Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Warga Jakarta Bisa Nikmati MRT Awal 2018
Jakarta - Konstruksi proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Koridor Utara Selatan Tahap I dari Lebak Bulus-Bundaran HI senilai Rp 15 triliun hari ini sudah dimulai. PT MRT Jakarta selaku pelaksana mega proyek ini berjanji kuartal I-2018 layanan MRT sudah bisa dinikmati masyarakat.

"MRT fase I ini selesai akhir 2017 atau awal 2018, dan sudah akan beroperasi secara komersial pada kuartal I-2018," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami, ditemui di Proyek MRT Jakarta, Dukuh Atas, Jalan Tanjung Karang, Kamis (10/10/2013).

Dono mengatakan kapasitas angkut MRT dapat membawa penumpang total 120.000 orang per hari. Sementara untuk tiket MRT sampai sekarang belum ditentukan berapa walaupun dalam hitungan awal diperkirakan akan mencapai Rp 15.000/orang.

"Ini karena proyeknya masih lama selesai jadi belum ditentukan harga tiketnya, apalagi ketentuan tiket yang menentukan adalah Pemda DKI Jakarta bukan PT MRT Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan dan Administrasi PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan proyek MRT fase I ini akan beroperasi secara komersial Mei 2018. "Fase I ini akan selesai dan beroperasi pada Mei 2018," ungkapnya.

Sementara untuk fase II MRT Bundaran HI-Kampung Bandan akan masuk dalam tahap engineering study. "Fase II ini diperkirakan akan memakan biaya hingga 133 miliar Yen," katanya.

Berikut ini rincian pembangunan MRT di Jakarta dan sekitarnya:

Jakarta - MRT Koridor Utara-Selatan Tahap I

Berdasarkan data dari situs resmi PT MRT Jakarta (jakartamrt.com) dikutip detikFinance, setidaknya ada 21 stasiun MRT yang akan dibangun untuk koridor utara-selatan dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan (Ancol).

Sebanyak 21 stasiun tersebut akan dibagi dua tahap proses pengerjaanya, yaitu Tahap I dari Lebak Bulus-Bundaran HI sepanjang 15,7 Km terdiri dari 13 stasiun, targetnya akhir 2017 selesai. Tahap II dari Bundaran HI-Kampung Bandan (Ancol) sepanjang 8,3 Km terdiri dari 8 stasiun.

Proyek tahap I sepanjang 15,2 Km ini terdiri dari konstruksi layang (elevated), sepanjang 9,2 Km mencakup stasiun Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok M, dan Sisingamangaraja. Masih bagian tahap I, sebanyak 6 stasiun di bawah tanah (terowongan) sepanjang 5,9 Km mencakup stasiun Bundaran Senayan, Istora, Bandungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.


MRT Koridor Utara-Selatan Tahap II

Konstruksi MRT Jakarta Tahap II dari Bundaran HI-Kampung Bandan (Ancol) sepanjang 8,3 Km terdiri dari 8 stasiun bawah tanah. Pengerjaannya mulai dibangun sebelum tahap I beroperasi dan ditargetkan beroperasi paling lambat 2020.

Stasiun-stasiun itu antara lain Stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota dan Kampung Bandan

Jakarta -
MRT Koridor Barat-Timur Tahap I


Sedangkan untuk koridor Barat-Timur dari Bekasi ke Balaraja saat ini masih studi kelayakan (feasiblity study) alias belum dipastikan proyeknya. Rencananya akan dibangun dari Cikarang hingga Balaraja, koridor ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I dan II ditargetkan dapat beroperasi paling lambat pada 2027.

Khusus untuk tahap I terdiri dari 21 stasiun mencakup dari Ujung Menteng (Cakung, Jakarta Timur) hingga ke wilayah Kembangan (Jakarta Barat). Stasiun di tahap I ini antara lain Stasiun Ujung Menteng, Pulo Gebang, Cakung Barat, Penggilingan, Pulogadung,Perintis, Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading Barat, Sumur Batu, Cempaka Baru, Galur, Senen, Kwitang, Kebon Sirih (bertemu stasiun Sarinah), Cideng, Petojo, Roxy, Grogol, Pesing, Kembangan I, Kembangan II.

Tahap I koridor Barat Timur terdiri dari beberapa jalur layang dan bawah tanah. Rencananya jalur layang akan dibuat dari Ujung Menteng ke Senen, selanjutnya dari Senen ke Roxy akan dibuat melalui stasiun bawah tanah, sedangkan dari Roxy hingga Kembangan II akan dibuat Melayang (elevated).

Koridor Barat-Timur untuk tahap II disisi timur Jakarta akan dibangun dari Ujung Menteng (Cakung) hingga Cikarang, belum ditentukan stasiun-stasiunnya. Selain itu akan dibangun stasiun lanjutan di sisi barat Jakarta, yaitu dari wilayah Kembangan ke wilayah Balaraja (Tangerang), juga belum ditentukan stasiun-stasiunnya.

[url]http://finance.detik..com/read/2013/10/10/192000/2383991/4/warga-jakarta-bisa-nikmati-mrt-awal-2018[/url]
[url]http://finance.detik..com/read/2013/10/10/192000/2383991/4/2/warga-jakarta-bisa-nikmati-mrt-awal-2018[/url]
[url]http://finance.detik..com/read/2013/10/10/192000/2383991/4/3/warga-jakarta-bisa-nikmati-mrt-awal-2018[/url]

SEMOGA KALAU JADI BANYAK YANG MAKAI..
0
3.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan