24072013Avatar border
TS
24072013
desa melung desa yg warga nya melek tekhnologi. sebuah desa inspirasi
Apa yang terjadi jika para petani di Desa, begitu fasih memanfaatkan teknologi? sebuah desa yang terletak di kaki Gunung Slamet, Jawa Tengah. Disana ada sebuah Desa yang para petaninya begitu fasih menggunakan internet, komputer dan telepon pintar. Bagaimana kecanggihan dan kemajuan teknologi telah membuat kehidupan petani berubah, tanpa harus mengemis uluran tangan pemerintah?



Desa Internet , ya itulah sebutan untuk Desa Melung yang berada di kaki Gunung Slamet Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Banyumas. Kenapa disebut desa internet ? Memang hampir seluruh kawasan/ wilayah di Desa Melung terakomodir oleh akses internet.

Untuk menjadi seperti sekarang ini, bukan merupakan pekerjaan yang mudah? Tetapi berkat perjuangan dari Pemerintah Desa Melung dan warganya, yang ingin mengenalkan desa nya untuk mendapat perhatian dari dunia luar serta keinginan untuk membangun desa dan mengenal kemajuan teknologi informasi, akhirnya keinginan tersebut tercapai.

Pemerintah desa tersebut, belum lama ini juga mendapat bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi berupa berupa 10 unit komputer terbaru, dan berabagai sarana teknologi informasi lain, sehingga desa tersebut memiliki laboratorium komputer.

Dengan bantuan ini, Desa Melung bisa menjadi percontohan pangkalan akses komunitas dengan tujuan agar seluruh Indonesia bisa terhubung melalui jaringan internet dan telepon.

Dengan adanya internet desa, maka seluruh potensi desa bisa lebih dikenal oleh orang lain di seluruh di Dunia. Contohnya, desa-desa di lereng Gunung Slamet Kabupaten Banyumas, selama ini dikenal memiliki potensi perikanan, khususnya ikan gurame. Dengan adanya internet, petani gurameh akan lebih mudah memasarkan hasil pertaniannya itu.

Desa Melung sendiri, sebelumnya memang sudah banyak dikenal desa internet. Selain telah memiliki domain web dengan alamat melung.desa.id, hampir seluruh kawasan desa sudah terakses internet hotspot. Dengan demikian, seluruh warga desa yang memiliki smartphone, laptop atau komputer, bisa mengakses komputer melalui beberapa titik hotspot yang tersebar di beberapa lokasi.

Kepala Desa Melung, Khoerudin, mengatakan layanan pangakalan akses komunitas yang bernama Pager Gunung Melung, sudah menjadi ruang belajar warga desa. ''Laboratorium ini sudah menjadi media belajar masayarakat desa kami, baik dari kalangan kelompok petani, kelompok perempuan, kelompok pemuda, maupun kelompok ekonomi desa,'' katanya. Untuk perawatan, dia menyatakan pemerintah desa bersama warganya akan bergotong royong melakukannya.

sedikit foto2nya nih

lagi bertani sambil akses internet
Spoiler for :


ibu2nya lagi belajar komputer
Spoiler for :


nih sosmed nya desa melung

facebook : Desa Melung
Twitter : @desamelung
Diubah oleh 24072013 19-10-2013 10:14
0
1.9K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan