Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hulkshareAvatar border
TS
hulkshare
Ilmuwan Australia Temukan Fosil Platipus Raksasa
Selasa, 5 November 2013 | 18:37 WIB


Platipus purba diperkirakan berukuran dua kali lebih besar dari platipus saat ini. | BBC


MELBOURNE, KOMPAS.com- Para ilmuwan menemukan sebagian dari fosil platipus raksasa, hewan semiakuatik, di Queensland, Australia.
Para peneliti menyebut binatang raksasa ini sebagai "platypus-zilla" dan diperkirakan panjang lebih dari satu meter. Platipus termasuk spesies bebek yang banyak ditemukan di Australia timur.

Dalan jurnal Verebrate Paleontology, para peneliti mengatakan binatang ini hidup antara lima sampai 15 juta tahun lalu. Temuan itu menunjukkan evolusi platipus yang ada saat ini lebih rumit dari yang diperkirakan.

"Temuan ini menunjukkan ada cabang dalam turunan platypus yang tidak kami perkirakan sebelumnya," kata Profesor Mike Archer, dari Universitas New South Wales

Berdasarkan ukurannya, para peneliti menduga spesies yang ditemukan ini (Obdurodon tharalkooschild) paling tidak dua kali lebih besar dibandingkan platipus yang ada saat ini.

Dari gigi dan fosil lain yang ditemukan menunjukkan hewan ini memangsa kodok, ikan, dan penyu.

Kawasan tempat penemuan bagian dari fosil platipus ini adalah gurun namun jutaan tahun lalu diperkirakan tempat tandus ini masih berupa hutan. Para peneliti memperkirakan binatang ini banyak berkeliaran di seputar danau air tawar.

Profesor Archer mengatakan dengan hanya satu gigi, sulit untuk menentukan bagaimana bentuk spesies ini sesungguhnya. Tetapi berdasarkan bentuk fosil lain, kemungkinan bentuknya sama dengan platipus yang ada saat ini, mirip bebek namun berbisa.

Para peneliti akan mencari fosil platypus lain di kawasan yang sama untuk mencari tahu lebih banyak tentang binatang yang hanya ditemukan di Australia ini.

Sumber : BBC Indonesia

Buka lapak cangcimeng dulu buat debat evolusionis vs kreasionis emoticon-Onigiri emoticon-linux2

Katanya orang yg percaya dulu Adam setinggi 30 meter itu orang yg tuolol emoticon-Mad (S)


emoticon-Malu (S)


Klo atheis vs theis bukan SARA kan mod? emoticon-Peace
0
1.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan