Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rakanandityaAvatar border
TS
rakananditya
Apa Fungsi Drive A & B pada Sistem Operasi Windows?
Spoiler for pict:


Sebagian pengguna Windows pasti pernah bertanya-tanya, mengapa drive dalam komputernya dimulai dari C:? Lalu Kemana drive A: dan Drive B:? Apa fungsi drive A: dan B: di sistem operasi Windows? Hilangnya drive A: dan B: ini tak bisa lepas dari sejarah sistem operasi DOS dan Windows di masal lalu, penasaran? Sumak ulasan berikut ini.

Pengguna Windows masa kini banyak yang tidak mengetahui mengapa drive yang ada di komputer atau notebooknya dimulai dari drive C: yang biasanya digunakan untuk instalasi sistem operasi Windows. Lalu dimana drive A: dan B:? Drive A: dan B: tidak akan pernah muncul jika kita tidak memasang floppy drive.

Floppy drive adalah sebuah drive yang berfungsi untuk membaca media penyimpanan berupa disket. Drive A: biasanya digunakan oleh floppy drive atau disket berukuran 3,5 inci yang saat ini telah telah punah. Disket sendiri adalah sebuah media penyimpanan masal lalu yang pernah populer.

Lalu bagaimana dengan drive B:? Sama dengan drive A:, drive B: juga merupakan floppy drive untuk membaca disket yang berukuran lebih besar, yakni 5,25 inci. Drive B: ini telah punah lebih dulu dari Drive A:.

Penggunaan floppy disk atau disket ini sangat populer di kalangan pengguna komputer era 90-an yang sebagian besar masih menggunakan sistem operasi DOS (Disk Operating System) dan komputer saat itu belum dilengkapi dengan hard disk.

Komputer saat itu biasanya memiliki dua floppy drive dengan fungsi yang berbeda, yakni yang satu untuk booting sistem operasi dan menjalankan program umum dan yang satunya lagi digunakan untuk menjalankan program yang spesifik atau untuk menyimpan data.

Ketika hard disk mulai populer digunakan, maka separtisi hard disk akan dimulai dengan drive letter C: karena drive letter A: dan drive letter B: telah digunakan untuk floppy drive.

Saat ini floppy drive telah punah dan digantikan oleh media penyimpanan yang lebih canggih dan praktis, sebut saja DVD, CD, flash disk, Blue-Ray, dan hard disk eksternal. Meski floppy drive telah punah, hard disk tetap dimulai dari drive C: dengan alasan kompatibilitas.

sumber : sidomi

jangan lupa ninggalin komen , ts nggak nolak emoticon-Cendol (S)
0
3.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan