atheizAvatar border
TS
atheiz
Prabowo: Soeharto Banyak Jasanya




TEMPO.CO, Bogor - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan bangsa Indonesia harus menghormati pendahulunya. Namun untuk mengatasi persoalan yang terjadi hari ini, Indonesia tidak lagi bisa menggunakan resep masa lalu.

"Pak Harto banyak jasanya, banyak kebaikannya. Bung Karno juga banyak jasa dan kebaikannya," kata Prabowo saat wawancara dengan Tempo di kediamannya di Bukit Hambalang, Senin, 21 Oktober 2013. Dia melanjutkan untuk kondisi tahun 2014, harus ditentukan dengan kondisi sekarang. "Kita hormati pelaku sejarah."

Dia mengatakan, ada sejumlah nilai-nilai dasar Angkatan 45 yang tetap relevan untuk dipertahankan hingga saat ini. Hanya saja, Indonesia saat ini menghadapi berbagai macam tantangan. Misalnya menghadapi APEC, pasar ekonomi ASEAN, hingga ledakan penduduk. Untuk menyelesaikan persoalan ini, Indonesia tidak bisa lagi memakai resep zaman dahulu.

Prabowo mengklaim, hanya dialah yang berani dengan tegas mengatakan sistem neoliberal keliru. Dia meminta Tempo mengecek pidatonya sejak mengikuti konvensi Partai Golkar pada 2004 silam. Menurut dia, neoliberal tidak akan membawa kesejahteraan. Sebab, yang menikmati keuntungan hanya 1 persen penduduk. "Bagaimana kita meyakinkan yang satu persen, (sistem) ini tidak aman," kata dia.

Dia menilai, Indonesia dalam kondisi bahaya jika banyak orang tak punya pekerjaan, tak memiliki harapan, tak mendapatkan fasilitas yang baik hingga pendidikan yang terjamin. Menurut Prabowo, tak perlu orang brilian untuk mengetahui persoalan mendasar ini. "Anehnya elit Indonesia tak pernah bicara ini," kata Prabowo.



sumber
0
7.1K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan