oleh layanan operator lokal.

Spoiler for Solusi jaringan:


RAM
Persis seperti di PC semakin gede semakin ga lag. Tapi perhatikan gan banyak hape yang ga jelas nyantumin ga seseuai sama aslinya. Jangan percaya yang di dus. Mending langsung pake program di app store aja buat liat nya. Kayak CPU identifier, Antutu atau CPU –Z. lebih fairplay gan.

Spoiler for Solusi RAM:


Internal storeage
Kayak harddisk kalo di PC ada yang kecil atau yang besar. Disini banyak yang nyantumin misal 4Gb kalo yang oon langsung percaya aja 4Gb. Padahal aslinya 4000 : 8 = 500MB, mentok2 sisa yang bisa agan pake paling 100MB, perhatikan huruf nya gan kalo Gb berarti Gigabit, kalo GB nah itu asli gigabyte alias GB asli, biasnya space agak lega 1GB keatas buat install aplikasi.

Spoiler for Solusi Internal storeage:


Batere
Sebelum menetukan membeli hape, sebaiknya agan cari info dulu tentang tipe batere soalnya banyak tipe hape yang betere nya langka di pasaran. Jadi kalo rusak repot dah. Minimal ada persamaan batere nya yang KW. Sukur2 ada yang double power.

Spoiler for Solusi batere:


Material body
Untuk material body perlu diperhatiin juga, ngga mau kan sekali jatoh hapenya langsung somplak. Jadi pinter deh milihnya. Ada metrial plastik glossy yang licin (biasnya plastik ga solid), atau material logam (berat tapi awet)

Spoiler for Solusi Casing:


Screen protector
Ada banyak pelindung layar bawaan (bukan screen guard ya). Mulai dari hard glass, anti scretch. asahi glass sampai dengan corning gorilla glass. Fungsinya sebagai pelindung kaca bawaan layar tanpa screen guard.

Spoiler for Solusi Scren Protector:


Terakhir dukungan OS
Biasanya tergantung dari library procie gan misal qualcomm bisa pake beragai Custom ROM bisa pake cyanogen mod yang terkenal itu. Jadi custom rom nya banyak banget. Beda sama nediatek katanya souce code nya ga dikasih jadi developer suka mentok kalo berexperimen dengan tipe procie yang satu ini.


Nah segitu dulu mungkin ada agan yang berbaik hati mau menambahkan supaya bisa dijadiin pegangan agan2 yang mau beli hape (jaman sekarang banyak yang nepu kalo beli hp.. kek beli komputer jaman dulu ada speknya)

ato yang mau share juga tentang pengalaman device pribadi masing - masing. monggooo..
TS mengharap emoticon-Blue Guy Cendol (L)Bukan emoticon-Blue Guy Bata (L)


Diubah oleh jackShake 09-11-2013 16:13
0
3.5K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan