Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rrifkiAvatar border
TS
rrifki
Rumitnya tiket kereta THB sekarang
Kali ini gue mau sedikit ngasi opini ato pendapat gue pribadi tentang kartu commet dari commuterline jabodetabek. Berawal dari penetapan e-ticketing comline juli 2013, tiket tiket electronic mulai dirilis, ada yang sekali pakai ada juga yang multi-trip.

1. Single trip
kartu ini cuman bisa dipakai sekali jalan. banyak yang beli tapi gak di kembalikan. Belakangan muncul isu bahwa kartu yang hilang gara2 dibawa kabur penumpang. tapi gue sendiri mikir, itu kartu bebas dibeli dan gk ada jaminan. ibarat kata, ada orang asing gk dikenal datang kerumah, minjem motor tanpa jaminan, terus situ main kasih aja, and tu motor gak pernah balik ke elu, yang salah siapa? Ya yang ngasih dong. gue sendiri gk habis mikir, tanpa sesuatu yang bikin konsumen merasa 'perlu' untuk balikin kartu. kelihatannya memang peraturannya gak dibuat matang2 tentang kebijakan kartu ini.

2. Tiket harian berjaminan.
Ini kartu reinkarnasi dari kartu single trip sebelumnya. Ini dia ni kartu paling 'smart' menurut ane, smart banget sampe-sampe umurnya udah ditentuin sama PT. KAI bahkan sebelum kartunya rusak. Bayangin, ini kartu ini bakal 'mati' dalam waktu 7 hari. yup, gk ada angin, ujan, kartu ini bakal mati dalam 7 hari, fix.
setelah 7 hari, kartu ini bakal jadi milik agan utk selamanya.
Okelah, kalo gitu kartu ini jadi punya gue. trus, apa masi bisa dipakek? NO!, agan mesti beli baru, what? Ini kartu jelas2 masi bagus, baru, dan masi bisa dipakek. Tapi kenapa harus beli baru? Nah ini dia yang jadi masalah, penumpang DIPAKSA utk beli kartu yang SAMA, seharga 20rb. Apa kira2 tujuannya? cari untung kah?. padahal ini kartu masi bagus, memangnya makanan, setelah 7 hari basi?
Ini kartu yg bahasa kerennyaa tiket harian berjaminan, sebernya ya sama aja dengan kartu multi trip, sama-sama electronic tiket, yang bisa dipakai beberapa kali. trus kenapa harus di 'mati'-kan? kartu sama, pelayanan sama, kereta sama, fasilitas sama. Kira-kira kenapa tuh gan?



Mungkin karena kartu THB lebih "dipersulit" kali ya.

Lebih gila lagi, menurut satpam peron, jika setelah 1 jam kartu di isi dan belum dipakai, tiket tsb akan hangus? WTF! gue sendiri kadang nunggu kereta kosong di jam-jam sibuk bisa sejam lebih. Belum lagi kalo keretanya lagi mogok.

3. Multi trip
Ini kartu harganya 20rb. Dijual dengan preload sebesar 30rb, jadi harga nya 50rb. Terpaksa ane beli karena tidak tahan dengan THB yang SENGAJA dipersulit.


Hal-hal kayak gini sering gak dapat perhatian. Ya mungkin kita udah terlanjur ke-enakan dengan tarif murahnya, sehingga kita lupa kalo ada yang salah dengan peraturan-peraturan sekarang. Coba, mana ada yang protes atau demo, kereta ekonomi pelan-pelan dihilangin. Begitu tiba-tiba tarif naik, baru deh ntar pada kocar kacir dan teriak-teriak panik. Gue harap sih ada yang sadar dan sama-sama mengoreksi demi kemajuan kereta api di negeri kita ini. Gimana pendapat agan?
0
1.7K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan