KASKUS

Quote:Original Posted By azroel3


melukai bangsa dan pancasila?
gerakan separatis macam gam/fretilin kok gak di "banned" kaya pki?
melukai bangsa dengan bikin konflik. melukai pancasila dengan mencederai sila ke 3 "persatuan indonesia"
diban seperti pki harusnya. keturunan gam/fretilin gak boleh ikut politik(sekarang gam di aceh malah bikin partai lokal), gak boleh jadi petugas keamanan(aceh mantan gam banyak jadi petugas keamanan), dan putuskan hubungannya diplomatik dengan timur2 (kan fretilin).

gam/fretilin itu gerakan separatis dan jelas ilegal (mengganggu keamanan dan kesatuan negara) -sehingga dulu memang dilarang (banned)-

sekarang
GAM ma Indonesia kan udah damai di helsinki.

Timtim kan udah lepas dari Indonesia, lagian yg punya hubungan Pemerintah Indonesia dg TimLes bukan Pemerintah Indonesia dg fretilin
---
sedang PKI itu dulu legal (sebagai parpol), namun karena mengancam ideologi (ga sesuai ma pancasila) dan melancarkan kudeta (ini masing simpang siur) sehingga dilarang.

sampai sekarang juga dilarang kok, yg dibolehin kan hak berpolitik / hak berneragara keturunannya, lagian keturunan PKI ga selalu berideologi komunis
permisi buat para sesepuh noob mau tanya apa ada referensi bahan bacaan mengenai sejarah dan asal komunisme? terutama di Indonesia. Dan para sesepuh disini apa ada referensi narasumber yg bisa diajak berkorespondensi, terimakasih
Tonton aja film The Act Of Killing, film dokumenter tentang pembantaian komunis di indonesia yang tidak layak tayang di indonesia(ya iyalah, kalo tayang di indonesia rakyat indonesia bakalan tau siapa orang di balik layar atas kejadian G 30 S PKI, Pemerintah *Eh), anda bisa mengungkap kebenaran lewat film tersebut.

Kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi karena ada izin dari pemerintah.
Quote:Original Posted By jrockstar.azis
Tonton aja film The Act Of Killing, film dokumenter tentang pembantaian komunis di indonesia yang tidak layak tayang di indonesia(ya iyalah, kalo tayang di indonesia rakyat indonesia bakalan tau siapa orang di balik layar atas kejadian G 30 S PKI, Pemerintah *Eh), anda bisa mengungkap kebenaran lewat film tersebut.

Kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi karena ada izin dari pemerintah.


pemerintah saat itu Soekarno

Quote:Original Posted By jrockstar.azis
Tonton aja film The Act Of Killing, film dokumenter tentang pembantaian komunis di indonesia yang tidak layak tayang di indonesia(ya iyalah, kalo tayang di indonesia rakyat indonesia bakalan tau siapa orang di balik layar atas kejadian G 30 S PKI, Pemerintah *Eh), anda bisa mengungkap kebenaran lewat film tersebut.

Kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi karena ada izin dari pemerintah.


Quote:Original Posted By aviep


pemerintah saat itu Soekarno



ane numpanga aja dah, mas bro...

Quote:Original Posted By TechManiac
permisi buat para sesepuh noob mau tanya apa ada referensi bahan bacaan mengenai sejarah dan asal komunisme? terutama di Indonesia. Dan para sesepuh disini apa ada referensi narasumber yg bisa diajak berkorespondensi, terimakasih


googling saja dengan kata kunci "komunis" maka akan berhamburan muncul baik yang bisa dipertanggung jawabkan atau sekedar opini
Quote:Original Posted By jrockstar.azis
Tonton aja film The Act Of Killing, film dokumenter tentang pembantaian komunis di indonesia yang tidak layak tayang di indonesia(ya iyalah, kalo tayang di indonesia rakyat indonesia bakalan tau siapa orang di balik layar atas kejadian G 30 S PKI, Pemerintah *Eh), anda bisa mengungkap kebenaran lewat film tersebut.

Kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi karena ada izin dari pemerintah.


menurut saya pelem The Act of Killing itu tidak layak tayang karena si Joshua Oppenheimer terlalu berani untuk Melenanjangi kerjaan2nya para PP (Preman Pancasila)

tuh si Anwar Congo aja sampai trauma waktu bikin pelem
Kalo komunis itu beda sama atheis, tapi kan ada juga beberapa penganut Paham Komunis yang Mengesampingkan Tuhan apa ini ga jauh beda sama Paham Fasis gan ? Fasis kan menganggap kalo pemimpinnya itu adalah segala galanya bahkan Tuhannya ? Mohon penjelasannya gan
Quote:Original Posted By SonyBukanSoni
Kalo komunis itu beda sama atheis, tapi kan ada juga beberapa penganut Paham Komunis yang Mengesampingkan Tuhan apa ini ga jauh beda sama Paham Fasis gan ? Fasis kan menganggap kalo pemimpinnya itu adalah segala galanya bahkan Tuhannya ? Mohon penjelasannya gan


Fasisme nggak mengatur soal agama secara spesifik. Beberapa negara fasis justru malah terkesan puritan dalam hal agama karena mereka menjadikan agama sebagai salah satu identitas nasionalnya. Contohnya Kroasia di era WW2 & Spanyol di era Franco

Yg ditonjolkan dari fasisme adalah stabilitas. Bagi rezim fasis, gak masalah mengabaikan hak-hak warga negaranya sendiri selama itu bisa membuat negara tetap stabil. Dan salah satu trik yg digunakan oleh sejumlah rezim fasis untuk menjaga stabilitas negaranya ya dengan mengkultuskan pemimpinnya secara berlebihan. Karena dengan mencitrakan pemimpinnya sebagai sosok tanpa cela, rakyat yg terbuai akan mematuhi apapun yg dikatakan pemimpinnya
Quote:Original Posted By Shuma-Gorath
Fasisme nggak mengatur soal agama secara spesifik. Beberapa negara fasis justru malah terkesan puritan dalam hal agama karena mereka menjadikan agama sebagai salah satu identitas nasionalnya. Contohnya Kroasia di era WW2 & Spanyol di era Franco

Yg ditonjolkan dari fasisme adalah stabilitas. Bagi rezim fasis, gak masalah mengabaikan hak-hak warga negaranya sendiri selama itu bisa membuat negara tetap stabil. Dan salah satu trik yg digunakan oleh sejumlah rezim fasis untuk menjaga stabilitas negaranya ya dengan mengkultuskan pemimpinnya secara berlebihan. Karena dengan mencitrakan pemimpinnya sebagai sosok tanpa cela, rakyat yg terbuai akan mematuhi apapun yg dikatakan pemimpinnya


ngomongin fasis, yg kebayang di kepala malah fpi & habib2nya..
Quote:Original Posted By Shuma-Gorath


Fasisme nggak mengatur soal agama secara spesifik. Beberapa negara fasis justru malah terkesan puritan dalam hal agama karena mereka menjadikan agama sebagai salah satu identitas nasionalnya. Contohnya Kroasia di era WW2 & Spanyol di era Franco

Yg ditonjolkan dari fasisme adalah stabilitas. Bagi rezim fasis, gak masalah mengabaikan hak-hak warga negaranya sendiri selama itu bisa membuat negara tetap stabil. Dan salah satu trik yg digunakan oleh sejumlah rezim fasis untuk menjaga stabilitas negaranya ya dengan mengkultuskan pemimpinnya secara berlebihan. Karena dengan mencitrakan pemimpinnya sebagai sosok tanpa cela, rakyat yg terbuai akan mematuhi apapun yg dikatakan pemimpinnya


Bentar kan kalo misalnya tadi agan bilang rakyat yg terbuai akan mematuhi apapun yg dikatakan pemimpinnya, Apa bisa dibilang Paham Fasis yang dilaksanai disuatu negara itu merupakan Propaganda buat rakyatnya ?
Quote:Original Posted By Shuma-Gorath

Yg ditonjolkan dari fasisme adalah stabilitas. Bagi rezim fasis, gak masalah mengabaikan hak-hak warga negaranya sendiri selama itu bisa membuat negara tetap stabil. Dan salah satu trik yg digunakan oleh sejumlah rezim fasis untuk menjaga stabilitas negaranya ya dengan mengkultuskan pemimpinnya secara berlebihan. Karena dengan mencitrakan pemimpinnya sebagai sosok tanpa cela, rakyat yg terbuai akan mematuhi apapun yg dikatakan pemimpinnya


Suharto banget

ada sumber yg bilang kalo Fasisme itu salah satu bentuk ideologi ekstreme kanan
(kalo gk salah di wikipedia ditulis gitu juga)
Quote:Original Posted By SonyBukanSoni

Bentar kan kalo misalnya tadi agan bilang rakyat yg terbuai akan mematuhi apapun yg dikatakan pemimpinnya, Apa bisa dibilang Paham Fasis yang dilaksanai disuatu negara itu merupakan Propaganda buat rakyatnya ?


First, lo kudu paham dulu soal definisi masing-masing. Fasisme adalah salah satu bentuk ideologi. Sementara ideologi bisa didefinisikan sebagai kumpulan pemikiran / ide mengenai cara menjalankan suatu negara / kelompok masyarakat

Propaganda adalah sebutan untuk teknik pengendalian saluran komunikasi demi membentuk opini publik. Propaganda hanyalah salah satu bagian dari praktik ideologi (gak cuma terbatas pada fasisme) supaya rakyat bisa berperilaku sesuai dengan kemauan sang pelaku ideologi (dalam hal ini penguasa)

Sederhananya, pengkultusan individu adalah salah satu ide yg menyusun ideologi. Sementara propaganda adalah metode yg digunakan untuk merealisasikan ide tadi

Quote:Original Posted By permberontak98

Suharto banget

ada sumber yg bilang kalo Fasisme itu salah satu bentuk ideologi ekstreme kanan
(kalo gk salah di wikipedia ditulis gitu juga)


Ya bener. Kalau berdasarkan spektrum politik, fasisme adalah salah satu bentuk paling ekstrim dari paham sayap kanan. Paham kanan memiliki ciri menonjolkan supremasi golongan, sementara paham kiri cenderung menonjolkan kesetaraan

Fasisme dianggap sebagai bentuk paling ekstrim dari sayap kanan karena fasisme menganggap negara & pemerintah pusat adalah segalanya. Dan fasisme cenderung menganggap bangsanya lebih superior daripada bangsa lainnya

Komunisme & anarkisme di lain pihak dianggap sebagai bentuk paling ekstrim dari paham kiri karena keduanya menginginkan penghapusan negara. Supaya semua rakyat memiliki hak yg sama untuk mengakses sumber-sumber daya. Salah satu alasan kenapa beberapa golongan komunis & anarkis cenderung menjaga jarak dengan agama adalah karena mereka menganggap agama sebagai salah satu bentuk penciptaan kelas-kelas dalam masyarakat
Quote:Original Posted By peyotpetot


Tuduhan komunis anti agama digunakan oleh orde baru untuk mengumpulkan dukungan bagi penumpasan pki.

salah pki juga sih ... kenapa sebelumnya berusaha menumpas para kiai/santri.

tapi alasan sebenarnya gerakan komunis tidak cocok dengan para kiai adalah karena para kiai pada umumnya juga pedagang ... dan komunis anti banget dengan golongan pedagang.



basisnya apa nih gan bikin pernyataan kayak begini?
Quote:Original Posted By Shuma-Gorath


First, lo kudu paham dulu soal definisi masing-masing. Fasisme adalah salah satu bentuk ideologi. Sementara ideologi bisa didefinisikan sebagai kumpulan pemikiran / ide mengenai cara menjalankan suatu negara / kelompok masyarakat

Propaganda adalah sebutan untuk teknik pengendalian saluran komunikasi demi membentuk opini publik. Propaganda hanyalah salah satu bagian dari praktik ideologi (gak cuma terbatas pada fasisme) supaya rakyat bisa berperilaku sesuai dengan kemauan sang pelaku ideologi (dalam hal ini penguasa)


Makasih penjelasannya gan, maklum ilmu saya terbatas jadi nanya terus deh
Quote:Original Posted By peyotpetot


Tuduhan komunis anti agama digunakan oleh orde baru untuk mengumpulkan dukungan bagi penumpasan pki.

salah pki juga sih ... kenapa sebelumnya berusaha menumpas para kiai/santri.

tapi alasan sebenarnya gerakan komunis tidak cocok dengan para kiai adalah karena para kiai pada umumnya juga pedagang ... dan komunis anti banget dengan golongan pedagang.



heeeh..? sumbernya dari mana nih?

Quote:Original Posted By Jokiez

gam/fretilin itu gerakan separatis dan jelas ilegal (mengganggu keamanan dan kesatuan negara) -sehingga dulu memang dilarang (banned)-


Fretilin separatis dari hongkong

di taun 1975 saat Timtim masih bagian dari jajahan portugis, Fretilin itu udah lahir. Kemudian gara2 di tanah portugal sendiri ada revolusi/kudeta pemerintah pusat, kemudian Fretilin terlibat perang saudara dengan UDT & Apodeti.

Timtim jelas bukan wilayah Indonesia, karena bukan jajahan belanda. Namun karena takut Tmtim jatuh ke tangan fretilin yg berhaluan "kiri", maka atas ide culasnya si Ali Murtopo (sebagai kepala intelejen negara) menghasut Suharto agar ABRI melakukan operasi Seroja di timtim untuk memberantas fretilin.

Dan tentu saja karena pemerintahan Orde Baru terkenal komunisfobia, maka karena takut timtim jatuh ke tangan komunis (fretilin), maka sekalian timtim dicaplok saja sama Indonesia (orde baru). Orba takut kalo indo tetanggaan sama negara komunis

Terang aja Fretilin terus memberontak sampai tahun 1999. Karena pada dasarnya timtim bukan wilayah Indonesia. Jadi kurang tepat kalo mereka itu dibilang separatis

Quote:Original Posted By Jokiez

---
sedang PKI itu dulu legal (sebagai parpol), namun karena mengancam ideologi (ga sesuai ma pancasila) dan melancarkan kudeta (ini masing simpang siur) sehingga dilarang.


di jaman Bung Karno, cuma segelintir orang yg paham tentang pancasila. Kecuali orang2 yg ikut organisasi Kebangkitan Nasional & piagam jakarta
Toh juga pada jaman itu pancasila bukan ideologi Indonesia saat itu, pancasila hanya sebagai lambang negara.
Coba liat di UUD45, ada gak bab yg menyebut tentang ideologi negara?
ya.. maka pada saat itu Sukarno menetapkan GBHN bahwa ideologi Indonesia berhaluan sosialis
Tapi semenjak G30S, di bawah pimpinan Suharto menyerukan agar pancasila jadi ideologi negara yg sah
Quote:Original Posted By permberontak98
di taun 1975 saat Timtim masih bagian dari jajahan portugis, Fretilin itu udah lahir. Kemudian gara2 di tanah portugal sendiri ada revolusi/kudeta pemerintah pusat, kemudian Fretilin terlibat perang saudara dengan UDT & Apodeti.

Timtim jelas bukan wilayah Indonesia, karena bukan jajahan belanda. Namun karena takut Tmtim jatuh ke tangan fretilin yg berhaluan "kiri", maka atas ide culasnya si Ali Murtopo (sebagai kepala intelejen negara) menghasut Suharto agar ABRI melakukan operasi Seroja di timtim untuk memberantas fretilin.

Dan tentu saja karena pemerintahan Orde Baru terkenal komunisfobia, maka karena takut timtim jatuh ke tangan komunis (fretilin), maka sekalian timtim dicaplok saja sama Indonesia (orde baru). Orba takut kalo indo tetanggaan sama negara komunis

Terang aja Fretilin terus memberontak sampai tahun 1999. Karena pada dasarnya timtim bukan wilayah Indonesia. Jadi kurang tepat kalo mereka itu dibilang separatis

Yg kutulis itu fretilin dimasa timtim merupakan wilayah Indonesia gan. Dan organisasi yg berusaha untuk melepaskan wilayahnya dari wilayah suatu negara (dalam hal ini Indonesia) disebut gerakan separatis. Jadi masih sesuai ga kalau kusebut fretilin itu gerakan separatis.
Quote:Original Posted By permberontak98
di jaman Bung Karno, cuma segelintir orang yg paham tentang pancasila. Kecuali orang2 yg ikut organisasi Kebangkitan Nasional & piagam jakarta
Toh juga pada jaman itu pancasila bukan ideologi Indonesia saat itu, pancasila hanya sebagai lambang negara.
Coba liat di UUD45, ada gak bab yg menyebut tentang ideologi negara?
ya.. maka pada saat itu Sukarno menetapkan GBHN bahwa ideologi Indonesia berhaluan sosialis
Tapi semenjak G30S, di bawah pimpinan Suharto menyerukan agar pancasila jadi ideologi negara yg sah

walau yg agan tulis pancasila bukan ideologi, tapi pancasila adalah lambang negara yg berarti simbol dari suatu negara yg merupakan identitas bangsa. Dan juga pas G30S disebutkan ada usaha merebut kekuasaan oleh PKI jadi itu bisa disebut usaha kudeta dan makar. Betul ga?
Quote:Original Posted By Jokiez

Yg kutulis itu fretilin dimasa timtim merupakan wilayah Indonesia gan. Dan organisasi yg berusaha untuk melepaskan wilayahnya dari wilayah suatu negara (dalam hal ini Indonesia) disebut gerakan separatis. Jadi masih sesuai ga kalau kusebut fretilin itu gerakan separatis.


justru kalo indonesia tidak mencaplok timtim, maka fretilin tidak akan disebut gerakan separatis, malah mungkin bagi orang fretilin, falintil, & sebagian rakyat timtim kalo fretilin ibarat seperti pejuang kemerdekaan wilayah mereka
Oh ya, salah satu faktor indonesia bisa mencaplok timtim karena timtim sendiri ditinggalkan portugis sejak revolusi bunga. Maka sebelum fretilin menang & memproklamirkan kemerdekaan mereka sendiri, indonesia mencaplok duluan.

Sedangkan OPM di Papua itu baru gerakan separatis, karena Irian adalah wilayah jajahan belanda, sementara sesuai KMB belanda akan menyerahkan Papua ke PBB agar bisa diurus kelanjutannya oleh indonesia. Tapi sayangnya belanda ingkar janji & akhirnya meletuslah trikora. OPM itu sendiri kebanyakan berasal dari keturunan orang2 yg kontra-integrasi dengan indonesia pada waktu Act of Free Choice (PERPERA)

saya cuma ingin menekankan beberapa hal, soalnya banyak orang indonesia awam itu gak ngerti sejarah timtim, mereka taunya timtim itu wilayah de facto indonesia & fretilin itu orang jahat.

no offense ya bro

Quote:Original Posted By Jokiez

walau yg agan tulis pancasila bukan ideologi, tapi pancasila adalah lambang negara yg berarti simbol dari suatu negara yg merupakan identitas bangsa. Dan juga pas G30S disebutkan ada usaha merebut kekuasaan oleh PKI jadi itu bisa disebut usaha kudeta dan makar. Betul ga?


Identitas belum tentu bisa dibilang suatu ideologi

kalo soal G30S sudah jelas pelakunya Untung, Latief, & pasukan2nya --> dari kalangan militer/ABRI
PKI (kemungkinan besar) mendukung G30S
Latief sempat mengajak Suharto ikut dalam gerakan, sayangnya menolak (aneh gak???)
dan sialnya ada dokumen yg 'memberatkan' PKI mengenai pertemuat Aidit dengan Mao Tse Tung, dimana Mao nyeletuk "semasa revolusi saya sudah bunuh ratusan jendral", entah itu ditanggapi becanda atau serius sama si Aidit
Dan lebih2 6 jendral yg terbunuh adalah jendral2 yg dikenal anti-komunis (terutama Yani), kalo sudah begitu jelas kan siapa yg bakal pertama kali dituduh??

yg saya heran, partai kok bisa memberontak? senjata dari mana??
wong angkatan ke lima saja tidak disetujui

kalo soal pemberontakan PKI 48, perlu digali lagi sejarahnya. Mereka meberontak kayak gimana?? Ada chaos..? pake senjata? jenisnya? senjata tajam (macam celurit) atau senjata api??


saya cuma mengingatkan, jangan terlalu ambil referensi dari pelem Pengkhianatan G30S/PKI. Itu film propaganda sesat
bukan hanya karena terlalu menegatifkan PKI sih, tapi film itu juga terlalu menyudut2kan & menjelek2an Bung Karno!
senang atau tidak, selama ada kapitalisme disitu bibit komunisme berkembang mengiring peradaban manusia
Quote:Original Posted By jrockstar.azis
Tonton aja film The Act Of Killing, film dokumenter tentang pembantaian komunis di indonesia yang tidak layak tayang di indonesia(ya iyalah, kalo tayang di indonesia rakyat indonesia bakalan tau siapa orang di balik layar atas kejadian G 30 S PKI, Pemerintah *Eh), anda bisa mengungkap kebenaran lewat film tersebut.

Kejahatan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi karena ada izin dari pemerintah.


itu baru satu daerah saja gan preman bertopeng pancasila menyiksa dan membunuh PKI , NASIONALISME KIRI , tahun 66-67 kan hampir merata diseluruh NKRI pembantaian berlangsung