Greeny26Avatar border
TS
Greeny26
Hati-hati! Penipuan Jual Beli Photopack yang dilakukan BUYER!!!
Misi gan, mau berbagi pengalaman aja.
Penipuan sekarang dilakukan juga oleh buyer.

Jadi, waktu itu si buyer sms ane senin, 14 oktober 2013 sekitar jam 7 malem.
Dia ngebet banget beli 8 pp. dia nawar 200rb akhirnya ane kasih, terus untuk pilihan pengirimannya dia minta yang satu hari langsung sampe. jadi total yang harus dia transfer adalah 220rb. ane udah bilang ga bisa ane urus besok, karena besok libur (idul adha).

Dia minta no. rekening. Ane sms jam 7.43.

Spoiler for screenshoot ane kasi no. rekening:


Tau-tau jam 7.55 dia sms udah di transfer.

Spoiler for dia sms sudah di transfer:


Cepet amat udah transfer cuma dalam waktu 12 menit.
Ane udah bilang kalo ane ga bisa cek sekarang, besok juga kan bank tutup, ane perlu cetak buku tabungan ane biar mastiin tuh uang beneran masuk. Paling rabu baru bisa ane cek.

Besok nya, hari selasa, dia ngotot minta kirim, ya ane bilang karena masih libur jadi ane ga bisa kirim. kan itu tanggalan merah. bank libur, jne libur.
ane minta twitter nya dia, cuma dia bilang gak aktif twitter. Ane maksudnya mau kirim foto kalo udah ane bungkus rapi siap kirim hari rabu setelah ane cek uangnya masuk atau engga

Spoiler for siap kirim:


Hari rabu, pagi-pagi jam 8 dia udah sms dan nelpon minta cepetan kirim. Ane lagi siap mau ke bank sekalian nanti dari bank langsung ke jne. Udah tuh, akhirnya ane ke bank dulu kan sekalian nabung 30rb.

Spoiler for bukti rekening ane:


ga ada tuh duit masuk sejak hari senin tanggal 14 Oktober 2013. Duit masuk terakhir adalah duit ane jumlahnya 30ribu.
Ane telpon gak diangkat. dia bilang gak mau di telpon. ane tanya, agan yakin udah bayar. dia bilang yakin dia bayar lewat atm.

Spoiler for mengaku sudah bayar lewat atm:


Ane tanya soal bukti transfer ga di jawab, selalu dialihin. padahal tiap transaksi lewat atm kan ada tuh bukti transfer berupa kertas kecil yang keluar dari mesin. Disitu bakal tertera dia transfer berapa, ke rekening siapa.
Saya dalam posisi masih di bank, saya tanya ke orang banknya. orang bank tanya dia ngirim lewat mana, dia bilang lewat mandiri. Kata orang bank nya sama sekali gak ada transaksi lewat atm sejak hari senin masuk ke rekening ane. cuma yang ada di buku tabungan aja. Saya sama orang bank masih positive thinking aja tuh. Mungkin dari bank mandirinya error atau atmnya error atau salah kirim tuh orang. Ane mau telpon dia, tapi sama sekali gak diangkat. Dia sms marah ga mau di telpon. ane mulai curiga.

Ane bilang coba dia cek bukti transfernya. kan ada tuh. bener ga no rekening sama nama pemilik rekening nya, jangan-jangan dia yang salah, atau gak dia coba ke bank mandiri buat ngurus itu. Dia ga bales lama. akhir nya ane bilang ga jadi ane kirim yaa. (orang duitny gak masuk). Terus dia bales gausah di kirim. Eh gak lama dia sms nuduh ane nipu. langsung aja ane minta mana bukti kirimnya. ngapain juga ane nipu orang jelas-jelas udah di bungkus rapi.

Spoiler for nuduh nipu:


wah udah ga beres nih pikir ane. tiap ane minta bukti transfer dia gak berkutik. selalu dialihin. ane balikin lagi, harusnya ane yang nuduh agan nipu, orang ga ada bukti transfer, uangnya gak masuk, maksa dikirim cepet, di telpon gak mau, ditanya akun di media sosial bilang ga ada. ane yakin nama danish [removed] bukan nama aslinya.

ane masih ada itikad baik buat mastiin dia salah transfer atau kesalahan atm, atau apa lah. ane masih sms. tapi sampai terakhir ane sms dia ga bales-bales lagi. tambah kuat dugaan ane kalo dia nipu.

Spoiler for sms terakhir:


Keanehan yang ane temukan:
  • Dia minta buru-buru dikirim padahal udah jelas besok tanggal merah, sampe pakai paket paling mahal yang satu hari sampe. biasanya kalo ada transaksi sampe 200rb an konsumen ane selalu milih yang 2-3 hari.
  • Dia ga punya akun jejaring sosial apapun itu. Aneh ya, tau dari mana ane jualan?
  • Dia ga mau nunjukin bukti transfer. ataupun mau ditunjukin bukti sudah ane bungkus ga mau. aneh ya, ada pelanggan yang ga mau liat bukti udah di bungkus barangnya, siap kirim.
  • Transfernya cepet banget cuma 12 menit setelah ane kasi no rekening ane. Kalau dari internet banking wajar, tapi ini dia sendiri bilang lewat atm. Udah gitu masa ga ada bukti transfernya.
  • Di telpon gak mau. Kenapa tuh? takut tergagap-gagap salah ngomong?
  • Gak mau ngecek ke bank nya sendiri. Please deh, kalo ada itikad baik cek juga dong. orang di rekening ane ga ada.
  • Setelah ke gap ditanya perkembangannya gak bales-bales.


Jadi, agan sista yang biasa jualan online, ati-ati sama kasus penipuan macam ini. BUYER bisa juga nipu! Jadi pastikan duit masuk dulu sebelum kirim barang, selalu minta bukti transfer, pastikan dia ada di jejaring sosial. Hati-hati juga dengan nomor telpon atau alamat diatas.

Kalau namanya dia, ane yakin dia pake nama samaran, ane cek di facebook ada juga bapak-bapak udah punya anak dengan pernikahan bahagia, ga mungkin banget jadi konsumen barang ane.
Diubah oleh Greeny26 23-07-2014 13:15
0
4.5K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan