MerpatiPos703Avatar border
TS
MerpatiPos703
Jakarta Bebas Topeng Monyet di 2014
emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News


Jakarta Bebas Topeng Monyet di 2014



NILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI menargetkan tahun 2014 Ibukota bersih dari pengamen topeng monyet. Mulai Selasa (22/10/2013) kemarin, petugas mulai melakukan razia pengamen topeng monyet, khususnya yang berada di perempatan jalan.

Kepala Satpol PP Pemprov DKI, Kukuh Hadi Santoso mengatakan, pihaknya menjaring sebanyak sepuluh topeng monyet dari lima wilayah, dan itu tidak ada kendala bagi petugas. "Tidak ada (kendala), berjalan lancar. Kan orangnya kita perhatikan, monyetnya juga," kata Kukuh di Jakarta, Rabu (23/10/2013). emoticon-I Love Kaskus (S)

Ia melanjutkan, kegiatan operasi ini akan terus berlanjut sampai kota Jakarta bersih dari pengamen topeng monyet. "Sampai 2014 targetnya habis. Kebanyakan hewan monyetnya didatangkan dari Jawa dan Sumatera," ujarnya. emoticon-Kiss (S)

Menurutnya, pihaknya juga kordinasi dengan Dinas Sosial untuk memberdayakan pawangnya sebagai alih usaha. Sedangkan, monyet-monyet yang disita divaksin disuntik. "Setelah itu oleh Dinas Peternakan diserahkan ke Ragunan. Saat ini masih ada 60 lagi yang akan disisir, kan kalau begini pada ngumpet," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan monyet-monyet yang terjaring razia akan dibawa ke kebun binatang Ragunan, hal ini agar tidak dieksploitasi. Ia pun menyarankan, jika warga ingin melihat aksi lucu monyet-monyet serta hewan lain, sebaiknya datang ke kebun binatang saja. emoticon-Kiss (S)

"Itu dibawa aja ke Ragunan saja dipelihara disana. Kalau membuat keramaian ganggu ketertiban umum, tidak berperikemonyetan. Kalau masyarakat suka dengan aksi lucunya monyet datang ke kebun binatang saja," jelasnya. emoticon-Shakehand2

Selain akan mengirimkan monyet-monyet ke Ragunan, Jokowi juga akan segera memikirkan nasib para pawang topeng monyet. Ia mengaku sudah banyak pawang topeng monyet yang mengeluhkan kehilangan mata pencahariannya.

"Masalah monyetnya sudah beres. Sekarang masalah pawangnya. Saya sudah bicara sama mereka ada yang mau jualan sayur, buka tambal ban dan macam-macam. Saya sudah meminta Dinas Sosial, kami pasti selesaikan dan carikan solusi buat para pawang yang mau ganti usaha." tandasnya.


emoticon-I Love Indonesia (S) Berita Lain

Tiga Alasan Mengapa Topeng Monyet Memang Harus Dilarang



KOMPAS.com - Mulai 2014, Pemerintah DKI Jakarta menargetkan Jakarta bebas topeng monyet. Razia topeng monyet telah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Monyet nantinya akan divaksin dan diperiksa kesehatannya dan dikirim ke Taman Margasatwa Ragunan.

Pelarangan topeng monyet memang akan membuat beberapa pihak kehilangan mata pencaharian. Namun, topeng monyet memang harus dilarang. Pramudya Harzani, Dewan Pembina Jakarta Animal Aid Network (JAAN) mengungkapkan ada tiga alasan.

Pram mengatakan alasan pertama adalah terkait hukum. Pram mengatakan, "Pelarangan topeng monyet ini dasar hukumnya jelas."

Salah satu dasar hukumnya adalah Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) No 302 yang mengatur tentang tindakan penyiksaan hewan. Selain itu, ada pula Undang-Undang Nomor 18 Tahun 200 9 tentang Peternakan dan Kesehatan Pasal 66 Ayat 2g.

Dasar hukum lain adalah Peraturan Kementan Nomor 95 Tahun 2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan Pasal 83 Ayat 2, Perda No. 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies Pasal 6 Ayat 1 dan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum Pasal 17 Ayat 2.

Alasan kedua, kata Pram, adalah soal etika, baik terkait pekerja topeng monyet ataupun monyetnya sendiri. emoticon-Cape d... (S)

"Banyak pekerja topeng monyet itu yang masih anak-anak. Mereka ini sebenarnya masih usia produktif," kata Pram.

"Kemudian juga ini terkait etika terhadap hewan karena ini bentuk eksploitasi," imbuh Pram saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/10/2013).

Sementara, alasan ketiga adalah soal kesejahteraan satwa. emoticon-Mad (S)Kesejahteraan satwa meliputi hak untuk hidup bebas, hak bebas dari penyakit, dan sebagainya. Pram mengatakan, monyet yang dijadikan obyek atraksi topeng monyet kehilangan kesejahteraannya.

Salah satu buktinya, monyet ditempatkan di dalam kandang yang ukurannya sangat kecil, 30 x 40 x 40 cm. Dengan kandang sekecil itu, monyet mengalami stres. Stres membuat monyet lebih rentan terhadap penyakit.

Pram mengakui bahwa beberapa pihak memang akan dirugikan. Namun, yang lebih penting saat ini adalah kepentingan publik Jakarta secara luas. Publik Jakarta mesti sadar akan risiko topeng monyet dan isu lingkungan terkaitnya. Setelahnya, barulah memikirkan nasib pihak seperti pekerja topeng monyet.

Menurut Pram, topeng monyet di jalanan memang harus dirazia lebih dahulu. Monyet di jalanan memiliki interaksi lebih banyak dengan manusia sehingga berisiko lebih tinggi.

[URL="http://metropolitan.inilah..com/read/detail/2040727/jakarta-bebas-topeng-monyet-di-2014#.Umj89vmkojM"]SUMBER[/URL]
SUMBER

#TOLAKTOPENGMONYET emoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for pic:


LANJUTAN ADA DI POST 7

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

KOMENT YANG AGAN TINGGALKAN SANGAT MEMBANTU PARA MONYET.
THIS IS NOT FUNNY, THIS IS CRUELTY!
HENTIKAN PENYIKSAAN SEKARANG JUGA!




emoticon-I Love Indonesia


dari kaskuser emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh MerpatiPos703 24-10-2013 05:55
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan