Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DonkpretzAvatar border
TS
Donkpretz
Takut Penyadapan? Gunakan Ponsel dan OS Ciptaan Anak Negeri


Seiring dengan maraknya pemberitaan mengenai NSA dan aksi penyadapan, tentunya menjadi satu hal yang mengkhawatirkan bagi semua orang. Mungkin hal inilah yang menginspirasi diproduksinya ponsel dengan merek BandrOS.

BandrOS merupakan operating system yang berbeda dengan Android atau OS mobile lainnya. BandrOS sendiri diambil dari salah satu nama penganan khas daerah Jawa Barat khususnya Bandung berbahan kelapa, tapi singkatan dari Bandung Raya Operating System (BandrOS).
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hattamengaku menggunakan smartphone atau telepon pintar merek BandrOS anti sadap buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"HP ini buatan Pusat Penelitian Informatika LIPI dengan spesifikasi anti sadap, tapi saya tak pernah yang jahat-jahat. Saya tak mengatakan anti sadap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata Menristek Gusti Muhammad Hattasaat memberi sambutan pada jamuan makan malam peserta Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional ke XV di Padang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (25/09).

Menristek mengakui sudah memakai telepon genggam produk dalam negeri itu sejak peringatan hari kebangkitan teknologi nasional pada Agustus lalu.

Fitur yang tersedia banyak, tapi bukan termasuk jenis android karena akan bisa disadap. BandrOS memiliki sistem sendiri yang dirancang oleh Pusat Penelitian Informatika LIPI.

"Anggota DPR juga sudah banyak yang pesan Smartphone BandrOS. Harganya jauh lebih murah sekitar Rp 800 tibu, dibandingkan produk dari luar," ujarnya.
Sumber



BandrOs, OS dan Smartphone Pertama Buatan Anak Negeri

Selama ini, memang banyak pabrikan lokal yang berupaya memasarkan sendiri smartphone buatan mereka untuk bersaing dengan merek-merek besar. Sayangnya, meski produk dalam negeri, sebagian besar masih menggunakan OS buatan Google, Android.
Oleh karenanya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencoba mengangkat potensi lokal. Berpusat di Graha Widya Bhakti Puspitek Serpong, Kota Tangerang Selatan, LIPI meluncurkan tiga temuan terbaiknya, salah satunya operating system lengkap beserta smartphone buatan anak negeri, pada Senin (26/8).
OS Smartphone tersebut adalah BandrOs. Ini merupakan kepanjangan dari Bandung Raya Operating System.
Ini merupakan smartphone pertama buatan Indonesia yang dari segi hardware dan softwarenya adalah buatan anak negeri. Selain itu, ponsel cerdas buatan tim LIPI Bandung pimpinan L.T. Handoko sebagai Kepala Pusat Penelitian Informatikanya, digadang memiliki kemahiran anti sadap.
"Ponsel cerdas dengan sistem operasi open-source berbasis Linux itu merupakan pengembangan dari sistem operasi desktop yang sudah kami ciptakan sebelumnya," jelas Handoko.
Guna mendukung kinerja sistem operasi perangkat pintar tersebut, peneliti LIPI pun menyediakan sebuah handset khusus. Handset ini dilengkapi dengan fasilitas dual SIM dan kamera 2 MP. Otaknya adalah prosesor buatan dalam negeri yang berkekuatan 1 GHz.
"Untuk saat ini masih dalam bentuk software, yang support langsung ke hardware berbasis Android. Jadi bukan sembarang aplikasi, tapi memang sudah sepaket dengan perangkat hardware handphonenya," tuturnya.
Sumber

sangat aman buat selingkuh.. emoticon-Hammer

Quote:


Diubah oleh Donkpretz 26-09-2013 06:21
0
4.7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan