nyak.ilAvatar border
TS
nyak.il
Agan ga semangat kuliah? Mungkin 5 tips sedikit ini membantu
Assalamualaikum


Spoiler for sebelumnya:


Ane nyubi mau nyoba buat bikin thread pertama kalinya. emoticon-Malu (S)
Langsung aja gan, berawal dari forum kecil di kelas ane beberapa hari yang lalu dimana temen2 ane pada ngerasain nilai IP turun di semester ini dibanding semester sebelumnya. Nah, disini ane juga ngalamin turunnya nilai juga gan emoticon-Malu (S)
Tapi ane akan bagi2 tips buat agan2 yg mungkin punya masalah yg sama.


1. Ingat tujuan awal kuliah
Buat agan2 yg mulai ga fokus dan bosen sama kehidupan kampus dan sempet pengen berhenti kuliah, mungkin tips ini sedikit membantu. Coba agan inget2 lagi kenapa agan jauh2 dari kampung halaman ke kota buat kuliah? Apa untuk kehidupan yang lebih baik, membanggakan orang tua, membantu menyekolahkan adek2 agan? Coba tulis semua tujuan2 itu di tembok kamar agan/meja belajar agan.

2. Pilihan? Konsekuensi? Resiko?
Setiap pilihan yang agan ambil, pasti ada konsekuensi yang mengikuti. Dalam hal ini, menurut pengalaman beberapa temen ane, mereka gagal dalam manajemen waktu untuk membagi kuliah dengan organisasi. Tapi tenang gan, coba ambil nafas dalam2 dan hembuskan perlahan dan sejenak berpikir. Apa yang agan dapatkan di organisasi/kegiatan di luar kuliah? Pikirkan baik2 dan ingat tujuan agan ikut kegiatan tersebut. Jika memang banyak manfaat yang didapat, mulailah tuliskan skala prioritas agan dengan tidak mengabaikan tujuan awal agan kuliah seperti poin pertama.

3. Tuliskan target nilai
Nah, tips ini ane dapat dari temen ane yang meraih peringkat pertama dikelas dengan nilai IP 4,00 bulat. Ketika ane tanya gimana dia bisa fokus kuliah meskipun dia banyak project dan kerja di luar, ternyata tipsnya adalah membuat target nilai tiap - tiap mata kuliah. Sekarang, coba agan tuliskan mata kuliah yg paling agan sukai dan berikan target tinggi, sedangkan untuk mata kuliah yang kurang agan sukai, bisa agan turunkan sedikit dari target yang mungkin agan bisa capai.

4. Belajar dari pengalaman sendiri/orang lain
Cobalah ikut seminar - seminar dimana narasumbernya bisa dijadikan inspirasi bagi agan. Ane sendiri ketagihan dan selalu ngerasa semangat naik ketika ada orang yang menceritakan kegagalan yg bertubi2 sebelum akhirnya sukses atas hasil usahanya.

5. Bayangkan orang tua di depan kelas
Tips terakhir dari ane adalah bayangkan ketika agan kuliah, ortu agan ada di luar jendela / di depan kelas sedang mengawasi agan. Coba bayangkan betapa mereka akan kecewa ketika agan cuma main2 dan tidur di kelas saat dosen memberikan materi. Mulailah fokus dan konsentrasi, bayangkan ortu agan bangga melihat agan semangat saat kuliah, sehingga mereka ga akan menyesal kerja keras buat biayain kuliah agan.


Tips tambahan (penting gan!)

Jangan lupa ibadah, sekeras apapun usaha agan, akan sia - sia jika agan mengabaikan kekuatan Tuhan.

sekian trit pertama ane, mungkin agan punya tips lain untuk dibagikan, silakan post dibawah. semoga membantu dan menambah semangat kita semua.


Spoiler for jangan dibuka gan:


tambahan tips dari agan2:
Quote:


Spoiler for makasih gan:
Diubah oleh nyak.il 24-09-2013 05:08
0
8K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan