whynourickAvatar border
TS
whynourick
situs trowulan d ambang kehancuran
Baru-baru ini kelestarian situs Trowulan kembali menghadapi tantangan dengan adanya rencana pembangunan pabrik baja milik PT. Manunggal Sentral Baja yang akan berlokasi di jalan utama Mojokerto-Jombang. Posisi pabrik ini berada kurang dari 500 meter dari Gapura Wringin Lawang yang merupakan gapura utama pada zaman Majapahit. Adanya pabrik baja ini dinilai berpotensi merusak kelestarian situs.

Situs Trowulan adalah sebuah kawasan yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Sebagai bekas ibukota kerajaan Majapahit pada tahun 1293 sebelum Masehi , situs prasejarah ini menyimpan berbagai artefak berharga yang menggambarkan kehidupan pada masa keemasan kerajaan tersebut.

Trowulan adalah satu-satunya situs sejarah yang merupakan situs kota peninggalan zaman Hindu-Buddha di Indonesia. Kitab Negarakertagama serta beberapa catatan sejarah lainnya, menggambarkan Trowulan sebagai sebuah kota yang dibangun dengan sistem tata kota yang lengkap mulai dari area istana, perumahan, pasar, sistem kanal dan pengelolaan air.

Trowulan juga tercatat di dalam The History of Java, sebuah karya dari Thomas Stamfford Raffles yang memberi gambaran keterikatan budaya dan sejarah Majapahit, kerajaan yang kekuasaannya mencakup tiga perempat wilayah Asia Tenggara dengan budaya dan sejarah masyarakat dunia.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/09/30/170732/2373511/727/kepunahan-situs-trowulan-kini-tinggal-menunggu-waktu?9922022"]sumber[/URL]
0
984
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan