Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fajar_zexxAvatar border
TS
fajar_zexx
[VGA CARD] MSI Radeon HD7730 1GB GDDR5


MSI selaku produsen mainboard dan Kartu grafis terkemuka telah meluncurkan kartu grafis MSI Radeon HD7730 1GB GDDR5. Kartu grafis ini merupakan varian kartu grafis dengan chip GPU arsitektur GCN dari AMD untuk segmen gamer dengan budjet terbatas (entry level). HD7730 dijual pada harga kisaran dibawah 1 juta rupiah untuk pasar Indonesia.

Pada Radeon HD7730 besutan dari MSI ini menggunakan memori GDDR5 berkapasitas 1GB, tentunya kartu grafis ini lebih bertenaga daripada kartu grafis HD7730 dengan memori DDR3. Walaupun terlihat harganya yang terbilang murah, namun dengan berbekal fitur-fitur dari arsitektur GCN yang terdapat kartu grafis Radeon HD7700 Series mampu membuat kartu grafis ini patut diwaspadai peformanya.

SPESIFIKASI & FITUR
MSI Radeon HD7730 menggunakan chip GPU dengan codename “Cape Verde LE” yang merupakan chip GPU yang identik dengan Radeon HD7750 (Cape Verde Pro), namun chip GPU yang digunakan pada HD7730 ini mengalami pengurangan jumlah Compute Units menjadi 6 CU dibandingkan dengan HD7750 yang memiliki 14 CU. Dan juga mengalami pengurangan jumlah Stream Processor menjadi 384.

Kecepatan GPU clock dan Memory clock tidak mengalami perbedaan dengan HD7750 yaitu 800Mhz untuk GPU Clock dan 4500Mhz (1125Mhz) untuk Memory Clock. Nilai TDP kartu grafis ini terbilang kecil, hanya kisaran 47W, sehingga kartu grafis ini tidak perlu menggunakan konektor power tambahan.

Spesifikasi detail :
Spoiler for Specification:


Dengan menggunakan chip GPU berasitektur GCN, tentunya kartu grafis ini memiliki beberapa fitur yang merupakan bawaan dari arsitektur tersebut.
Spoiler for Feature:


KEMASAN

Spoiler for more:

MSI menggunakan tampilan kemasan klasik dengan warna dominan biru dan putih pada Radeon HD7730 ini. Ukuran kemasan tersebut terbilang cukup kecil, mengingat dimensi kartu grafis MSI Radeon HD7730 yang juga tidak terlalu besar. Dibagian belakang kemasan terdapat informasi spesifikasi dan fitur-fitur pada kartu grafis ini.

Isi dari paket penjualan terdiri dari :
  • 1x Quick User’s Guide
  • 1x DVD Driver
  • 1x Conventer D-SUB to DVI


MSI RADEON HD7730 1GB GDDR5

Spoiler for more:

Inilah tampilan kartu grafis MSI Radeon HD7730 yang tampil sederhana bertema klasik. Pada bagian depan kartu grafis ini tertutupi oleh cover heatsink berwarna hitam dan biru, dan pada bagian PCB menggunakan warna hitam


Spoiler for more:


Spoiler for more:

Chip GPU Cape Verde LE didinginkan dengan sebuah heatsink aluminium yang berbentuk lingkaran dengan sirip-sirip dipinggirnya, serta sebuah kipas kecil berukuran 80mm dengan disain Propeller Blade Technology. Disain kipas ini diklaim oleh MSI memiliki airflow lebih tinggi 20% daripada model kipas tradisional.

Hasil pengujian kemampuan hsf pendingin pada MSI Radeon HD7730 1GB GDDR5 :

  • Idle : 38 C (37%)
  • Full Load : 62 C (52%)

HSF & Kipas pendingin pada MSI Radeon HD7730 ini terbilang cukup baik, mampu menahan suhu dibawah 65 C pada saat full load. Pada keadaan full load kecepatan kipas hanya berkisar pada 52% namun kipas tidak menimbulkan suara bising saat berputar.

MSI Radeon HD7730 telah mengadopsi interface PCI-E Gen3 yang memiliki bandwith sekitar 16GBps. Untuk konektor output, kartu grafis ini menyediakan :
  • Dual-link DVI-I x 1
  • DisplayPort x 1 (version 1.2)
  • HDMI x 1 (version 1.4a)


PENGUJIAN (BENCHMARKING)

Untuk melakukan pengujian terhadap kartu grafis MSI Radeon HD7730, penulis menggunakan konfigurasi sistem komputer seperti berikut ini :
  • Processor Intel Core i7-4770K @4.0 Ghz
  • Motherboard MSI Z87-GD65 Gaming
  • Memory GSKILL Ares 2133 C9
  • HDD Hitachi 500GB
  • Power Supply Cooler Master Silent Pro Hybrid 850W
  • Monitor LED ASUS VS197 (Resolusi 1366x768)
  • Operating System Windows 7 x64


Berikut ini adalah daftar program/game yang digunakan :
  • 3DMark Vantage
  • 3DMark 11
  • 3DMark (FIrestrike, Cloud Gate & Ice Strom)
  • Metro Last Light
  • DiRT3
  • Lost Planet 2
  • Tomb Raider
  • BattleField 3
  • F1 2013

Metode pengujian yang kami gunakan menggunakan dua konfigurasi yang berbedap pada kartu grafis MSI Radeon HD7730 ini. Penulis melakukan overclocking untuk meningkatkan kemampuan kartu grafis tersebut, overclocking yang dilakukan masih dalam batas aman dan tanpa menaikan nilai “Power Limit” pada MSI Afterburner (Tool Overclocking dari MSI) .Konfigurasi yang penulis gunakan :

  1. Default. GPU Clock 800Mhz & Memory Clock 1125 Mhz (Efektif 4500Mhz)
  2. Overclock (OC). GPU Clock 900Mhz & Memory Clock 1250 Mhz (efektif 5000 Mhz)


BENCHMARK RESULT

3DMARK Vantage​​


3DMark 11


3DMark Firestrike


3DMark Cloud Gate


3DMark Ice Strom


Pada benchmark sintetik diatas, kenaikan GPU Clock dan Memori Clock memberi ekstra peforma sekitar >5%. Tentunya hal tersebut bisa saja berbeda pada pengujian berbasis game dibawah ini.

Metro Last Light

Metro Last Light merupakan salah satu game terberat yang hadir ditahun 2013 ini. Terlihat dari hasil diatas, framerate yang didapat masih rendah dibawah 30 fps, namun dengan sedikit mematikan fitur Tesselation menjadi off bisa mendongkrak jumlah fps menjadi lebih dari 40 fps.

DiRT3

Game bertema balapan ini masih sanggup dihadapi dengan kualitas grafik Ultra High.

LOST PLANET 2

Kartu grafis MSI Radeon HD7730 terlihat kewalahan menghadapi game berbasis DirectX11 ini, namun dengan sedikit menurunkan kualitas grafik, anda dapat mendapatkan ekstra framerate yang terlihat lebih nyaman.

TOMB RAIDER


Game yang popular dengan fitur TressFX ini mampu dijalankan dengan nyaman pada kualitas grafik “High”.

BattleField 3

Cukup mengejutkan, dengan sedikit overclock pada kartu grafis ini, mampu mencapai framerate rata-rata diatas 30fps pada kualitas grafik ultra.

F1 2013

Dengan kondisi teroverclock mendapatkan ekstra peforma 30% pada game balapan F1 ini.

KESIMPULAN
Melihat hasil pengujian dari kartu grafis berharga dibawah 1juta rupiah ini, MSI Radeon HD7730 1GB GDDR5 mampu berlari kencang pada levelnya. Dengan selisih harga berkisar 300 ribuan dengan Radeon HD7750, kartu grafis ini merupakan pilihan yang menarik untuk gamer dengan budjet terbatas. Dengan penggunaan memori GDDR5 membuat kartu grafis dari MSI ini berlari lebih kencang dari versi DDR3.

Dari pengujian sebelumnya, kartu grafis ini hampir seluruhnya dapat menjalankan game-game terbaru, namun tentunya dengan sedikit penyesuaian kualitas. Setting dengan kualitas grafik “Medium” atau “High” dan penggunaan monitor resolusi 1366x768 merupakan pengaturan game yang pas untuk kartu grafis MSI Radeon HD7730 ini. Namun ada beberapa game yang mampu dijalankan dengan kartu grafis ini pada setting “Ultra” seperti DiRT3 dan F1 2013.

Berbekal hsf alumunium dan kipas yang menggunakan Propeller Blade mampu mendinginkan GPU Cape Verde LE ini dengan baik, bahkan tidak menimbulkan suara bising pada saat full-load. Kemampuan overclocking pada kartu grafis ini juga terasa cukup baik. MSI menggunakan Solid Capasitor pada kartu grafis ini merupakan nilai tambah untuk menjaga kestabilan dan kualitas yang terbaik.

Keunggulan lain pada MSI Radeon HD7730 ini tidak menggunakan konektor power tambahan, sehingga untuk pengoperasiannya cukup menggunakan power supply dengan kapasitas 400Watt. Terlepas dari bentuk dan kemasan yang minimalis, MSI Radeon HD7730 1GB GDDR5 merupakan kartu grafis yang memiliki kemampuan terbaik pada kelas entry level.

Kelebihan :
  • Harga terjangkau
  • Tidak membutuhkan power tambahan
  • Kemampuan overclocking cukup baik


Kekurangan :
  • Kemasan dan konten penjualan yang minimalis


Review Selengkapnya : Review MSI Radeon HD7730 1GB GDDR5

Thanks udah nyimak gan.
0
6.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan