dengkulsaktiAvatar border
TS
dengkulsakti
(info) penipuan model baru
langsung saja kawan2.. ini ttg penipuan model baru..
mungkin sudah ada yang ngalamin.. kebetulan sy baru saja 'disasar' oleh si penipu..

kalau dulu modusnya sms minta pulsa.. lalu transfer ke rek.. sekarang pake modus: telepon!

bagi kawan2 yang nomernya beredar di dunia maya.. hati2lah.. cara komplotan tsb cukup canggih.. sy akan urutkan kronologinya sbb:
1. dia akan mencoba menjebak anda dengan pertanyaan retoris.. "masih kenal saya?" dan ini membuka ruang buat mereka untuk ngobrol lebih lama dengan anda.. dan tanpa sadar beragam pertanyaan pancingan yg tanpa sadar anda jawab (dalam bentuk tebakan) menjadi jalan untuk mereka menebar trik psikologis.. 'membaca' dari jawaban tebakan2 anda. dalam hal ini.. dia bicara dgn sy.. kl ybs masih dijalan.. dan kehabisan pulsa.. "mau telp rumah ndak ada yg jawab.. jadi harus telp anak yg beda nomer.. pulsa nda cukup" sekalipun anda tidak kenal.. tp alasannya simpatik.. ini akan membuat anda tanpa sadar ngisikan pulsa sambil mikir "siapa sih tadi?"
2. pernyataan yang langsung tembak (asal nebak sebenarnya) mereka akan telp dengan suara panik.. "mas/mba... aku abis kena tilang bla-bla..." dan saat anda terkena pancingannya.. akan sangat mudah bagi mereka untuk menebar omong kosong yg mungkin membuat anda makin yakin.. dan meminta dana untuk bayar denda/ minta pulsa
3. "aku dikantor polisi.. harus bayar jaminan motor.. tlg transfer..." ini juga sama.. anda akan dibawa pada situasi panik.. dan akan terus di telp berkali2...modus ini terjadi pada sodara sy.
4. modus lain tolong di share ya... sementara saya baru nemuin hal tsb. tadinya sy pikir masa bodoh.
wong cuma gitu aja kok.. sy bisa balik ngerjain.. tp mana kala hal ini terjadi pada kawan yg lugu.. sy tak bisa bersikap masa bodoh lagi..

tolong di sharing bagi yg punya pengalaman serupa ya.. nuwun
0
1.8K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan