TiNnErAvatar border
TS
TiNnEr
Tuntut kenaikan upah, buruh di Pulogadung sweeping pabrik


Merdeka.com - Ribuan buruh menggelar sweeping di sejumlah pabrik di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Mereka meminta para buruh yang masih bekerja segera bergabung dengan mereka untuk turun ke jalan menuntut kenaikan upah menjadi Rp 3,7 juta.

Pantauan merdeka.com di lokasi, para buruh yang mayoritas mengendarai sepeda motor itu berhenti di setiap pabrik. Dengan menggunakan pengeras suara, mereka berteriak-teriak agar rekan-rekan mereka yang masih bekerja segera keluar bergabung dengan mereka.

Sejumlah buruh ada yang keluar dari dalam pabrik, tapi ada juga yang memilih tetap bekerja. Bahkan, ada sejumlah pabrik yang memilih memulangkan karyawannya. Namun, tak semua buruh yang dipulangkan itu bergabung dengan rekan mereka sesama buruh untuk berdemonstrasi.

Sekjen Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) M Rusdi mengatakan, selain di Pulogadung, aksi mogok buruh dilakukan di 20 provinsi di Indonesia. Menurutnya, akan ada 20 juta buruh yang turun ke jalan hari ini di seluruh Indonesia.

"Kalau di Pulogadung sendiri targetnya 100 sampai 150 ribu buruh, itu gabungan dari Cikarang, Bekasi dll. Titik kumpulnya di sini, di bundaran depan kantor pelayanan pajak," katanya di lokasi, Kamis (31/10).

Dia mengatakan, tujuan dari demonstrasi buruh adalah meminta kenaikan upah menjadi Rp 3,7 juta. Sebab, tingginya biaya hidup saat ini tak sepadan dengan upah yang diterima para buruh. Dia meminta para pengusaha tak hanya memikirkan keuntungan untuk pribadi mereka, pengusaha juga harus memikirkan nasib para buruh yang menjadi tulang punggung pengusaha untuk meraih laba.

Spoiler for pesan:



Wow 20 Juta buruh hari ini demo. Gak kebayang macetnya bakal seperti apa emoticon-Cape d... (S)

0
3K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan