debajuAvatar border
TS
debaju
Buruh Tidak Bersalah, Pengusahalah yang Harusnya Tau Diri
emoticon-Maaf Agan


Beberapa hari ini ane perhatiin banyak sekali yang menghujat buruh. Ane cuman mau bilang, mohon dimengerti untuk buruh2 pabrik minta kenaikan gaji ane bilang masih wajar, kenapa? karena di jakarta ini biaya hidup sudah sangat tinggi, agan kerja gaji 2,4 jt di jakarta bisa dapat apa? kapan bisa beli rumah? kapan bisa beli kendaraan? kapan bisa kimpoi? kapan bisa makan enak? kapan bisa sekolahin anaknya tinggi2 supaya gak jadi kayak bapaknya yg cuman buruh??

Pabrik2 kalo mau mempekerjakan buruh murah silahkan diluar jakarta saja biar pembangunan merata, krna dijakarta sudah tidak mungkin lagi orang bisa hidup layak dengan gaji segitu. Jual tuh pabrik, di Jakarta kan harga tanah lebih tinggi, pengusaha bisa bikin pabrik berapa biji di daerah dengan ngejual pabriknya di jakarta, tenaga kerja dapat lebih murah.. simple kan.. tinggal pengusahanya mau apa gak? pemerintah juga perbaikin donk infrastruktur di daerah untuk ngebantu pengusaha.. ntar juga kalo pabrik2 pada pindah buruhnya juga pada ngikut.. kalo udah begini kan gak ada lagi inflasi dan harga kebutuhan pokok naik gara2 gaji buruh naik. Jakarta sudah seharusnya jadi kota padat karya seperti yang direncanakan Jokowi.

Cobalah kita berpikir panjang dan sistematis, katanya lebih berpendidikan daripada buruh?? Percuma berpendidikan tapi mental receh.. Jangan buru2 dukung pengusaha dan bilang buruh gak tau diri. Yang gak tau diri itu pengusaha! kalo mau cost produksi murah ya jangan dijakarta, disini semuanya udah mahal bung, emang buruh2 itu budak apa ya?

Apalagi pengusaha bikin propaganda menjelek2an buruh. dibilang buruh minta naek gaji karena mau nyicil motor ninja, wkwkkww.. nyicil apaan gaji cuman 2 juta emang bisa nyicil??.. mau gak makan tuh buruh sekeluarga?? Jangan percaya begitu aja propaganda dari pengusaha2 licik..

Intinya adalah, pabrik dipindahkan ke daerah, buruh akan ikut ke daerah. Jika bertahan di Jakarta pengusaha maupun buruh tidak akan ada titik temu. Biaya hidup di daerah lebih rendah jadi buruh gak bisa semena2 jg minta naik gaji. Lingkaran setan juga gak akan terjadi karena pabrik gak perlu menaikkan harga jualannya karena cost produksi gak ikut naik. Makanya jangan hanya salahkan buruh, pengusaha juga ikut bertanggung jawab untuk mencarikan solusi yang terbaik karena pengusaha secara level pendidikan bisa dibilang lebih pintar dari buruh..

FYI, ane sendiri adalah karyawan swasta dan bukan buruh pabrik tapi ane ikut prihatin dengan kondisi sekarang ini. Ane hanya menyuarakan apa yang ada didalam benak dan hati ane, dan ingin adanya perubahan di negri yang ane cintai ini..

Spoiler for TAHUKAH ANDA?:


Diubah oleh debaju 03-11-2013 05:54
0
13.3K
266
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan