fauzanafif99Avatar border
TS
fauzanafif99
Hari Batik Nasional 2 Oktober : Yakin Batik Milik Indonesia?
Kenapa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional? Ternyata pada tanggal 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Salah satu aset warisan budaya Unesco dan puncak keluhuran tradisi Indonesia, batik merupakan perwujudan tradisi dan identitas bangsa dengan kekayaan pola dan keragaman teknik yang dikembangkan dari generasi ke generasi. Diadaptasi oleh desainer terkenal seperti Diane von Furstenberg dalam karya-karyanya yang fenomenal, seni batik saat ini tetap menjadi salah satu kekuatan fashion di dunia modern. Nah sekarang, nyok sambil mikir besok mau pake baju batik yang mana, kita mampir ke beberapa kota di tanah air yang merupakan tempat-tempat terbaik untuk membeli batik.

Solo

Spoiler for Pasar Klewer Solo:


Biarkan becak membawamu ke Laweyan, sebuah distrik di Solo tempat para juragan batik membangun pabrik pembuatan batik tepat disamping rumah-rumah mewah mereka. Cari beberapa pusat produksi batik dan dapatkan batik tulis cantik langsung dari pembatiknya. Jika kamu menyukai seni tawar menawar kunjungi Klewer, pasar batik terbesar di dunia. Sempatkan untuk mampir ke museum batik Danar Hadi yang berada di pusat kota.

Siapa mau ke Solo buat hunting batik? Cek ke siniyok

Yogyakarta

Spoiler for Malioboro:

Malioboro yang emperannya penuh dengan pedagang kaki lima dan Beringharjo yang berada di salah satu sisinya merupakan pusat perdagangan batik kota ini. Disini juga terdapat beberapa toko batik terkemuka, diantaranya Terang Bulan yang menawarkan produk berkualitas, suasana toko klasik dan penjaga toko yang siap membantu menerangkan jenis-jenis batik yang ada. Jika ingin ikut kelas membuat batik atau membeli langsung batik tulis dari pengrajinnya, singgahlah ke Kampung Batik Giriloyo sekitar 25 menit di luar Yogyakarta.

Liburan ke Jogja emang selalu seru Gan. Ayo mampir ke sini.

Cirebon

Spoiler for kampung batik Trusmi Cirebon:

Batik dari Cirebon terkenal dengan warna cerah dan pola yang berani. Kampung Trusmi yang berada 4km diluar kota telah menjadi pusat batik selama ratusan tahun, karenanya disinilah kamu akan menemukan batik Cirebon terbaik. Batik Masina dan EB Batik Traditional Cirebon adalah dua toko batik terbesar disini yang masing-masing memiliki ruang kerja tempat kamu dapat melihat langsung proses pembuatan batik.

Pekalongan

Spoiler for batik Pekalongan:

Kota kecil di pantai utara Jawa ini mengembangkan pola batik tersendiri dengan pengaruh Eropa dan oriental yang kuat, membuatnya berbeda dengan tradisi batik lainnya di pulau Jawa. Di kota ini terdapat banyak toko dan studio pembuatan batik, bahkan juga terdapat sebuah museum batik. Kamu sebaiknya berkunjung ke Kedoengwoeni, sekitar 30 menit diluar kota Pekalongan, untuk berkunjung ke pabrik batik Lim Ping Wie yang menghasilkan beragam karya batik Pekalongan terbaik.

Pekalongan masuk Jawa mana hayo? Jawa Tengahjawabannya.

Jakarta

Spoiler for Thamrin city:

Ibukota juga memiliki beberapa tempat yang dapat dituju para penggemar batik. Thamrin City merupakan pusatnya dengan ratusan kios penjaja batik dari seluruh Indonesia. Retailer terkemuka seperti Danar Hadi, Alun-alun, Batik Keris dan Iwan Tirta juga memiliki beberapa toko di berbagai penjuru kota. Jangan lewatkan Bin House tempat artis dan desainer Josephine Komara menampilkan intepretasinya terhadap mahakarya tekstil asal Indonesia ini.

Sebagai info, UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya dunia berdasarkan lima pertimbangan, antara lain mengandung unsur seni pertunjukan, kemahiran kerajinan tradisional, dan adat istiadat masyarakat.

Oleh karena itu, saat Malaysia memprotes batik barasal dari negaranya maka ditolak oleh UNESCO.

UNESCO menulis dalam situs resminya, batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.
0
2.5K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan