zs.amrieAvatar border
TS
zs.amrie
[TIPS] Pusing Karena Sering Lupa? Ini solusinya!!!!


misi gan.. ane mo bagi" tips nee.. untuk agan" yg pelupa emoticon-Ngakak
mari budayakan emoticon-Rate 5 Star n komeng

lngsung ke TKP aj

Apakah Anda seorang pelajar yang sering lupa materi-materi di sekolah, padahal baru seminggu yang lalu dijelaskan panjang lebar di dalam kelas? Atau anda seorang Mahasiswa yang sering lupa dengan siapa anda sekelas dalam mata kuliah tertentu? Atau anda seorang ibu rumah tangga yang sering lupa dimana menaruh pisau dapur? Atau apakah anda adalah seorang musisi yang sering lupa lirik?
Spoiler for lupa:


Well, apapun dan siapapun anda kita disini akan bareng-bareng membedah solusi dari tiap-tiap masalah anda (cieleh.. udah kayak pegadaian aja. emoticon-Ngakak). Sebelum kita melebar pada solusi ada baiknya kita membahas penyebab atau factor yang membuat kita melupakan objek atau peristiwa yang ada disekitar kita.

Mengapa kita sering melupakan hal-hal sepele yang terkadang penting? Bisa jadi karena kita kurang memberikan atensi atau perhatian pada objek tersebut. Atau karena hal tersebut tidak kita anggap penting. Lalu apa sajakah hal-hal yang kiranya mudah kita ingat dan sulit kita lupakan, ada 3 hal Sobat. Pertama adalah hal yang sangat personal atau hal yang sifatnya sangat pribadi, kedua adalah hal yang paling menyenangkan dan yang ketiga adalah hal yang paling membahayakan bagi hidup kita.

Oke kembali ke laptop emoticon-Ngakak. Sekilas kita sudah tau kan apa saja penyebab kita lupa. Kemudian apa dan bagaimana solusinya? Mungkinkah sembuh? (ciah.. kayak penyakit kronis aje emoticon-Ngakak). Ada beberapa solusi yang akan saya tawarkan pada anda.

Pertama, karena factor yang membuat anda sering lupa adalah kurangnya atensi atau perhatian terhadap objek yang anda indra, maka berilah atensi penuh atau perhatian yang utuh terhadap benda atau materi yang ingin anda ingat. Atensi disini menjadi penting karena ia bekerja seperti analogi saringan, atensi bekerja menyaring atau memfilter apa-apa yang akan atau tidak akan anda ingat. Ketika suatu objek anda beri perhatian penuh maka ia akan tersaring dan masuk dalam memori anda –biasanya memori jangka pendek, kemudian jika memori ini sering diulang-ulang maka ia akan masuk memori jangka panjang. Namun, bisa jadi stimulus atau objek yang anda tanggap langsung masuk ke dalam memori jangka panjang, bagaimana caranya? Ini melibatkan afeksi atau emosi anda, ketika stimulus yang anda terima sangat menyentuh emosi anda akan angat besar kemungkinan anda mengingtnya seumur hisup.

Kedua, anda lupa materi-materi sekolah atau siapa saja teman sekelas anda di mata kuliah pengantar filsafat ilmu, mislanya, terjadi karena bisa jadi anda menganggapnya bukanlah sesuatu yang penting. Sehingga otak anda memblokirnya dengan ingatan-ingatan yang dianggapnya lebih penting untuk anda. Maka solusinya adalah, menganggap penting hal-hal yang ingin anda ingat.

Ketiga, membuat sudut pandang ynag berbeda dalam memandang objek, carilah hal-hal yang menarik atau unik dalam objek atau materi yang ingin anda ingat.

Keempat, menggunakan metode Chunking, mengubah huruf-huruf menjadi unit-unit kata yang bermakna (solso:2007), contohnya ketika saya menyuruh anda untuk mengingat kata-kata ini “N-D-I-E-N-S-A-I-O” mungkin akan sangat sulit anda mengingatnya, namun ketika formasi huruf itu saya rubah menjadi “S E N S O R-N-E-S-I-A” maka dalam hitungan detik anda akan lansung mengingat dan tidak mudah melupakannya.

Kelima, libatkan emosi atau sisi afeksi, hal-hal yang menyentuh dan mengaduk-aduk emosi kita cenderung lebih mudah diingat dari hanya sekedar konteks kalimat.

Keenam, agar informasi tetap kita ingat dan tidak terhapus maka ia harus masuk dalam kotak memori yang bernama LTM atau long term momory. Namun sayangnya, mayoritas informasi yang kita trima tidak serta merta langsung masuk dalam LTM atau memori jangka panjang. Mayoritas informasi-informasi yang kita trima dari dunia masuk ke dalam kotak bernama STM atau short term memory (solso: 2007), sedangkan kapasitas dan jangka waktu dari STM ini sangat terbatas. Maka untuk membuat informasi itu masuk ke dalam ingatan jangka panjang maka kita harus melakukan pengulangan yang berulang-ulang pada informasi yang ingin kita ingat secara permanen.

skian trit dr aane smga bermanfaat..
n jgn lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L)n jgn di emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan....
0
2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan